LindungiHutan dan IIWC Lestarikan Mangrove di Mangkang

Penanaman Indonesia International Work Camp bersama LindungiHutan
Penanaman Indonesia International Work Camp bersama LindungiHutan (Dok.LindungiHutan)

LindungiHutan.com, Semarang – Pada 18 Juli 2018 yang lalu relawan Indonesia International Work Camp (IIWC) melalui program Bakti Lingkungan mengadakan penanaman di kawasan mangrove Mangunharjo, Kecamatan Mangkang, Semarang.

Ads

Indonesia International Work Camp (IIWC) merupakan salah satu proyek PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Jawa Tengah yang berfokus pada pengembangan kegiatan kerelawanan internasional (International Voluntary Services). Secara informal, IIWC berdiri pada bulan September 1999 saat PKBI menyelenggarakan workcamp yang pertama di Mijen Kabupaten Semarang bekerjasama dengan NICE (Never ending Internasional work Camp Exchange) Japan, sebuah organisasi work camp dari Jepang.

Baca Lainnya : #HutanMerdeka: Mengenal Lebih Banyak Tentangnya

Mangrove yang Tertanam oleh LindungiHutan dan Indonesia International Work Camp
Mangrove yang Tertanam oleh LindungiHutan dan Indonesia International Work Camp (Dok.LindungiHutan)

Penanaman mangrove tersebut merupakan salah satu program kerja mereka yaitu pemberdayaan masyarakat lokal. Kegiatan ini juga menggandeng Lindungi Hutan sebagai partner dari Kelompok Tani Wana Lestari yang mengkonservasi mangrove di kawasan Mangunharjo.

Dengan didampingi oleh Kelompok Tani Mangrove Lestari, mereka menanam 35.000 bibit mangrove. Sururi, ketua kelompok tani Mangrove Lestari menjelaskan bahwa pihaknya sudah sering bekerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan reklamasi di pesisir-pesisir pantai yang rawan abrasi.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Baca Lainnya : LH Goes To Banyuwangi: Dari Ojek Manusia Ijen Hingga Pesona Green Bay Yang Tersembunyi #2

Selain penanaman bibit mangrove baru sepanjang 500 meter, mereka juga melakukan monitoring mangrove yang telah tumbuh, meliputi penyulaman (menanam kembali bibit yang mati/rusak), dan pemetaan mangrove.

“Dari semula saya hanya menanam bakau seluas 5,62 hektar. Tiap tahun jumlahnya terus nambah mas, sampai tahun 2008 lalu tertanam 7,6 hektar mangrove. Kemudian tahun 2017 alhamdulillah meningkat jadi 65,79 hektar”– jelas Sururi.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Terimakasih Indonesia International Work Camp telah Bersama Menghijaukan Indonesia!
Terimakasih Indonesia International Work Camp telah Bersama Menghijaukan Indonesia! (Dok.LindungiHutan)

Keceriaan terlihat jelas dari wajah peserta ketika menanam bibit ke dalam lumpur. Beberapa peserta mengaku ini adalah pengalaman pertama mereka menanam mangrove, dan mereka merasa ketagihan untuk menanam lagi jika ada kesempatan.

“Terimakasih teman-teman dari IIWC yang sudah mempercayakan Lindungi Hutan untuk bekerjasama melestarikan mangrove di Mangunharjo ini. Mari kita bersama menghijaukan hutan Indonesia, salam lestari !!”-pungkas Ary Wibisono, perwakilan Lindungi Hutan.

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!