Harimau Putih yang Terancam Punah

Menurut kepercayaan masyarakat Indonesia harimau Bengal putih dipercayai sebagai hewan mistis. Salah satu daerah yang memiliki cerita rakyat yang berhubungan dengan hatimau putih adalah jawa barat. Dimana harimau ini dipercaya sebagai jelmaan dari pasukan gaib milik Prabu Siliwangi yang merupakan salah satu raja kerajaan Pajajaran. 

Ads
Gambar 1 Harimau Putih
Gambar 1 Harimau Putih

 

Fakta Saat Ini

Harimau Putih atau Harimau Bengal Putih adalah harimau yang membawa gen resesif yang menghasilkan warna pucat pada bulunya atau warna belangnya menjadi pudar. Hal ini terjadi saat seekor harimau mewariskan dua salinan gen resesif dan bukan hewan albino. Harimau ini merupakan subspesies harimau yang ditemukan di seluruh wilayah india, spesies harimau terbesar kedua di dunia setelah Siberia. Warna bulunya yang putih atau belangnya yang pudar menjadikannya daya pikat. Oleh karena itu hewan ini menjadi salah satu hewan yang tingkat perburuannya dan penangkapan sebagai hewan peliharaan eksotis yang tinggi. Menjadikannya golongan yang mengalami krisis meski menjadi predator yang menempati posisi paling puncak (tidak memiliki predator), bahkan selama lebih dari 50 tahun belum ada catatan mengenai harimau Bengal putih ditemukan di habitat liar. Selain karena perburuan, berkurangnya wilayah hutan menyebabkan sebagian hewan kekurangan atau bahkan kehabisan makanannya. Itu yang terjadi pula pada harimau putih maupun harimau biasanya, mangsanya yang sudah tidak ada menjadikan mereka yang menduduki posisi puncak akan ikut menghilang. 

Karakteristik

Mamalia yang satu ini beratnya dapat mencapai 300 kg dan panjang dapat mencapai lebih dari 3 meter. Garis-garis harimau putih berwarna hitam atau coklat gelap yang berjejer secara vertikal di sekujur tubuhnya. Gen yang diturunkan oleh induknya juga membuat bola mata harimau putih berwarna biru dimana harimau biasanya memiliki warna mata kuning atau hijau. Memiliki cakar dan gigi yang kuat serta tajam pada umumnya harimau. Harimau putih rata-rata mencapai umur 12 tahun di alam liat saat ini. Dam harimau Bengal putih yang di penangkaran umurnya bisa mencapai lebih dari 20 tahun.

Gambar 2 Anak Harimau Putih
Gambar 2 Anak Harimau Putih

Berburu

Warna bulunya yang putih menyulitkan harimau Bengal putih dalam melakukan perburuan karena sulit untuk melakukan penyamaran. Akan tetapi harimau putih memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat tajam. Hal itu membantu mereka dalam berburu. Harimau putih sebagian besar melakukan perburuan pada malam hari dengan cara menguntit diam-diam kemudian menerkam saat mangsanya lengah. Harimau putih biasa memangsa hewan herbivora seperti babi, rusa, kambing, dan kerbau.

 

Penulis: Nurkhaeni

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

 

Referensi Literatur:

Zona Siswa. 2015.  Mengenal Lebih dekat dengan Harimau Putih. Diakses 9 April 2021, dari
https://zonasiswa.com/harimau-putih-deskripsi-fakta-unik.html#:~:text=Harimau%20putih%20(Panthera%20tigris%20tigris,yang%20ditemukan%20di%20seluruh%20India.&text=Harimau%20putih%20adalah%20hewan%20yang,mencapai%20lebih%20dari%203%20meter. 

 

Referensi Gambar:

Akurat. 31 Oktober 2018. Harimau Putih yang Terancam Punah di Habitat Alam Liarnya. Diakses 9 April 2021, dari
https://akurat.co/id-370963-read-harimau-putih-yang-terancam-punah-di-habitat-alam-liarnya 

Pulsk. Januari 2013. Lucu Banget Ya Anak Harimau Putih Ini. Diakses 9 April 2021, dari
https://www.pulsk.com/59407/lucu-banget-ya-anak-harimau-putih-ini—Jika-kalian-punya-harimau-ini-mau-kalian-apain-tapi-sayang-nya-dah-langka-bagi-wow-nya–ya.html/ 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sam melestarikan lingkungan dan menjaganya.

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!