Jenis Lobster, Manfaat dan Persebarannya

Gambar 1. Lobster
Gambar 1. Lobster

Beberapa waktu terakhir, Indonesia sedang digemparkan oleh berita penjualan benih lobster secara ilegal yang dilakukan oleh salah satu menteri kelautan. Oleh karena itu, tak jarang informasi mengenai lobster dan jenis Lobster ini banyak dicari. Ada yang bertanya-tanya, apa manfaat dari lobster sehingga bisa dijual dengan harga yang sangat mahal? Berikut akan diuraikan sedikit penjelasan mengenai lobster, jenis lobster dan manfaatnya.

Ads

Apa itu Lobster?

Lobster adalah salah satu hewan laut yang termasuk dalam kelompok krustasea atau udang-udangan. Lobster juga merupakan famili Homaridae atau Nephropsidae. Lobster mempunyai kulit yang keras dan memiliki lima pasang kaki. Beberapa pasang kakinya berfungsi sebagai penjepit. Pada tangkai yang bisa digerakkan, hewan ini memiliki mata majemuk. Selain itu, lobster juga memiliki dua pasang antena panjang dan pada bagian perutnya, ada beberapa pasang kaki yang berfungsi untuk berenang. Ekor lobster berotot dan memiliki sirip untuk membantunya berenang. Begitupun dengan ekor dan perut lobster yang memungkinkan hewan tersebut untuk bergerak mundur.

Jenis-Jenis Lobster

Dilansir dari Tempo, ada beberapa jenis lobster yang terdapat di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

  1. Lobster Pasir (Panulirus Homarus)Lobster ini disebut juga dengan lobster hijau atau lobster bambu hijau. Lobster pasir memiliki panjang maksimal 40 cm dengan kaki berwarna biru dan bergaris putih. Lobster dewasa memiliki warna dasar hijau muda dan kebiruan, sedangkan pada lobster yang lebih muda berwarna kebiruan atau keunguan. Lobster ini ditemukan pada tahun 1804 oleh Latreille.

    Gambar 2. Lobster Pasir
    Gambar 2. Lobster Pasir
  2. Lobster Batu Hitam (Panulirus Longipes)
    Lobster ini disebut juga udang bunga atau raja udang dan memiliki warna dasar yang lebih bervariasi, seperti hijau muda, hijau kecoklatan, hijau tua, biru ataupun hitam. Pada lobster jantan warnanya lebih gelap dibanding betina. Selain itu, lobster ini memiliki ukuran maksimal 35 cm. Lobster batu hitam ditemukan oleh A. Milne Edwards pada tahun 1868.

    Gambar 3. Lobster Batu Hitam
    Gambar 3. Lobster Batu Hitam
  3. Lobster Batu (Panulirus Penicillatus)
    Lobster ini disebut juga sebagai udang batu atau udang jaka yang ditemukan pada tahun 1791 oleh Oliver. Lobster ini memiliki warna dasar dari mulai hijau muda sampai hijau kecoklatan.

    Gambar 4. Lobster Batu
    Gambar 4. Lobster Batu
  4. Lobster Pakistan (Panulirus Polyphagus)
    Lobster pakistan atau lobster rarak merupakan lobster yang memiliki tubuh berwarna hijau muda dengan panjang tubuh maksimal 40 cm. Lobster ini ditemukan oleh Herbst pada tahun 1793.

    Gambar 5. Lobster Pakistan
    Gambar 5. Lobster Pakistan
  5. Lobster Mutiara (Panulirus Ornatus)
    Lobster ini dikenal dengan nama udang cemara atau udang ketangan. Lobster mutiara memiliki 4 duri di bagian kerapas dengan panjang maksimal 60 cm dan berat mencapai 6 kg. Lobster ini ditemukan pada tahun 1798 oleh Fabricius.

    Gambar 6. Lobster Mutiara
    Gambar 6. Lobster Mutiara
  6. Lobster Bambu (Panulirus Versicolor)
    Lobster bambu ditemukan pada 1758 oleh Linnaeus. Lobster yang dikenal juga dengan nama udang bireng, udang pantung atau lobster hijau pasir ini merupakan salah satu lobster termahal. Dengan ukuran maksimum 31 cm dan warna dasar tubuhnya adalah hijau dan kecoklatan, harga lobster ini mencapai 1,2 juta perkilogram nya.

    jenis lobster bambu
    Gambar 7. Lobster Bambu
  7. Lobster Batik (Panulirus Femoristriga)
    Lobster yang ditemukan tahun 1872 oleh Martens ini memiliki ukuran maksimum 25 cm. Sayangnya, informasi mengenai lobster batik masih sedikit.

    Gambar 8. Nephropidae batik berwarna cokelat dan memiliki corak batik
    Gambar 8. Lobster Batik

Manfaat Lobster

Selain memiliki rasa yang enak, lobster juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Walaupun lobster memberikan banyak manfaat, namun perlu dibatasi dalam mengkonsumsinya. Setidaknya enam kali dalam satu bulan, karena lobster memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. Dilansir dari Liputan6.com, berikut adalah manfaat lobster.

  1. Menyembuhkan penyakit tiroid karena lobster memiliki kandungan selenium.
  2. Menjaga kesehatan kardiovaskuler karena memiliki kandungan omega-3.
  3. Menyembuhkan anemia karena lobster memiliki kandungan tembaga yang baik bagi penderita.
  4. Dapat menurunkan kolesterol karena memiliki kandungan omega-3.
  5. Membantu menjaga kesehatan mental, dikarenakan kandungan asam lemak omega-3 nya dapat menurunkan impulsivitas, agresi dan depresi pada orang dewasa.
  6. Dapat mengatasi masalah peradangan karena memiliki kandungan lemak dan protein.
  7. Menjaga kesehatan tulang, karena terdapat 140 miligram kalsium dan 274 miligram fosfor dalam setiap 6 ons lobster.
  8. Dapat menjadi sumber tenaga karena kandungan protein ekstra pada lobster.
  9. Meningkatkan kesehatan otak, karena memiliki kandungan vitamin B12 yang dapat meningkatkan fungsi ingatan serta pemahaman menjadi lebih baik.
  10. Menurunkan tekanan darah karena adanya kandungan asam lemak omega-3.

Daerah Penghasil Jenis Lobster Terbaik di Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan alam yang beragam, khususnya kekayaan alam di wilayah perairan. Tak heran, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil lobster terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, ada beberapa daerah penghasil lobster terbaik, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Nusa Tenggara Barat

Daerah ini menghasilkan berbagai jenis lobster, seperti lobster batik, lobster mutiara, lobster batu, lobster bambu dan lobster pasir. Menurut data dislutkan.ntbprov.go.id menyatakan bahwa daerah NTB merupakan daerah sumber lobster terbesar sekaligus daerah penghasil terbesar di Indonesia.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  • Gunung Kidul

Daerah ini menghasilkan jenis lobster bambu, lobster mutiara, lobster batik, lobster pakistan, lobster pasir dan lobster batu.

  • Pacitan

Wilayah di Jawa Timur ini menghasilkan jenis lobster pasir dan lobster batu. Perairan selatan jawa memiliki habitat berupa karang dan terumbu karang.

Berdasarkan penjelasan diatas, kita tahu bahwa lobster memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Sehingga kita tahu mengapa lobster banyak diburu oleh banyak orang meskipun harganya cukup mahal. Meskipun banyak manfaatnya, lobster ini memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kita perlu membatasi ketika mengkonsumsinya.

 

Penulis: Nurul Julianti Hasanah 

Dikurasi oleh: Ziyadatul Hikmah

 

Referensi Literature

Detikfinance. (2020, November 29). Daerah Penghasil Lobster Terbaik di Indonesia. Mau Tahu Daerah Penghasil Lobster Terbaik di Indonesia? Ini Daftarnya. Retrieved Januari 6, 2021, from https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5274124/mau-tahu-daerah-penghasil-lobster-terbaik-di-indonesia-ini-daftarnya#google_vignette

Kumparan. (2020, November 25). Definisi Lobster. Fakta Lobster: Definisi Hingga Manfaat untuk Kesehatan. Retrieved Januari 2, 2021, from https://m.kumparan.com/amp/dasar-binatang/fakta-lobster-definisi-hingga-manfaat-untuk-kesehatan-1uesiqkhmeX

Liputan6.com. (2020, Desember 4). Manfaat Lobster. 10 Manfaat Lobster untuk Kesehatan, Lindungi dari Berbagai Penyakit. Retrieved Januari 5, 2021, from https://m.liputan6.com/hot/read/4425229/10-manfaat-lobster-untuk-kesehatan-lindungi-dari-berbagai-penyakit

Tempo. (2020, Desember 1). Jenis-Jenis Lobster. LIPI Beberkan 7 Jenis Lobster di Indonesia, Termahal Rp 1,5 Juta per Kilogram. Retrieved Januari 4, 2021, from https://tekno.tempo.co/amp/1410395/lipi-beberkan-7-jenis-lobster-di-indonesia-termahal-rp-15-juta-per-kilogram

 

Referensi Gambar

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Lobster 

https://www.tagar.id/lima-lobster-dengan-nilai-jual-tinggi-di-indonesia 

https://lobsteronlineaceh.blogspot.com/2019/08/lobster-batu.html?m=1#.X_auv_gxeDY 

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Panulirus_longipes 

https://m.tokopedia.com/hatima/lobster-bambu 

https://gopangandaran.com/product/lobster-laut-pangandaran-jenis-batik-ukuran-500-gram/

https://id.pinterest.com/pin/805159239609907454/?amp_client_id=CLIENT_ID%28_%29&mweb_unauth_id=&_url=https%3A%2F%2Fid.pinterest.com%2Famp%2Fpin%2F805159239609907454%2F&from_amp_pin_page=true 

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Subang. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!