Kampanye Alam Play2Plant

Pantai Bahagia, Bekasi – Bersama dengan LindungiHutan, Kayboard.id membentuk sebuah kampanye alam yang diberi nama “Play2Plant” pada Oktober 2020 yang lalu. Kampanye yang berupa aksi penanaman bibit mangrove ini dilakukan untuk menanggulangi kerusakan alam di Pantai Bahagia, Bekasi, Jawa Barat yang mengalami abrasi cukup parah. Kerusakan ini menyebabkan berbagai masalah bagi lingkungan dan masyarakat seperti, tenggelamnya kawasan pemukiman, rusaknya ekosistem bakau, hingga banjir rob yang rutin terjadi. Tentunya hal ini akan semakin mengancam lingkungan dan keberlangsungan hidup penduduk sekitar. Oleh karena itu, Keyboard.id berkolaborasi bersama LindungiHutan membentuk sebuah kampanye alam dengan harapan memulihkan kelestarian lingkungan dan kehidupan masyarakat sekitar, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Ads

Tentang Kami, Kayboard.id

Berawal dari kecintaan seorang ibu yang menyediakan mainan edukasi untuk menemani tumbuh kembang buah hatinya dan didukung oleh ayahnya yang gemar berkreasi dengan potongan kayu, Kayboard.id berdiri pada tahun 2019 sebagai produsen mainan anak berbahan kayu . Kini, Kayboard.id hadir untuk menyediakan mainan dengan desain yang mempertimbangkan minat dan kebutuhan anak. 

Gambar 1 Akun Instagram Kayboard.id
Gambar 1 Akun Instagram Kayboard.id

Di Kayboard.id, kami menggunakan material kayu berkualitas serta hanya menggunakan pewarna non-toxic. Kami menyadari bahwa dalam menjalankan produksi, kami sangat bergantung pada kayu sebagai material utama produk-produk kami. Itulah sebabnya Kayboard.id bersama LindungiHutan mengadakan kampanye alam Play2Plant. Kami berharap agar langkah kecil ini dapat membantu keberlangsungan ekosistem pohon serta mendukung terciptanya lingkungan asri untuk generasi yang akan datang.

Kampanye Alam Play2Plant Kayboard.id X LindungiHutan

Dua puluh tahun lalu, kawasan Kampung Beting, Pantai Bahagia, Bekasi adalah kawasan tambak yang menunjang penghasilan penduduk sekitar kala itu. Saking menjanjikannya penghasilan tambak, kawasan ini sampai disebut “Kampung Dolar”. Namun layaknya dua sisi mata uang, kerusakan tak terelak manakala perluasan pembuatan tambak semakin menjadi tanpa memperhatikan keberlangsungan ekosistem hutan mangrove.

Kini yang tersisa adalah banjir dan abrasi pantai. Hampir sepanjang tahun, rumah-rumah di kawasan ini terendam banjir rob. Sementara laju abrasi kian serius.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Gambar 2 Kampanye Alam Play2Plant
Gambar 2 Kampanye Alam Play2Plant

Untuk itulah diperlukan replantasi mangrove di kawasan pantai Bahagia. Kayboard.id bersama LindungiHutan membentuk kampanye alam Play2Plant dengan membuka donasi sebesar Rp15.000,00 untuk setiap bibit mangrove Kampanye ini direncanakan akan diselenggarakan tanggal 20 Desember 2021 mendatang. 

Jenis bibit yang akan ditanam adalah Rhizophora, yaitu jenis bakau yang menyukai lingkungan tergenang air sepanjang tahun serta kaya akan humus. Dibandingkan dengan jenis bakau lainnya, Rhizophora lebih toleran terhadap genangan air dan seringkali membentuk daerah cemara. Bakau jenis ini berbunga sepanjang tahun sehingga potensial untuk penyediaan bibit bakau selanjutnya. Selain menahan abrasi, pohon mangrove juga bernilai ekonomis, dari menjadi bahan makanan khas hingga habitat kepiting yang dapat dijual oleh warga sekitar. Nantinya saat habitat mangrove rimbun dan terjaga baik, kawasan ini akan menjadi habitat alami bagi hewan-hewan bakau, lingkungan observasi pendidikan, serta garda terdepan ombak laut. Bersama Lindungihutan, semangat menanam untuk Bumi yang lebih hijau

 

Kontributor: Fitria Bimasa

 

Referensi Gambar:

Kayboard.id. (n.d.). [Screenshot] Instagram https://www.instagram.com/kayboard.id/

LindungiHutan. (2020, 12 Oktober). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/kayboardid

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya.

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!