Tanaman yang Tumbuh Cepat di Dunia: Beberapa Jenisnya

Ketika berbicara tentang pertumbuhan tanaman, khususnya pohon, biasanya yang terlintas mengenai lamanya waktu pohon-pohon ini mengalami pertumbuhan. Namun, hal ini tidak berlaku dengan beberapa tanaman yang ada. Ada jenis-jenis tanaman tertentu yang justru mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Berikut tanaman-tanaman, baik pohon atau bukan pohon, yang tumbuh sangat cepat di dunia.

Ads

Akasia Termasuk dalam Tanaman yang Tumbuh Cepat

Akasia adalah jenis tanaman yang termasuk dalam kerabat kacang polong. Tanaman ini dapat ditemukan di kawasan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Di Afrika, akasia populer sebagai ikon pada rumput dan sabana. Pada umumnya, akasia memiliki duri, terutama akasia yang tumbuh di daerah yang kering. Akasia memiliki kemampuan tumbuh lebih dari 30 kaki tingginya dan dapat terjadi hanya dalam 12-14 bulan. Setiap harinya, akasia selalu menunjukkan pertumbuhan yang jelas dan biasanya dapat tumbuh beberapa inci dengan rutin setiap harinya.

tanaman tumbuh cepat
Gambar 1. Akasia

Bambu Termasuk dalam Tanaman yang Tumbuh Cepat

Bambu merupakan tanaman yang termasuk dalam kerabat rumput Poaceae. Tanaman ini termasuk salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan sangat cepat. Beberapa spesies bambu dapat tumbuh setiap harinya setinggi 10 cm. Bahkan, ada jenis bambu yang pernah tumbuh hingga 88 cm setiap harinya. Tidak heran jika banyak furnitur, bahan bangunan, dan kebutuhan lainnya yang menggunakan bambu karena cepatnya tanaman ii berkembang biak. Struktur akar bambu menyebar di bawah tanah sehingga memiliki potensi untuk satu pohon dapat memberi hasil beberapa pucuk dan mengalami pertumbuhan horizontal.

tanaman tumbuh cepat
Gambar 2. Bambu

Alga Termasuk dalam Tanaman yang Tumbuh Cepat

Alga juga merupakan salah satu tanaman yang dapat mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Selain itu tanaman ini juga memiliki keahlian dalam mengubah karbon dioksida (CO2) dalam skala yang cukup besar. Alga dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu makroalga dan mikroalga. Mikroalga dapat tumbuh sangat cepat, bahkan pertumbuhannya dapat terjadi dua kali lipat panjangnya dalam waktu 1 hari penuh saja. Makroalga juga dapat tumbuh dengan cepat hingga mencapai ukuran yang besar, baik di laut maupun di air tawar. Alga dapat tumbuh hingga mencapai 12 inci setiap minggu dan memang tanaman ini dianggap beracun untuk manusia.

Baca juga: Belalang Ranting, Serangga Terpanjang dari Hutan Kalimantan

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kapuk Timur

Kapuk timur merupakan tanaman besar yang dapat mengalami pertumbuhan yang sangat cepat juga. Pada umumnya, tanaman ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah dan di sepanjang aliran sungai. Tanaman ini biasanya memiliki ukuran yang besar dan perakaran yang tembus. Kapuk timur dapat mengalami pertumbuhan hingga 40 meter dengan diameter barangnya dapat mencapai 1,8 m. Pohon ini merupakan salah satu pohon hardwood terbesar di daerah Amerika Utara. Tiap tahunnya, pohon ini dapat mengalami pertumbuhan hingga 5 kaki.

 

Gambar Cottonwood – Wanaswara
Gambar 3. Kapuk Timur

Sequoia Raksasa

Sequoia raksasa merupakan salah satu pohon gigantis yang ada di dunia. Pohon ini dapat diperkirakan memiliki umur hingga 2.700 tahun, bahkan sequoia raksasa tertua yang diketahui berumur 3.500 tahun. Ketinggian tanaman ini dapat mencapai 286 kaki atau lebih. Hanya dalam kurun waktu 6-8 tahun, pohon ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran penuh. Tanaman ini terjadi secara alami hanya di satu tempat di Bumi, yaitu di lereng barat Pegunungan Sierra Nevada di California, pada ketinggian 5.000 hingga 8.000 kaki di atas permukaan laut.

Gambar Pohon Sequoia – Wanaswara
Gambar 4. Pohon Sequoia Raksasa

Hibrida Poplar

Hibrida poplar adalah tanaman yang juga dapat mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Tanaman ini masuk ke dalam famili Salicaceae. Tanaman ini memiliki keragaman genetik yang besar dan dapat tumbuh hingga mencapai 50 meter dengan batang berdiameter 2,5 meter. Hibrida Poplar ini ternyata memiliki tinggi dan lebar yang variatif setiap batangnya. Poplar mudah dibedakan dan dikenali dari daunnya yang berbentuk mirip hati dan bergigi kecil. Tiap tahunnya, pohon ini dapat mencapai hingga ketinggian 10 kaki dan siap panen dalam waktu 5 tahun.

Pohon Royal Empress

Pohon royal empress merupakan pohon gugur yang termasuk dalam kerabat Paulowniaceae. Tanaman yang termasuk ke dalam tanaman yang sangat cepat tumbuh ini berasal dari Cina tengah dan barat. Di Amerika Utara, tanaman ini dapat tumbuh hingga 25 meter tingginya. Uniknya, tanaman ini ternyata memiliki kemampuan untuk tahan terhadap api atau kebakaran. Hal ini disebabkan karena akarnya mampu beregenerasi baru dan juga memiliki batang yang tumbuh sangat cepat juga.

Gambar 5. Pohon Royal Empress
Gambar 5. Pohon Royal Empress

 

Penulis: Mikhael Sihite

Dikurasi oleh: Citra Isswandari Putri

 

Referensi Literatur:

Cary, Z. 2019. Top 12 Fastest Growing Plants In The World. Tersedia dalam: https://earthnworld.com/fastest-growing-plants-in-the-world/. Diakses pada 24 Februari 2021.

Ekor9.com.10 Tanaman yang Cepat Tumbuh dari Berbagai Penjuru Dunia. Tersedia dalam: https://www.ekor9.com/tanaman-yang-cepat-tumbuh/. Diakses pada 24 Februari 2021.

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya.

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!