Hewan-Hewan Transparan Di Dunia, Unik dan Menakjubkan!

Halo, Sahabat Alam! Seperti yang telah kita ketahui bersama, dunia ini menyimpan banyak keindahan, baik yang berasal dari alam yang terdapat di dunia maupun makhluk hidup yang menghuni berbagai kawasan di dunia. Salah satunya adalah hewan, yang masing-masing mempunyai berbagai macam karakteristik yang unik dan menakjubkan masing-masing. Terdapat banyak hewan yang mempunyai karakteristik dan keunikan yang berbeda-beda di dunia, salah satunya adalah hewan-hewan yang memiliki tubuh transparan.

Ads

Hewan-hewan bertubuh transparan tentu memiliki keunikan tersendiri. Karena memiliki tubuh yang transparan, kita dapat melihat dengan jelas organ-organ dalam hewan tersebut meskipun sebenarnya telah terbungkus oleh kulit. Tubuhnya yang transparan ini mereka manfaatkan untuk berbagai situasi, mulai dari beradaptasi dengan lingkungannya sampai melindungi diri dari ancaman predator mereka. Penasaran apa saja hewan-hewan transparan yang ada di dunia? Melalui artikel ini, yuk kita bahas bersama-sama!

  1. Kupu-kupu Sayap Kaca (The Glasswinged Butterfly)

    Gambar Kupu-kupu Sayap Kaca
    Gambar 1. Kupu-kupu Sayap Kaca

    Kupu-kupu Sayap Kaca, atau yang banyak dikenal sebagai The Glasswinged Butterfly, mempunyai nama latin Greta oto. Hewan jenis ini berasal dari Amerika Tengah, dan hingga kini kupu-kupu bersayap transparan ini banyak ditemukan di wilayah-wilayah Texas (Amerika Serikat bagian Selatan), Amerika Tengah, hingga Amerika Selatan (sampai ke Chile). Jika diamati, kupu-kupu ini tidak jauh berbeda dengan jenis kupu-kupu lain pada umumnya. Namun yang membedakan adalah kupu-kupu jenis ini memiliki sayap yang tampak seperti kaca, dengan ujung sayap yang memiliki beberapa warna. Unik, bukan?

  2. The Transparent Juvenile Surgeonfish

    Gambar 2. The Transparent Juvenile Surgeonfish
    Gambar 2. The Transparent Juvenile Surgeonfish

    Hewan ini sebenarnya merupakan jenis ikan surgeon yang berusia remaja. Hewan-hewan ini banyak ditemukan di wilayah perairan Selandia Baru. Ikan ini dapat tumbuh hingga sepanjang 30 cm. Ketika berusia remaja, hewan ini terlihat transparan sepenuhnya. Namun ketika sudah beranjak dewasa, ikan jenis ini akan memperlihatkan warna biru dan kuning khasnya seperti ikan surgeon dewasa pada umumnya. Keren, ya!

  3. Katak Kaca (Glass Frog)

    Gambar 3. Katak Kaca
    Gambar 3. Katak Kaca

    Katak Kaca atau Katak Transparan, atau yang juga dikenal dengan sebutan Glass Frog ini mempunyai nama latin Hyalinobatrachium pellucidum. Berbeda dengan jenis-jenis katak lain pada umumnya, katak ini punya tubuh transparan dan kita bisa melihat organ dalam katak ini apabila kita membalikkan tubuhnya. Katak ini dapat dijumpai di hutan-hutan daerah tropis yang lembab. Katak ini berukuran sedikit lebih kecil dibandingkan dengan jenis-jenis katak lain, dan bisa mengelabui predatornya dengan membaur dan menyamarkan dirinya pada area-area dedaunan di hutan. Sayangnya, kini katak kaca ditetapkan sebagai satwa terancam punah menurut IUCN Red List.

  4. Kumbang Kura-Kura (Tortoise Shell Beetles)

    Gambar 4. Kumbang Kura-kura
    Gambar 4. Kumbang Kura-kura

    Kumbang jenis ini berbeda dengan jenis kumbang lainnya karena memiliki pelindung tubuh yang transparan. Hewan jenis ini banyak dijumpai di wilayah Amerika Serikat bagian timur dan selatan. Hewan ini memiliki panjang antara 5 sampai 12 mm. Hewan ini disebut sebagai kumbang kura-kura karena memiliki pelindung tubuh yang berupa sayap transparan dengan dilengkapi “totol-totol” berwarna hitam, dan apabila diamati secara seksama bagian sayapnya tersebut mirip seperti tempurung kura-kura.

  5. Udang Hantu (Ghost Shrimp)

    Gambar 5. Udang Hantu
    Gambar 5. Udang Hantu

    Udang transparan jenis ini sebenarnya merupakan jenis udang umum yang banyak ditemukan di akuarium. Terdapat setidaknya tiga spesies udang transparan yang dijuluki sebagai “udang hantu” ini, yaitu Thalassinidea, Palaemonetes, dan Caprellidae. Selain dijumpai di akuarium, udang transparan bisa ditemukan di wilayah-wilayah yang berair tawar. Udang jenis ini menyukai wilayah perairan di daerah tropis yang hangat dan bisa hidup hingga setidaknya dua tahun.

  6. Ubur-ubur (Jellyfish)

    Gambar 6. Ubur-ubur
    Gambar 6. Ubur-ubur

    Siapa yang tidak kenal hewan ini? Itu loh, hewan yang sering ditangkap oleh karakter SpongeBob dan Patrick ketika menghabiskan waktu bersama dalam film animasi SpongeBob Squarepants! Ya, ubur-ubur juga memiliki tubuh yang transparan. Terdapat banyak jenis ubur-ubur di dunia yang transparan atau tembus cahaya, dan beberapa jenis ubur-ubur juga dapat bersinar di dalam gelap. Namun siapa sangka, meski mempunyai tubuh yang transparan dan lembek namun elastis layaknya jeli, hewan ini termasuk hewan yang beracun, loh! Hewan ini bisa ditemukan di berbagai penjuru dunia, bahkan di Indonesia juga banyak ditemukan berbagai jenis ubur-ubur yang mendiami perairan kawasan dekat pantai.

  7. Siput Transparan (Translucent Snail)

    Gambar 7. Siput Transparan
    Gambar 7. Siput Transparan

    Siput yang mempunyai cangkang transparan ini tergolong sebagai spesies yang baru ditemukan. Hewan ini memiliki nama latin Zospeum tholussum. Hewan ini ditemukan pertama kalinya pada kedalaman 980 m di dalam gua di Kroasia. Siput jenis ini lebih suka hidup di lingkungan yang berlumpur dan dekat dengan air mengalir. Siput jenis ini bergantung pada air yang mengalir untuk mengangkut diri mereka dari satu tempat ke tempat lain, dan dalam beberapa situasi mereka juga menumpang hewan yang lebih besar untuk berpindah tempat.

  8. Cumi-cumi Transparan (Glass Squid)

    Gambar 8. Cumi-cumi Transparan
    Gambar 8. Cumi-cumi Transparan

    Berbeda dengan cumi-cumi jenis lain pada umumnya, cumi-cumi jenis ini memiliki tampilan transparan yang unik. Sebagian besar jenis cumi-cumi transparan mendiami kawasan tengah laut yang cukup dalam. Keberadaan cumi-cumi jenis ini tergolong cukup sulit untuk dilihat dengan kasat mata, karena mereka berenang tanpa bayangan. Beberapa jenis spesies cumi-cumi transparan bahkan bisa menghasilkan cahaya sendiri dari tubuh mereka. 

  9. Sea Salp

    Gambar 9. Sea Salp
    Gambar 9. Sea Salp

    Hewan transparan yang satu ini memiliki bentuk tubuh seperti jubah yang mengambang bebas. Sea Salp memiliki panjang kira-kira 10 cm dan hewan ini bergerak dengan memompa air melalui tubuhnya yang berbentuk seperti agar-agar. Hewan ini banyak ditemukan di wilayah-wilayah samudra laut, dan sebagian besar mendiami kawasan samudra laut bagian selatan. Sea Salp merupakan hewan yang hidup berkelompok, dan hewan ini umumnya bergerak bersama dalam sinkronisasi yang sempurna. Selama proses pemompaan air ke seluruh tubuhnya, hewan ini memakan berbagai jenis fitoplankton yang ada di dalam air. 

  10. Gurita Kaca (Glass Octopus)

    Gurita Kaca (Glass Octopus)
    Gambar 10. Gurita Kaca (Glass Octopus)

    Gurita jenis ini memiliki tubuh yang transparan dan terlihat seperti kaca. Menurut IUCN, hewan ini terdaftar sebagai hewan yang paling tidak diperhatikan karena hingga saat ini tidak ada yang yakin terhadap jumlah gurita kaca. Meski begitu, gurita jenis ini tersebar cukup luas di seluruh lautan dunia. Peneliti dari Marine Biologists mengatakan bahwa sifat transparan yang dimiliki oleh gurita kaca bermanfaat terhadap perlindungan bagi diri mereka dari ancaman dan serangan predatornya.

Nah, itulah beberapa jenis hewan-hewan transparan yang ada di dunia. Sobat, keberadaan hewan-hewan unik seperti yang telah dipaparkan di atas tentu tidak lepas dari terjaganya habitat-habitat hidup mereka. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga habitat alam dimanapun berada (baik habitat alam di darat, air, maupun udara) agar keberadaan mereka tetap terjaga dan tidak terancam punah. Salam Lestari!

 

Penulis: Dhesta Alfianti 

 

Referensi Literatur

Akhyari Hananto. “Mengenal Tujuh Satwa Tembus Pandang yang Menakjubkan”. Diakses melalui artikel https://www.mongabay.co.id/2020/10/17/mengenal-tujuh-satwa-tembus-pandang-yang-menakjubkan/ pada 25 Februari 2021.

Lina D. “36 Transparent Animals That Are Hard To Believe Actually Exist”. Diakses melalui artikel https://www.boredpanda.com/transparent-animals/?utm_source=ecosia&utm_medium=referral&utm_campaign=organic pada 25 Februari 2021.

Victoria Simpson. “10 Transparent Animals You Won’t Believe Exist”. Diakses melalui artikel https://www.worldatlas.com/articles/10-transparent-animals-you-won-t-believe-exist.html pada 25 Februari 2021.

Zulma Cary. “Top 10 Transparent Animals on Planet Earth”. Diakses melalui artikel https://earthnworld.com/top-10-transparent-animals-on-planet-earth/ pada 25 Februari 2021.

 

Referensi Gambar

  • Kupu-kupu Sayap Kaca

https://mymodernmet.com/glasswing-butterfly/ 

  • The Transparent Juvenile Surgeonfish

https://brightside.me/wonder-animals/15-transparent-animals-that-prove-this-planet-is-a-miracle-785810/ 

  • Katak Kaca

https://www.earth.com/news/transparent-skin-glass-frogs/ 

  • Kumbang Kura-kura

https://www.projectnoah.org/spottings/440018750 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  • Udang Hantu

https://www.fyldewatergardens.co.uk/product/ghost-shrimp-palaemontes-sp/ 

  • Ubur-ubur 

https://www.foodnavigator.com/Article/2019/07/30/Jellyfish-A-new-sustainable-nutritious-and-oyster-like-food-for-the-Western-world 

  • Siput Transparan

https://id.pinterest.com/pin/467952217530033983/ 

  • Cumi-cumi Transparan

https://www.ourbreathingplanet.com/glass-squid/ 

  • Sea Salp

https://www.nytimes.com/2017/08/04/science/salps-chains.html 

  • Gurita Kaca

https://www.natureplprints.com/weird-ugly-creatures/glass-octopus-vitreledonella-richardi-18061286.html 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!