Jelajah Hutan Karimunjawa

Karimunjawa. Surga bagi Habitat Laut Indonesia
Karimunjawa. Surga bagi Habitat Laut Indonesia (Dok.LindungiHutan)

LindungiHutan.com, Semarang – Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 ha dan perairan ±110.000 ha, Karimunjawa dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ads

Karimunjawa: Surga di Utara Pulau Jawa

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Kepulauan ini adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Baca Lainnya : 1.000 Mangrove Kaloka Pottery, Kuatkan Pesisir Demak

Eksotisme kepulauan itu membawa LindungiHutan ingin menjelajahi ekosistem di dalamnya. Melalui kegiatan “Jelajah Hutan Karimunjawa”, pada 16-18 Februari 2018, kami mengajak 20 peserta untuk ikut serta berpetualang di Kepulauan Karimunjawa.

Tim LindungiHutan Jelajah Hutan Karimunjawa
Tim LindungiHutan Jelajah Hutan Karimunjawa (Dok.LindungiHutan)

Dimulai dari meeting point di Semarang, tim LindungiHutan dan peserta berangkat ke Pelabuhan Kartini, Jepara. Penyeberangan kesana menggunakan kapal cepat Ekspress Bahari dan ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam. Sesampainya di sana, kami dijemput oleh pihak agen dan diantar menuju penginapan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Hari pertama, kami diajak snorkeling di area Pulau Cemara Besar. Pulau ini merupakan salah satu pulau tak berpenghuni di Kepulauan Karimunjawa, dan menjadi salah satu spot snorkeling favorit wisatawan.

Snorkeling di Area Pulau Cemara Besar
Snorkeling di Area Pulau Cemara Besar (Dok.LindungiHutan)

Sembari berkenalan satu sama lain, kami menikmati beningnya air laut dan hijaunya hutan cemara.

Perjalanan hari pertama diakhiri dengan menyaksikan sunset di Pantai Tanjung Gelam.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Serunya Jelajah Hutan Karimunjawa
Serunya Jelajah Hutan Karimunjawa (Dok.LindungiHutan)

Di hari kedua, kami melakukan trekking di Hutan Mangrove Kemujan, Taman Nasional Karimunjawa. Disana kami berkeliling dan melihat berbagai jenis mangrove yang ada. Selain itu, kami juga menyerahkan 30 bibit mangrove dan tong sampah kepada pengelola Taman Nasional.

Penyerahan 30 Bibit Mangrove dan Tong Sampah kepada Pengelola Taman Nasional
Penyerahan 30 Bibit Mangrove dan Tong Sampah kepada Pengelola Taman Nasional (Dok.LindungiHutan)

Setelah itu, kami menuju destinasi selanjutnya yaitu Bukit Love. Bukit ini menjadi ikon pariwisata lokal dan menjadi tujuan favorit pengunjung untuk berfoto ria. Dari atas bukit ini, dapat dilihat keindahan kepulauan itu dari atas.

Semoga acara Jelajah Hutan kali ini dapat memupuk rasa peduli pada lingkungan diantara peserta. Wisata tidak hanya untuk eksis semata tapi juga bisa digunakan untuk belajar dari alam. Salam Lestari !! (Kika)*

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!