#HadiahuntukBumi

Sadarkah kita kalau sebagai manusia kita memiliki tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan alam? Bahkan telah tertulis di berbagai Kitab Suci dari berbagai agama yang ada di Indonesia bahwa kita diperintahkan untuk merawat dan memelihara bumi. Akan tetapi, yang terjadi malah sebaliknya. Kita sering mengambil sumber daya alam tanpa memikirkan dampak yang kita tinggalkan pada alam. Akibatnya, berbagai masalah lingkungan bermunculan dan kian lama kian mengancam kehidupan kita. Menyadari akan masalah dan tanggung jawab ini, Wakaf Salman ITB memutuskan untuk membentuk sebuah kampanye alam demi pelestarian lingkungan dan peningkatan kesadaran masyarakat akan tanggung jawab yang mereka miliki.

Ads
Gambar 1 Laman Wakaf Salman ITB © Wakaf Salman ITB
Gambar 1 Laman Wakaf Salman ITB © Wakaf Salman ITB

Apa Itu Wakaf Salman ITB?

Wakaf Salman ITB adalah sebuah lembaga resmi yang mengelola wakaf (filantropi) yang diamanahkan dan dibawahi oleh YPM Salman ITB. Lembaga ini menerima dan mengelola berbagai wakaf yang diberikan masyarakat untuk keperluan ibadah dan sosial di seluruh Indonesia, khususnya Kota Bandung. Lembaga yang diresmikan pada tanggal 23 Desember 2016 ini berhasil mengelola dan menyalurkan berbagai wakaf dan donasi yang dibutuhkan masyarakat untuk kebutuhan ibadah dan sosial.

Gambar 2 Akun Instagram Wakaf Salman ITB © Instagram
Gambar 2 Akun Instagram Wakaf Salman ITB © Instagram

Untuk memudahkan penerimaan dan pengelolaan wakaf, lembaga ini membentuk sebuah laman khusus. Pertama, laman tersebut digunakan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam memberikan wakaf. Wakaf Salman ITB membagi berbagai wakaf yang ada dalam beberapa kategori, seperti kesehatan, pendidikan, umum, masjid, dan donasi, untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan wakaf sesuai dengan keinginan dan prinsip yang dimiliki. Selain itu, laman tersebut juga dipakai untuk menyebarkan berbagai informasi seputar wakaf sebagai bukti dari aksi yang telah mereka lakukan dan memotivasi masyarakat guna memberi wakaf. Pada saat yang sama, informasi tersebut beserta informasi kegiatan yang mereka lakukan dan kalimat motivasi juga disebarkan melalui akun Instagram @wakafsalman.itb guna menguatkan ibadah masyarakat dan kesadaran untuk berwakaf.

#HadiahuntukBumi

Sadar akan berbagai masalah lingkungan yang marak terjadi di Indonesia, Wakaf Salman ITB memutuskan untuk ikut serta dalam upaya pelestarian lingkungan di Indonesia. Untuk melakukan upaya ini, mereka bekerja sama dengan LindungiHutan membentuk sebuah kampanye alam berupa penanaman bibit mangrove di Pantai Bahagia, Bekasi. Mereka membuka sebuah penggalangan dana online di laman khusus LindungiHutan dengan donasi sebesar Rp15.000,00/pohon. Selain itu, mereka menyebarkan informasi mengenai kegiatan kampanye untuk menarik perhatian masyarakat akan kerusakan lingkungan yang sering terjadi di area pesisir Indonesia. Terakhir, Wakaf Salman ITB memutuskan program penghijauan di setiap bulannya untuk meningkatkan kelestarian alam Indonesia.

Gambar 3 Kampanye Alam #HadiahuntukBumi © LindungiHutan
Gambar 3 Kampanye Alam #HadiahuntukBumi © LindungiHutan

Pantai Bahagia dipilih menjadi lokasi penghijauan akibat kerusakan alam yang sangat meresahkan masyarakat sekitar. Kerusakan ini disebabkan oleh abrasi dan luapan air laut yang kian lama kian menenggelamkan tempat tinggal warga. Padahal, pantai ini memiliki potensi sangat besar untuk menjadi salah satu destinasi wisata Kota Bekasi. Kawasan ini dapat dikembangkan menjadi tempat konservasi hutan mangrove dan penangkaran satwa dilindungi, yaitu lutung jawa. Akan tetapi, kerusakan alam yang ada kian lama kian menghancurkan potensi ini.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Ayo Lestarikan Alam!

Sadar atau tidak, kerusakan alam yang terjadi di Indonesia kian lama kian mengancam keberlangsungan alam. Kerusakan ini disebabkan oleh berbagai ulah manusia yang tidak menghiraukan keindahan dan kelestarian alam, seperti membuang sampah sembarangan, pembukaan lahan baru, penambangan liar, pemakaian kendaraan bermotor berlebihan, penggunaan produk yang tidak ramah lingkungan, dan masih banyak lagi. Akibatnya, kerusakan alam ini telah menimbulkan berbagai masalah lingkungan yang mengancam nyawa manusia, mulai dari banjir, tanah longsor, kekeringan, krisis air bersih, tanah tenggelam, kelaparan, dan lain-lain. Melihat semua ini, sudah selayaknya kita mengambil langkah perubahan demi keberlangsungan hidup kita sebelum terlambat.

Gambar 4 Ayo Hijaukan Bumi! © jubi.co.id
Gambar 4 Ayo Hijaukan Bumi! © jubi.co.id

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melestarikan lingkungan, salah satunya dengan penghijauan. Seperti yang kita ketahui, pohon memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga kestabilan alam, seperti menjadi habitat berbagai makhluk hidup, sumber oksigen, sumber makanan, penjernihan air, dan lain-lain. Oleh karena itu, upaya penghijauan dapat memulihkan ekosistem yang telah rusak dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Kegiatan kampanye ini sendiri merupakan salah satu upaya pelestarian lingkungan yang berdampak bagi kehidupan kita. Wakaf Salman ITB percaya kampanye ini dapat menanggulangi kerusakan alam di pesisir Indonesia. Oleh karena itu, mereka mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk mengambil langkah nyata pelestarian lingkungan bagi kehidupan bersama. Lagipula, kita memiliki tanggung jawab untuk melestarikan alam sebagai makhluk hidup yang menerima dan mengambil sumber daya alam paling besar di antara makhluk hidup lain. Jadi, tunggu apa lagi?

 

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Gambar:

LindungiHutan. (2021, March 9). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/wakafsalmanitb

Pexel.com. (n.d.). Ilustrasi Gerakan Penghijauan [Illustration]. Jubi.Co.Id. https://jubi.co.id/jemaat-gereja-gerakkan-penghijauan-di-bukit-emereuw/

Wakaf Salman ITB. (n.d.-a). [Screenshot]. Wakaf Salman ITB. https://wakafsalman.or.id/

Wakaf Salman ITB. (n.d.-b). [Sceenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/wakafsalman.itb/

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!