Ikan Layar, Ikan Tercepat di Dunia

"Gambar

Ikan Layar

Ikan layar adalah jenis ikan yang terkenal karena karena paruh runcingnya dan sirip yang terdapat di punggungnya lebih tinggi dari panjang tubuh. Ikan layar memiliki dua subspesies, yaitu Ikan layar Indo-Pasifik (Istiophorus platypterus) dan Ikan layar Atlantik (Istiophorus albicans). Ahli dan ilmuwan sepakat bahwa ikan jenis ini adalah ikan tercepat di lautan. Menurut The National Oceanic and Atmospheric Administration [NOAA], ikan tercepat ini mampu melesat dengan kecepatan hingga 112 km/jam. Saat baru menetas, ikan runcing ini berbentuk larva kecil yang panjangnya hanya beberapa milimeter dan bertumbuh pesat selama pertumbuhan ikan pada tahun pertama. Ikan layar dapat tumbuh dari 0,125 inchi (0,3 cm) ketika menetas dan dapat tumbuh hingga 3 meter. Saat dewasa, berat dari paruh ke ekor dapat mencapai 220 pon (100 kg). Seperti ikan billfish lainnya, dan ukuran ikan betina bisa lebih besar dari jantan serta dapat membawa telur sebanyak mungkin dan memiliki peluang lebih besar untuk berkembang biak dengan baik di laut.

Ads

Ikan layar memakan berbagai jenis makhluk laut selama hidupnya. Pada usia muda, ikan cepat ini memakan plankton kecil. Mangsanya bertambah besar seiring dengan bertambahnya ukuran. Sebagai ikan dewasa, mereka memakan ikan bertulang yang cukup besar, krustasea, dan cumi-cumi. Ikan tercepat ini juga menggunakan sirip punggungnya untuk membuat penghalang di sekitar mangsanya, untuk memberi makan ikan gerombolan yang lebih kecil, seperti sarden dan ikan teri.

Hasil produksi ikan layar umumnya disimpan dengan es atau dibekukan sementara pada suhu -40 celcius. Produksi biasanya dijual dalam bentuk beku untuk konsumsi ekspor. 

Taksonomi

"Gambar

Taksonomi ikan layar (Istiophorus platypterus) yang termasuk ke dalam famili Istiophoridae adalah sebagai berikut.

Kingdom : Animalia

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Istiophoridae

Genus : Istiophorus

Spesies : Istiophorus platypterus

Morfologi

Ikan layar tersebar di seluruh samudra dunia yang hangat dan beriklim sedang. 

  • Warna

Ikan layar memiliki warna badan biru ke abu-abu dengan bagian bawah putih. 

  • Sirip

Ikan layar memiliki sirip punggung yang membentang hampir sepanjang tubuh ikan dan jauh lebih tinggi dari tinggi tubuh ikan tersebut. Sirip punggungnya biasanya terlipat saat berenang dan akan mengembang saat merasa terancam atau sedang ingin mempesona lawan jenisnya. Sirip ini membuatnya terlihat lebih besar daripada ukuran sebenarnya.

  • Paruh

Ikan layar termasuk ke dalam jenis ikan billfish, yaitu ikan yang memiliki paruh di mulutnya. Oleh karena itu, jenis ikan ini memiliki rahang atas yang cukup panjang dan melampaui rahang bawah mereka. Rahang atas dari ikan ini membentuk seperti tombak. 

 

Habitat

Ikan layar termasuk jenis ikan dengan penyebaran Oceanic dan Epipelagic, lebih sering ditangkap pada kedalaman di atas thermocline. Ikan layar lebih sering pada wilayah perairan dekat pantai dan pulau-pulau; membentuk gerombolan berdasarkan ukuran. Ikan layar Indo-Pasifik (Istiophorus platypterus) dapat ditemukan hampir di seluruh perairan Indonesia, terutama Samudera Indonesia, Ambon, dan Sulawesi. Untuk di wilayah pasifik luar Indonesia, ikan layar dapat ditemukan di wilayah perikanan Pasifik produktif meliputi Papua Nugini, Filipina, dan banyak pulau Pasifik Tengah seperti Tahiti, Marquesas, dan Hawaii. 

Ikan layar Atlantik (Istiophorus albicans) dapat ditemukan di Florida, Miami, Meksiko, Teluk Meksiko, Bermuda, Puerto Rico, Aruba, Curaçao dan daratan yang lebih kecil di Laut Karibia. Ikan layar cukup melimpah di seluruh wilayah habitatnya, dan populasi ikan ini dianggap stabil. Ikan layar tidak berada di bawah status atau perlindungan khusus.

 

Fakta Unik Ikan Layar

Gambar 3. Ikan layar melompat ke udara
Gambar 3. Ikan layar melompat ke udara
  1. Ikan layar dianggap ikan tercepat di laut, mencapai kecepatan tertinggi 70 mil per jam.
  2. Ikan layar adalah predator teratas di lautan terbuka.
  3. Ikan layar terbesar yang pernah ditangkap memiliki panjang 11,2 kaki (340 cm) dan berat 220,5 pon (100 kg).
  4. Ikan layar bisa hidup selama 13 sampai 15 tahun. Namun, ikan layar yang ditangkap dan dilepas oleh nelayan memiliki umur rata-rata hanya 4 sampai 5 tahun.
  5. Ikan layar menghabiskan seluruh hidupnya di dekat permukaan laut terbuka, tetapi bisa menyelam hingga 350 m untuk mencari makanan.

Penangkapan Ikan Layar

Ikan layar sebagian besar tertarik dengan trolling pancingan yang cepat dengan umpan plastik, bulu atau sendok. Ikan layar juga menyukai umpan alami, seperti ikan mullet utuh, ikan lokal kecil , dan ikan makarel. Jika umpan hidup, umpan dikaitkan ke mulut ikan-ikan kecil tersebut. Jika umpan alami mati, ikan tersebut bisa dipotong kecil-kecil.

Teknik yang dipakai untuk memancing ikan layar adalah teknik trolling. Pertama, pemancing melemparkan umpan ke laut, kemudian jika terjadi tarikan dari ikan layar, pemancing mengatur tarikannya, biarkan beberapa detik sampai tidak ada lagi kendur, atur kailnya dan bersiaplah untuk menarik ikan. Jangan lupa untuk “menekuk” pancing Anda begitu mereka melompat ke udara, turunkan ujungnya untuk mengendurkan dan mengurangi tekanan pada tali.

Ikan layar adalah ikan akrobatik yang rentan terhadap lompatan spektakuler. Ikan layar bisa menggelengkan kepala dengan keras atau melompat melintasi permukaan air menggunakan ekornya – berjalan dengan ekor. Namun, ikan layar termasuk ikan yang cepat lelah dan tidak membutuhkan tarikan yang berat.

 

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

 

Referensi Literatur:

National Geographic. Sailfish. Tersedia dalam: https://www.nationalgeographic.com/animals/

fish/group/sailfish/. Diakses pada 25 Januari 2021.

Oceana. Sailfish. Tersedia dalam: https://oceana.org/marine-life/ocean-fishes/sailfish.
Diakses pada 25 Januari 2021.

Fishing Booker. Sailfish. Tersedia dalam: https://fishingbooker.com/fish/sailfish. Diakses
pada 25 Januari 2021.

Wiadnya, Gede Dwi Raka. 2012. Kuliah Konservasi Sumberdaya Kelautan & Perikanan.
Ikan Hasil Tangkap. Tersedia dalam: http://wiadnyadgr.lecture.ub.ac.id/files/

2012/01/4F_1-Ikan-Hasil-Tangkap-3.pdf. Diakses pada 25 Januari 2021.

 

Referensi Gambar:

Ikan Layar:

https://www.fishingworld.com.au/how-to/how-to-catch-sailfish 

Ikan Layar Naik ke Permukaan:

https://www.fishingworld.com.au/how-to/how-to-catch-sailfish 

Ikan Layar Melompat ke Udara:

https://www.britannica.com/animal/sailfish  

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!