Hutan Kota

Pembangunan Hutan Kota

Sumber: Kagama.co
Sumber: Kagama.co

Di negara tropis seperti Indonesia, pembangunan hutan merupakan kegiatan yang umum dilakukan. Hutan kota adalah hamparan lahan yang ditumbuhi pohon-pohon yang kompak di wilayah perkotaan. Tanah yang mendukung dan penanaman yang bisa dilakukan sepanjang tahun adalah salah dua dari banyaknya alasan kenapa Indonesia tidak pernah berhenti melakukan pembangunan hutan. Pembangunan hutan juga terus dilakukan karena hutan tidak pernah  berhenti memberi manfaat kepada bumi, baik dari jasa lingkungan maupun produk-produk dari hasil hutan itu sendiri.

Ads

Salah satu bentuk dari pembangunan hutan di Indonesia adalah pembangunan hutan kota. Pembangunan perkotaan tidak seharusnya mengesampingkan ruang terbuka hijau. Penduduk yang umumnya padat di daerah perkotaan mengakibatkan aktivitas masyarakatnya sedikit banyak berakibat pada kerusakan lingkungan.

Gedung tinggi pemberi efek rumah kaca serta banyaknya transportasi mengakibatkan peningkatan gas buang karbon yang efek langsungnya tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, dampak lingkungan yang ditimbulkan dari gas buang karbon, khususnya CO2 mengakibatkan pemanasan global yang berbuntut pada banjir dan kekeringan. Gas buang karbon terbesar di Indonesia pernah mencapai 74% oleh adanya konservasi dan deforestasi lahan.

Pohon adalah alat praktis yang dapat mengkonversi gas buang karbon menjadi substansi yang lebih bermanfaat agar tidak menimbulkan polusi udara dan meminimalkan pemanasan global. Selain sebagai alat tukar gas buang karbon, adanya hutan kota juga membantu sebagai peneduh dari teriknya siang matahari. Maka dari itu, hutan kota merupakan salah satu komponen penting dari pembangunan kota.

Kriteria Pohon di Hutan Kota

Sumber: Djarum Times For Lifes
Sumber: Djarum Times For Lifes

Padatnya penduduk dan tingginya mobilitas yang terjadi di daerah perkotaan membuat kriteria pohon yang harus ditanam di hutan kota bukan hanya dapat menyerap gas karbon dengan baik, tetapi juga kokoh agar masyarakat yang lalu lalang di sekitar hutan kota tetap aman. Trembesi (Samanea saman) adalah salah satu pohon yang biasanya ditanam pada hutan kota. Trembesi merupakan salah satu pohon yang masuk ke dalam kriteria pohon yang cocok dijadikan sebagai tanaman di hutan kota.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Dengan tinggi mencapai 20 meter dan tajuk yang lebar membuat panas matahari di siang hari tidak begitu terasa ketika melewati pohon trembesi. Lahan yang sempit di perkotaan membuat penanaman pohon tidak bisa dilakukan dengan jarak yang berdekatan, sehingga diperlukan pohon dengan tajuk yang lebar agar penyerapan karbon bisa dilakukan dengan maksimal meskipun tidak banyak pohon yang ditanam. Di siang hari pohon trembesi dapat mengubah gas buang karbon menjadi oksigen secara maksimal sehingga dapat mengurangi polusi udara di perkotaan. Selain itu, terik matahari di siang hari tidak akan begitu terasa.

Perakaran yang kuat yang dimiliki pohon trembesi juga menjadi poin penting dalam menjadikan pohon trembesi sebagai salah satu pohon yang ditanam di hutan kota. Akar yang kokoh akan membuat pohon menancap kuat di tanah sehingga pohon tidak cepat roboh. Namun, tidak dapat dimungkiri bila perakaran yang kokoh ini bisa menjadi bumerang dalam penanaman trembesi di hutan kota. 

Perakaran yang kuat ini bisa saja mencuat melewati permukaan tanah sehingga mengakibatkan rusaknya jalan. Butuh anggaran biaya yang cukup besar untuk memperbaiki jalan seperti semula. Jalan yang tidak cepat diperbaiki akan memberikan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan.

Kekurangan lain yang dimiliki trembesi adalah sifat pohon ini yang dapat menjadi invasif bagi tumbuhan lain di sekitarnya. Pohon lain yang ditanam di sekitar trembesi akan kalah pertumbuhannya dengan pohon tersebut sehingga menyebabkan pohon lain akan mengalami kematian. Hal ini disebabkan karena pohon trembesi yang besar dan haus. Pohon trembesi cenderung menyerap banyak air yang ada di tanah, selain itu besarnya pohon trembesi mengakibatkan persaingan dengan pohon lain dalam menyerap cahaya matahari.

Pemeliharaan hutan kota tidak semudah kelihatannya. Selain trembesi, ada banyak pohon lain yang ditanam di hutan kota. Dengan kriteria yang sama—perakaran yang kuat, tajuk yang lebar, batang yang tinggi, serta pertumbuhan cepat (fast growing), setiap tumbuhan memiliki kekurangan yang berbeda dengan pohon lain. 

Untuk dapat merobohkan suatu tegakan tidak bisa hanya dinilai melalui kokohnya suatu perakaran. Ketika musim hujan tiba, petir bisa menjadi akibat dari robohnya suatu pohon. Rusaknya bagian akar atau kopongnya batang pada suatu tegakan juga bisa mengakibatkan robohnya suatu pohon.

Pemeliharaan

Sumber: BPTP Bali
Sumber: BPTP Bali

Kerobohan pohon yang diakibatkan oleh petir tidak dapat dicegah. Sejatinya petir memang menyambar sesuatu yang tinggi, baik gedung-gedung tinggi, maupun pohon. Sementara pohon tidak mungkin digunduli bagian ujungnya karena hal tersebut sama saja menghilangkan tajuk dari pohonnya. Hilangnya tajuk pada pohon dapat menghentikan proses fotosintesis maupun transpirasi pada pohon.

Apabila kedua proses tersebut dihilangkan dari suatu pohon, maka yang terjadi selanjutnya adalah pohon akan mati. Jika tidak mati, maka pohon tersebut sama saja tidak memberikan manfaat pada hutan kota karena pohon kehilangan fungsinya sebagai peneduh dan pengonversi gas buang karbon. Maka, satu-satunya cara menjaga pohon agar tidak roboh saat terjadi petir adalah memastikan kondisi pohon pada hutan tanaman tersebut benar-benar baik.

Salah satu komponen untuk menilai apakah kondisi baik-tidaknya suatu pohon terutama pohon yang ada di hutan tanaman adalah dengan memastikan bagian batang pada pohon tersebut. Permasalahan yang biasa terjadi adalah kopongnya bagian batang pohon yang diakibatkan oleh hama. Permasalahan ini apabila terjadi pada pohon di hutan tanaman akan membahayakan pengguna jalan.

Pemeliharaan hutan kota bisa dimulai dari mendeteksi seluruh pohon yang ada pada tanaman. Kerusakan pohon pada bagian akar dan batang tidak langsung bisa ditebak hanya dalam sekali lihat. Pada pohon yang terlihat sehat sekalipun, bisa jadi bagian dalam batang pohon tersebut mengalami kerusakan. Deteksi pohon pada bagian batang bisa dilakukan dengan cara mengetuk-ketuk batang pohon tersebut untuk membedakan apakah isi batang tersebut mengalami kekopongan atau tidak. Cara mengatasi batang pohon yang mengalami kekopongan bisa dilakukan dengan cara mengisi bagian batang pohon dengan semen untuk dapat menguatkan batang.

Untuk dapat mengembalikan lingkungan yang rusak atau setidaknya menstabilkan kesehatan lingkungan, memang membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Pembangunan hutan kota bukan hanya perihal mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari pohon agar pembangunan ini tidak menjadi boomerang. Sehingga pemeliharaan pengawasan pada hutan kota harus dilakukan secara rutin dan tidak asal-asalan. 

 

Penulis: Fifi Melinda Setiawati

 

Referensi artikel

[KLHK] Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2010. Pembangunan Hutan Kota/Lanskap Perkotaan. Jakarta (ID): Rencana Penelitian Integratif.

Mukhlison. 2013. Pemeliharaan jenis pohon untuk pengembangan hutan kota di kawasan perkotaan Yogyakarta. Jurnal Ilmu Kehutanan. 7 (1): 2013.

Suyanto H. 2011. Pengelolaan kualitas udara di perkotaan. Gema Teknologi. 16 (2): 93-98.

https://www.suarakalimantan.com/2017/01/manfaat-dan-mudharatnya-penanaman-pohon-trembesi/

Referensi gambar

https://www.google.com/imgres?imgurl=https://www.djarumtreesforlife.org/uploads/ceritapohon/serba-serbi-trembesi-.jpg&imgrefurl=https://www.djarumtreesforlife.org/id/ceritapohon/view/serba-serbi-trembesi-&tbnid=yhgKZg3B5MkodM&vet=1&docid=UHg3xUizgtKs3M&w=1456&h=969&itg=1&source=sh/x/im

https://www.google.com/imgres?imgurl=http://kagama.co/wp-content/uploads/2019/02/kebun-raya-jompie-e1551232653703.jpg&imgrefurl=http://kagama.co/berikut-jenis-jenis-tanaman-hutan-kota-yang-efektif-menyerap-polusi timbal&docid=Z7VHoaKSc3Tw8M&tbnid=XBXBODEJVh_7OM&vet=1&source=sh/x/im

https://www.google.com/imgres?imgurl=http://bali.litbang.pertanian.go.id/ind/images/berita/diplodia1.jpg&imgrefurl=http://bali.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/info-teknologi/805-tehnik-mudah-kendalikan-penyakit-diplodia-pada-jeruk&tbnid=Zfe8yAAFtlJuaM&vet=1&docid=r5QXk3btg_RMHM&w=300&h=240&source=sh/x/im

 

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crwodfounding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung  kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dan bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak.

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!