Hari Konservasi Alam Nasional: Mulailah dengan Langkah Kecil dari Rumah untuk Mengkonservasi Alam

Gambar 1.  Cara sederhana untuk melakukan konservasi alam
Gambar 1. Cara sederhana untuk melakukan konservasi alam

Sobat Alam, memasuki bulan Agustus ini, masyarakat mulai beramai-ramai untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Tapi ternyata, ada satu hari di bulan Agustus yang tak kalah pentingnya dari hari kemerdekaan. Ya, tepat pada tanggal 10 Agustus, Indonesia merayakan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN).  Pada tanggal 10 Agustus ini diperingati sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang betapa pentingnya sumber daya alam dan mendorong seluruh masyarakat untuk melindungi sumber daya alam.

Ads

 

Alam sebagai Sumber Kehidupan Manusia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia menjadi negara yang kaya akan sumber daya alam yang selalu melimpah ruah. Sebagai manusia, kita memanfaatkan sumber daya alam ini baik secara langsung maupun tidak langsung untuk kelangsungan hidup. Contoh sumber daya alam adalah udara, tanah, air, sinar matahari, batu-bara, tumbuhan, hewan, dan mineral. Alam bertindak sebagai satu-satunya penyedia kebutuhan dasar kita, yang meliputi makanan, sandang, dan papan.

Segala sesuatu yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari diambil dari sumber daya alam yang tersedia di bumi ini. Namun, sebagai pengguna sumber daya alam, jarang terpikirkan oleh kita bahwa sebenarnya sumber daya ini pada akhirnya akan habis jika digunakan tanpa  ada tanggung jawab. Populasi global termasuk di Indonesia yang terus melonjak, urbanisasi, dan industrialisasi yang pesat telah menciptakan peningkatan permintaan akan sumber daya yang tersedia.

 

Saatnya Mengembalikan Apa yang Telah Kita Ambil dari Alam 

Jika Sobat Alam berpikir bahwa kita bisa menyelamatkan sumber daya alam hanya dengan mengadakan demonstrasi besar dan pidato yang menginspirasi dan memotivasi atau hanya dengan berpartisipasi dalam beberapa kegiatan ramah lingkungan di Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN), maka itu semua belum cukup untuk kita menyelamatkan dan mengembalikan sumber daya alam dengan kegiatan semacam itu. 

Ya, langkah kecil yang bisa dilakukan secara nyata dapat dimulai dari rumah kita sendiri. Untuk menghemat sumber daya alam dan nantinya bisa membawa perubahan, kita harus mengubah kebiasaan terutama yang berhubungan dengan pengeksploitasian sumber daya alam baik secara langsung maupun tidak langsung. Sobat Alam perlu mendorong dan mengajak seluruh anggota keluarga untuk berpartisipasi dalam tujuan mulia ini. Karena pada akhirnya, langkah sekecil apapun yang kita lakukan akan bermanfaat bagi kehidupan kita sendiri.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

 

Langkah Kecil Melakukan Konservasi Alam 

Ada banyak langkah kecil yang bisa dimulai dari rumah untuk melakukan konservasi alam. Langkah tersebut diantaranya adalah:

  • Melestarikan Alam
Gambar 2. Menanam bunga sebagai upaya membantu penyerbukan dengan serangga
Gambar 2. Menanam bunga sebagai upaya membantu penyerbukan dengan serangga

Melestarikan alam berarti melindungi, melestarikan, dan memulihkan keanekaragaman hayati. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  • Jika Sobat Alam memiliki hewan peliharaan, jagalah mereka agar mereka tidak membunuh atau merugikan satwa liar yang ada di sekitar daerah kalian.
  • Jangan coba-coba unttuk menyentuh atau membawa pulang hewan dan tumbuhan liar.
  • Menanam pohon, buah-buahan, atau tanaman lainnya di taman atau halaman kalian untuk membantu proses penyerbukan antara bunga dengan serangga.
  • Membuat kompos untuk meningkatkan kualitas tanah dan membantu kehidupan serangga.
  • Membangun rumah untuk kelelawar, burung, dan lebah di taman atau pekarangan rumah.
  • Jangan membeli atau memelihara hewan liar di rumah (seperti burung beo, kucing liar, atau reptil) untuk menghindari perdagangan hewan ilegal.

  • Mengurangi Jejak Karbon
Gambar 3. Mengelola sampah untuk didaur ulang
Gambar 3. Mengelola sampah untuk didaur ulang

Ketika kita mengurangi jejak karbon itu berarti kita telah berusaha melakukan konservasi alam. Berikut ini beberapa cara bisa dilakukan oleh Sobat Alam yaitu:

  • Mendaur ulang sampah dan ikut membantu mengkampanyekan daur ulang.
  • Tidak membuang sampah sembarangan dan berpartisipasi dalam mengatur pengelolaan sampah.
  • Mengurangi penggunaan plastik misalnya dengan membawa Tumbler, tidak menggunakan sedotan dan alat makan sekali pakai, dan membawa tas belanjaan sendiri.
  • Menghemat penggunaan listrik dengan cara mematikan lampu dan perangkat elektronik saat tidak digunakan lagi dan menggunakan lampu hemat energi.
  • Beralih dengan mengkonsumsi makanan protein dari non-daging (seperti kacang-kacangan) dan makanan organik.

  • Menjaga Kelestarian Air
Gambar 4. Menggunakan air secara bijak agar kelestarian air tetap terjaga
Gambar 4. Menggunakan air secara bijak agar kelestarian air tetap terjaga

Manusia mendapatkan air dari berbagai sumber seperti sungai, danau, kolam, hujan, lautan, dan sebagainya. Meskipun sumber air sangat berlimpah, namun jumlah air tawar atau air bersih yang dapat kita konsumsi sangatlah sedikit. Maka dari itu kita wajib melestarikan ketersediaan air dengan cara:

  • Matikan keran jika tidak digunakan lagi saat sedang mandi, mencuci pakaian, piring, dan lain-lain.
  • Jangan menyiram bahan kimia, obat-obatan, dan racun lainnya ke sumber air karena akan mencemari air tanah, sungai, danau, dan ekosistem kehidupan di air.
  • Tidak membuang limbah dan sampah di sungai atau danau karena akan sangat berbahaya bagi ekosistem perairan dan juga bagi manusia.
  • Mencoba memanen air hujan. Panen air adalah salah satu langkah penting untuk bisa melakukan konservasi air. Caranya dengan memanen air hujan ketika musim hujan datang dan menggunakannya selama musim kemarau. Nantinya air ini dapat digunakan kembali seperti untuk menyiram tanaman.

 

Pada akhirnya, kita bisa berpartisipasi untuk melakukan konservasi alam. Dengan berbagai cara sederhana dan langkah kecil yang dapat dilakukan mulai dari rumah kita sendiri. Apapun itu, akan memberikan perubahan yang sangat besar dan berdampak baik bagi kelestarian alam. Kuncinya adalah asalkan kita selalu bertekad dan bersemangat untuk menyelamatkan planet ini dan melestarikan sumber daya alamnya. Agar nantinya generasi penerus bisa tetap merasakan kekayaan alam di masa depan. Salam Lestari!

 

Penulis: Linda Azariani

 

Referensi:

Cifani, Sara. 2017. 50 Ways to Conserve Natural Resources at Home. https://www.budgetdumpster.com/blog/world-nature-conservation-day/ (diakses 9 Agustus 2020)

Fahad. 2020. Ways To Save Natural Resources & Its Conservation. https://www.earthreminder.com/ways-to-save-natural-resources-its-conservation/ (diakses 10 Agustus 2020)

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!