Hadiah untuk Bumi

Pada 09 Maret 2021, Wakaf Salman ITB bersama LindungiHutan membuat kampanye alam Wakaf Salman ITB sekaligus dalam momentum Hari Bumi. Kampanye yang berupa penggalangan dana bibit mangrove ini berlatarkan keprihatinan akan kondisi lingkungan yang semakin rusak serta ancaman bencana alam. Hal ini menjadi tantangan bagi kita untuk sadar dan peduli dengan aksi nyata untuk memperbaiki ekosistem, terutama ekosistem mangrove di Pantai Bahagia yang rusak karena abrasi. 

Ads

Tentang Kami, Wakaf Salman ITB

Wakaf Salman ITB merupakan lembaga resmi yang diamanahkan untuk mengelola wakaf di bawah YPM Salman ITB yang dititipkan kepada Salman. Lembaga ini sendiri memiliki visi menjadi lembaga pengelola wakaf yang mendorong kemajuan peradaban bagi umat. Wakaf Salman ITB berupaya mewujudkan sistem pengelolaan wakaf yang tertata dan pembangunan infrastruktur bagi umat, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya wakaf yang memiliki nilai ibadah berkesinambungan. 

Gambar 1  Akun Instagram Wakaf Salman ITB
Gambar 1  Akun Instagram Wakaf Salman ITB

Salah satu hal konkret yang merupakan perwujudan visi Wakaf Salman ITB adalah pelestarian lingkungan. Bersama LindungiHutan, Wakaf Salman ITB membuat kampanye alam Wakaf Salman ITB “Hadiah Untuk Bumi”. Kampanye alam ini digalang untuk pembelian dan penanaman bibit pohon mangrove di wilayah pantai Bahagia, Bekasi.

Gambar 2  Kampanye Alam Wakaf Salam ITB Bersama LindungiHutan 
Gambar 2  Kampanye Alam Wakaf Salam ITB Bersama LindungiHutan

Kampanye Alam “Hadiah Untuk Bumi” Wakaf Salman ITB

Dua puluh tahun lalu, kawasan Kampung Beting, Pantai Bahagia, Bekasi adalah kawasan tambak yang menunjang penghasilan penduduk sekitar kala itu. Saking menjanjikannya penghasilan tambak, kawasan ini sampai disebut “Kampung Dollar”. Namun layaknya dua sisi mata uang, kerusakan tak terelak manakala perluasan pembuatan tambak semakin menjadi tanpa memperhatikan keberlangsungan ekosistem hutan mangrove.

Kini yang tersisa adalah banjir dan abrasi pantai. Hampir sepanjang tahun, rumah-rumah di kawasan ini terendam banjir rob. Sementara laju abrasi kian serius.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Hal inilah yang mendasari Wakaf Salman ITB bersama LindungiHutan melakukan kampanye alam Wakaf Salman ITB di Pantai Bahagia, Bekasi, Jawa Barat. Dengan donasi sebesar Rp10.000,00 untuk setiap bibit mangrove, kampanye ini direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 31 Desember 2021 mendatang.

Bersama LindungiHutan, semangat menjaga Bumi agar kembali hijau. Untuk kehidupan generasi saat ini dan juga yang akan datang.

 

Kontributor: Fitria Bimasa

 

Referensi Gambar:

 

Wakaf Salman ITB. (n.d.). [Screenshot] Instagram https://instagram.com/wakafsalman.itb

LindungiHutan. (2021, 25 April). [Campaign]. LindungiHutan. ttps://lindungihutan.com/wakafsalmanitbsmg

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya.

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!