Jenis Bunga Terindah yang Mekar pada Malam Hari

Berkebun merupakan salah satu hobi pelepas stres yang sedang populer. Banyak orang mulai melakukan aktivitas berkebun, mulai dari menanam sayur, menanam tanaman hias, hingga tanaman berbunga. menanam bunga biasanya selain untuk melepas penat juga bertujuan untuk mendekorasi rumah supaya menambah nilai estetika. jenis bunga yang dipilihpun bukan sembarang bunga misalnya  jenis bunga terindah yang mekar pada malam hari berikut ini!

Ads
(gambar 1. Night scented orchid )
(gambar 1. Night scented orchid )

Night scented orchid memiliki nama latin epidendrum nocturnum, merupakan bagian keluarga dari bunga anggrek yang mekar di daerah tropis sekitar Afrika Tengah dan Selatan. Memiliki karakteristik berupa kelopak daun, putik bunga, dan kelopak bunga yang panjang. Bunga ini mekar sekitar pertengahan musim panas hingga musim gugur. Salah satu jenis bunga terindah ini terkenal dengan aromanya yang sangat wangi.

(gambar 2. Nottingham catchfly )
(gambar 2. Nottingham catchfly )

Nottingham catchfly diberi nama seperti itu dikarenakan bunga ini ditemukan pertama kali di Nottingham Palace di Inggris. Namun, bunga ini bisa juga ditemukan di hilir sungai berbatu. Bunga ini memiliki karakteristik berupa lima kelopak pendek pada tiap bunga, warna kelopak sedikit kuning-keunguan, dan biasanya memiliki daun yang berambut. Tanaman ini umumnya mekar sekitar bulan Juni sampai bulan Juli. Bunga ini memiliki fitur yang sama seperti bunga sebelumnya, yaitu memiliki wangi yang sangat kuat.

(gambar 3. Evening primrose)
(gambar 3. Evening primrose)

Evening primrose biasanya dibudidayakan untuk diambil minyaknya dan akarnya yang bisa dimakan. Ciri khas dari bunga ini adalah tangkainya yang memiliki rambut halus dan kokoh. Bunga ini adalah salah satu bunga khas Amerika. Bunga ini biasa mekar pada bulan Juli sampai Agustus. Sama seperti bunga sebelumnya, bunga ini juga memiliki aroma yang kuat.

(gambar 4. Chocolate flower)
(gambar 4. Chocolate flower)

Chocolate flower atau berlandiera lyrata adalah bagian dari keluarga daisy yang umumnya tumbuh di padang rumput dan tanah berbatuan di Amerika Serikat. Memiliki ciri khusus yaitu aroma seperti coklat. Salah satu jenis bunga terindah ini biasanya mekar pada pertengahan musim semi sampai akhir musim panas pada malam hari. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
(gambar 5. Tropical night blooming water lilies)
(gambar 5. Tropical night blooming water lilies)

Tropical night blooming water lilies sebenarnya memiliki banyak sekali jenis di dunia. Warna bunga ini sangat beragam, yaitu ungu, biru, merah, merah jambu, jingga, dan kuning. Lily air memiliki ciri khusus yaitu diameter bunganya yang bisa mencapai 2 – 12 ft (61 – 366 cm).

(gambar 6. Night blooming jessamine)-Jenis Bunga Terindah
(gambar 6. Night blooming jessamine)

Night blooming jessamine merupakan keluarga semak berkayu yang umum ditemukan di daerah Hindia Barat dan Asia Selatan. Bunga yang dihasilkan memiliki karakteristik kecil, berbentuk tabung, berwarna putih-kehijauan yang muncul hanya pada malam hari saat musim mulai menghangat. Selain itu, Jessamine memiliki buah beri dan bunga yang beracun jika disentuh. Jadi, jikalau kamu ingin menanam bunga jenis ini, tanamlah di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh anak – anak.

(gambar 7.Moonflower )-Jenis Bunga Terindah
(gambar 7.Moonflower )

Bunga satu ini dikenal sebagai Moonflower, karena bunga berwarna putih-kemerahjambuan ini mekar pada malam hari membentuk bulan purnama penuh. Bunga ini paling cocok tumbuh di Amerika, karena Amerika memiliki struktur tanah seperti lempung berpasir. Ciri khusus mereka yaitu tumbuhannya bisa meninggi sekitar 6 sampai 15 ft (183 sampai 457 cm) dengan bunga berdiameter 2 sampai 43 inci (sekitar 5 sampai 109 cm). Moonflower biasa tumbuh pada musim semi hingga musim panas. Seperti temannya yang lain, bunga ini juga memiliki aroma yang sangat harum.

(gambar 8. Four o’clock flower )-Jenis Bunga Terindah
(gambar 8. Four o’clock flower )

Four o’clock flower bernama ilmiah mirabilis jalapa. Seperti namanya, bunga ini hanya mekar pada saat sore hingga menjelang fajar. Bunga ini memiliki beberapa variasi warna yakni biru, merah jambu, merah, putih, dan kuning. Bunga ini juga dikenal sebagai bunga yang memiliki aroma paling harum diantara bunga-bunga lainnya.

(gambar 9. Night blooming Cereus)-jenis bunga terindah
(gambar 9. Night blooming Cereus)

Terakhir, ada night blooming cereus yang memiliki marga yang sama dengan kaktus dan biasanya ditemukan di sekitar Meksiko dan Arizona Selatan. Tanaman koini memiliki keunikan, yaitu bunganya hanya mekar sekali dalam setahun di antara bulan Juni dan Juli. Salah satu keluarga cereus yang terkenal adalah paniocereus greggi. Tanaman ini dikenal karena memiliki bunga putih yang wangi dan lebar. Diameter bunganya bisa mencapai 6 ft atau setara dengan 183 cm.

 

Bacaan Lainnya: Apakah Krisis Iklim Mempengaruhi Warna Bunga?

 

Penulis : Stella Angela

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

 

Referensi literatur

Jithin. “Top 9 Most Beautiful Night Blooming Flowers.” The Mysterious World, 9 Oct. 2020, themysteriousworld.com/10-most-beautiful-night-blooming-flowers. 

 

Referensi gambar

“British Wild Plant: Silene Nutans Nottingham Catchfly.” UK Wild Flower, www.ukwildflowers.com/Web_pages/silene_nutans_nottingham_catchfly.htm. Accessed 16 Feb. 2021.

“Evening Primrose Oil.” NCCIH, www.nccih.nih.gov/health/evening-primrose-oil. Accessed 16 Feb. 2021.Gardener, The Frustrated, and The Frustrated Gardener. 

“Daily Flower Candy: Mirabilis Jalapa.” The Frustrated Gardener, 2 Jan. 2021, frustratedgardener.com/2015/10/04/daily-flower-candy-mirabilis-jalapa.High Country Gardens. 

“Mora County Chocolate Flower Mix (Berlandiera).” High Country Gardens, www.highcountrygardens.com/perennial-plants/unique-plants/berlandiera-lyrata-mora-county-mix. Accessed 16 Feb. 2021.Hosting, Starsnsites Koi. 

“Night Blooming Water Lilies – Tropical Water Lilies.” All Contents Copyright ©2001-2021 Waterford Gardens. All Rights Reserved., www.waterfordgardens.com/Night-Blooming-Water-Lilies-Tropical-Water-Lilies-sc-378.html. Accessed 16 Feb. 2021.“How to Grow Moonflower.

“How to Grow Moonflower.”, www.thespruce.com/growing-moon-flower-in-containers-4125231. Accessed 16 Feb. 2021.

“Lady Bird Johnson Wildflower Center – The University of Texas at Austin.” Lady Bidr Johnson Wildflower Center, 20 Nov. 2018, www.wildflower.org/gallery/result.php?id_image=64341.M., Aniela. 

“How to Grow Night Blooming Jasmine.” Plant Instructions, 6 Mar. 2020, plantinstructions.com/flowers/how-to-grow-night-blooming-jasmine.

Wikipedia contributors. “Night-Blooming Cereus.” Wikipedia, 6 Nov. 2020, en.m.wikipedia.org/wiki/Night-blooming_cereus.

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya.

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!