Hijaukan Bumi Cilacap Bersama LindungiHutan

Hijaukan Bumi Cilacap
Hijaukan Bumi Cilacap Bersama LindungiHutan

Cilacap – LindungiHutan sebagai sebuah platform penggalangan dana online dan gerakan pelestarian hutan serta lingkungan hidup di Indonesia, baru saja selesai mengadakan aksi tanam pohon di Bumi Cilacap pada 16 Juni 2020 lalu. Penanaman yang dilaksanakan di Kampung Laut, Cilacap, berhasil mengantarkan 247 bibit mangrove Rhizopora Sp sukses tertanam. Aksi tanam pohon tersebut, dihadiri oleh 3 orang peserta yang beberapa diantaranya merupakan mitra petani LindungiHutan.

Selengkapnya : Live Planting, Rasakan Sensasi Tanam Pohon Jarak Jauh

Peserta tanam pohon di Bumi Cilacap harus dibatasi untuk mencegah dampak penyebaran COVID-19 meluas. Sesuai dengan protokol kesehatan dan keamanan Pemerintah setempat, LindungiHutan tetap menanam pohon di tengah pandemi asalkan tidak membuat kerumunan massal dan mematuhi peraturan lainnya seperti tetap menggunakan masker, menyediakan hand sanitizer serta menjaga jarak antar individu.

Bumi Cilacap dan Dua Sisi Keindahannya yang Mencekam

Bersama LindungiHutan Hijaukan Bumi Cilacap
Bersama LindungiHutan Hijaukan Bumi Cilacap

Cilacap merupakan sebuah Kota yang terletak di daerah Jawa Tengah. Cilacap juga terkenal akan makanan tradisionalnya yaitu Lanting. Cilacap juga memiliki tempat wisata bersejarah yang terkenal hingga di pelosok nusantara, penjara terbesar di Indonesia dengan berjuta cerita menyedihkannya, Nusakambangan. Namun, dibalik banyaknya hal indah tentang Cilacap, satu hal mengerikan yang tidak pernah terekspos oleh media luar, Cilacap sebagai daerah dengan resiko bencana alam tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Banjir, tanah longsor, gempa, abrasi hingga tsunami kerap menemani keindahan alam Cilacap.

Pasalnya, letak geografi Cilacap berada pada dua daerah yang kontras. Sisi selatan yang merupakan dataran rendah pesisir, dan sisi utara yang merupakan lajur pegunungan tengah Jawa dengan kontur curamnya perbukitan. Masyarakat pesisir Bumi Cilacap terus-menerus dilanda kecemasan. Pengikisan pantai Lengkong dan Kemiren Cilacap dirasa semakin parah. Abrasi yang terjadi semakin mempersempit daratan tepi pantai tempat nelayan menyandarkan kapalnya. Jika kondisi tersebut terus menerus dibiarkan, maka daerah pemukiman warga lambat laun akan menjadi santapan abrasi.

Bersama LindungiHutan, gunung dan pantai yang menyemarakkan keindahan bagian utara serta selatan Cilacap akan terus terjaga keindahannya. Diharapkan, upaya pengamanan tersebut akan menuai hasil, tidak ada masyarakat yang terdampak abrasi lagi, pun dengan perekonomian warga yang menurun dampak abrasi di Cilacap.

 

LindungiHutan merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Dalam rangka mendukung kegiatan penghijauan teman-teman di Indonesia, yuk dukung Kampanye Alam daerahmu dengan berkunjung pada situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam.

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications.    Ok No thanks