Hafizah Ghazali for Sustainability Bekasi

Pada tanggal 28 Februari 2021 yang lalu, kampanye alam Hafizah Ghazali for Sustainability Bekasi telah berhasil dilaksanakan. Kampanye berupa penanaman bibit mangrove ini hasil kerjasama antara Hafizah Ghazali dan LindungiHutan yang berjalan sejak 5 Februari 2021. Dari kerja sama ini, mereka berhasil mengumpulkan dan menanam 790 bibit pohon mangrove di Pantai Bahagia, Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan penanaman itu dibantu oleh Pokdarwis Alibata, tim Relawan LindungiHutan, dan delapan orang peserta untuk menyukseskan upaya penghijauan di pesisir Pantai Bahagia. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memperbaiki ekosistem mangrove Pantai Bahagia yang rusak karena abrasi.

Ads

Tentang Hafizah Ghazali

Hafizah Ghazali, sebuah brand produk pakaian untuk kaum wanita urban, mengusung ide “To be fashionable is to be confident, and to be able to manifest personal values into what we wear”. Sebuah ide yang dimiliki oleh Hafizah Ghazali ialah bahwa alam membutuhkan restorasi. Menanam pohon adalah langkah sederhana, namun berdampak besar bagi lingkungan. Hafizah Ghazali berkarya dengan menggunakan sumber daya yang berkelanjutan. Karena mereka menyadari pentingnya peran serta dalam menjaga ekosistem bumi. Karenanya, Hafizah Ghazali berkolaborasi bersama LindungiHutan dalam upaya memelihara ekosistem di Pantai Bahagia.

"Gambar

Kampanye Alam Hafizah Ghazali Bersama LindungiHutan

Dua puluh tahun silam, kawasan Kampung Beting, Pantai Bahagia, Bekasi adalah kawasan tambak, dimana tambak merupakan penyokong penghasilan penduduk sekitar kala itu. Saking menjanjikannya penghasilan tambak, kawasan ini sampai disebut “Kampung Dollar”. Namun kerusakan tak terelak, manakala perluasan pembuatan tambak semakin menjadi tanpa memperhatikan keberlangsungan ekosistem hutan mangrove. Kini yang tersisa adalah banjir dan abrasi pantai. Hampir sepanjang tahun, rumah-rumah di kawasan ini terendam banjir rob. Sementara laju abrasi juga kian serius.

"Gambar

 

Hal inilah yang mendasari Hafizah Ghazali dan LindungiHutan berkolaborasi dalam kampanye alam ini. Setiap pembelian dari Hafizah Ghazali, pembeli ikut menyumbangkan satu bibit mangrove. Melalui kampanye alam Hafizah Ghazali for Sustainability Bekasi, dibuka donasi bibit mangrove seharga 1 SGD per bibit. Melalui kampanye alam ini, Hafizah Ghazali berharap dapat menjadi bagian dari mewujudkan kelestarian alam Indonesia. Bahwa Menghijaukan Indonesia adalah tugas kita bersama.

 

Kontributor: Fitria Bimasa

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

 

Referensi Gambar:

Hafizah Ghazali. (n.d.). [Screenshot] Instagram https://www.instagram.com/hafizah.ghazali/?hl=id

LindungiHutan. (2021, 25 Februari). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/hafizahghazali

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!