Hijaukan Bumi Bersama CoreNation

Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara – CoreNation berhasil menjalankan suatu kampanye alam yang diberi nama “Hijaukan Bumi Bersama CoreNation” pada tanggal 21 Maret 2021 yang lalu. Kampanye ini dilakukan dalam bentuk penanaman benih pohon mangrove di pesisir Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Mereka melakukan seluruh rangkaian kegiatan ini atas dasar rasa tanggung jawab akan pelestarian lingkungan dan kesadaran akan kerusakan lingkungan yang kian hari kian parah. Hal ini semakin diperparah dengan minimnya kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan dan meningkatnya aktivitas yang kian lama kian merusak lingkungan. Oleh karena itu, CoreNation berharap kampanye alam ini dapat menanggulangi masalah kerusakan di area pesisir Pantai Indah Kapuk dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan.

Ads
Gambar 1. Kampanye Alam CoreNation © LindungiHutan

Kampanye yang merupakan hasil kerjasama CoreNation dengan LindungiHutan ini berhasil dilaksanakan tanpa adanya kendala yang berarti. Mereka berhasil menanam 102 benih pohon mangrove di area pesisir Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Dalam menyukseskan kegiatan penanaman ini, mereka dibantu oleh Dinas Kehutanan DKI Jakarta dan 7 peserta gabung aksi.

Apa Itu CoreNation?

CoreNation sendiri merupakan sebuah brand yang memadukan busana siap pakai dengan pakaian atletik untuk menciptakan pakaian modis yang dapat dipakai di dalam dan di luar gym. Mereka melakukan hal ini dengan tujuan untuk menciptakan pakaian aktif terbaik yang nyaman dan berkualitas. Oleh karena itu, setiap bahan dipilih dan didesain sebaik mungkin untuk meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan diri wanita selaku konsumen mereka. Setiap produk mereka dijual di berbagai toko busana dan toko online di Indonesia serta dipromosikan di akun Instagram mereka @corenationactive.

Gambar 2. Akun Instagram CoreNation © Instagram

Hijaukan Bumi Bersama CoreNation

Pada saat yang sama, CoreNation mengambil aksi nyata pelestarian lingkungan demi keberlangsungan hidup manusia. Mereka melakukan hal ini atas dasar rasa tanggung jawab pelestarian lingkungan dan kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan untuk kehidupan manusia yang lebih sehat. Oleh karena itu, CoreNation memutuskan untuk membentuk suatu kampanye alam berupa penanaman bibit mangrove di pesisir Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dengan harapan dapat meningkatkan kelestarian lingkungan dan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan.

Seperti yang kita ketahui, Jakarta mengalami kerusakan alam yang sangat parah akibat abrasi, kurangnya area resapan air, dan aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab. Abrasi kian lama kian mengikis pesisir Jakarta, menghancurkan mata pencaharian masyarakat, merusak ekosistem, dan menenggelamkan daratan. Selain itu, kurangnya area resapan air yang baik dapat meningkatkan intensitas banjir yang kian lama kian memperparah kerusakan ini. Terakhir, aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab dan merusak, seperti pengambilan air tanah yang berlebihan, penggunaan kendaraan bermotor, dan tindakan lain yang menghasilkan emisi karbon semakin meningkatkan dampak kerusakan alam.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Gambar 3. Kegiatan Penanaman CoreNation © Dokumentasi LindungiHutan

Menyadari hal ini, CoreNation mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk berkontribusi menjaga dan melestarikan lingkungan di Jakarta untuk keberlangsungan hidup manusia. Bersama dengan LindungiHutan, CoreNation membuka penggalangan dana online untuk publik dengan donasi sebesar Rp60.000,00/pohon di laman khusus LindungiHutan. Selain itu, mereka juga menyebarkan berbagai informasi mengenai kegiatan kampanye melalui jaringan sosial media CoreNation dan LindungiHutan. Hal ini dilakukan untuk mendorong dan memberikan kesempatan kepada masyarakat berkontribusi melestarikan lingkungan. Pada saat yang sama, CoreNation menyisihkan sebagian dari profit mereka untuk membeli bibit pohon mangrove. Usaha ini berhasil mengumpulkan 102 bibit mangrove jenis Rhizopora sp dengan tinggi 60 cm dan diameter kurang dari 2 cm dalam kondisi yang baik. Seluruh rangkaian kegiatan ini menghabiskan dana sebesar Rp6.250.000,00.

Healthy Life, Greener Earth

Lingkungan yang sehat merupakan salah satu faktor yang penting untuk memiliki hidup sehat. Akan tetapi, terdapat berbagai masalah lingkungan yang mengancam kelestarian lingkungan. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh bencana alam dan aktivitas manusia, seperti penggunaan kendaraan bermotor berlebih, pembuangan limbah, penggunaan sumber daya alam berlebih, dan lain-lain. Akibatnya, semakin banyaknya jumlah masalah lingkungan yang dapat mengancam keberlangsungan manusia, seperti kekeringan, banjir, tanah longsor, tanah tenggelam, pencemaran air, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus mengambil langkah nyata pelestarian lingkungan demi memiliki lingkungan yang sehat bagi kehidupan kita.

Gambar 4. Hasil Penanaman CoreNation © Dokumentasi LindungiHutan

Salah satu cara melakukannya adalah dengan melakukan berbagai upaya pelestarian lingkungan, seperti penghijauan. Kegiatan penghijauan akan menanggulangi kerusakan alam, memberikan keasrian pada lingkungan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, beberapa jenis pohon tertentu dapat membawa dampak lebih bagi kehidupan manusia. Ambil saja mangrove sebagai salah satu contohnya. Mangrove dapat memulihkan ekosistem yang rusak, menambah garis pantai, mencegah abrasi, meningkatkan nilai sosial dan ekonomi masyarakat, serta menyaring berbagai bahan kimia berbahaya di air.

Kampanye yang dilaksanakan oleh CoreNation dan LindungiHutan merupakan salah satu upaya penghijauan demi menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Kampanye ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk terus peduli dan berkontribusi untuk melestarikan lingkungan. Namun, bukan berarti upaya pelestarian ini berhenti di sini. Masih ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melestarikan lingkungan demi memiliki kehidupan yang sehat. Pertanyaanya, apa kita mau melakukannya atau tidak?

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Gambar:

CoreNation. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/corenationactive/?hl=en

LindungiHutan. (2020, Agustus 12). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/corenation

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!