Kampanye Alam: Ubah Barang Bekasmu Menjadi Berkah Untuk Bedono

Kampanye Alam Treecycle
Kampanye Alam ‘Ubah Barang Bekasmu Menjadi Berkah untuk Bedono’ © LindungiHutan

Campaign atau kampanye adalah sesuatu kegiatan penyampaian informasi yang terencana, bertahap dan terkadang memuncak pada suatu saat bertujuan mempengaruhi sikap, pendapat dan opini seseorang atau massa. Kali ini, kampanye alam yang dibahas yaitu Ubah Barang Bekasmu Menjadi Berkah Untuk Bedono. Lalu, bagaimana penjelasannya? Mari disimak. 

Ads

Deskripsi Kampanye Alam “Ubah Barang Bekasmu Menjadi Berkah Untuk Bedono”

“Halo sahabat alam, perkenalkan kami Treecycle merupakan project yang rilis pada Juli 2020. Visi kami melakukan pengurangan limbah industri yang terbuang ke lingkungan dan melakukan pelestarian alam.”

Dibuat: Ubah Barang Bekasmu Menjadi Berkah Alam | Jul 23, 2020

Lokasi: Desa Bedono, Demak | Kota: Demak

Kami ada untuk membantu mengurangi limbah industri yang tidak terpakai dengan cara melelang barang tidak terpakai dan mengajak untuk donasi bibit pohon sebagai aksi melakukan penghijauan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Di sini kami akan mempertemukan antara tukang lelang barang dan pemenang lelang. Hasil pelelangan akan didonasikan sesuai kesepakatan, kemudian akan dikonversikan menjadi bibit pohon. Bibit tanaman yang didonasikan akan ditanam di Dukuh Rejosari Senik, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kota Demak yang mengalami abrasi parah, dengan luas kawasan terkena dampak mencapai 2.116,54 hektar yang menyebabkan garis pantai mundur sepanjang 5,1 kilometer dari garis pantai di tahun 1994 lalu.

Mengapa Kampanye Alam Ini Dibuat?

Menurut Daniel Murdiyarso, peneliti iklim dari Pusat Penelitian Hutan Internasional (CIFOR, 2014), satu hektar mangrove mampu untuk menyerap antara 600-1800 ton karbon atau jika digunakan rataan maka 1.200 ton karbon dapat dipertahankan dalam 1 hektar bentang hutan mangrove.

Kegiatan manusia seperti proses industri, menebang hutan, membakar hutan, menggunakan bahan bakar fosil, menggunakan kendaraan bermotor secara berlebihan dapat menghasilkan karbon yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Pemanasan global ditandai dengan perubahan iklim dan mencairnya gunung-gunung es yang mengakibatkan kenaikan permukaan laut yang dapat menyebabkan bencana alam seperti tsunami, banjir, dan tenggelamnya pulau. Berikut beberapa upaya yang dilakukan untuk mengurangi efek pemanasan global:

  • Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor menghasilkan gas karbondioksida yang merupakan polutan yang dapat merusak lapisan ozon dan sebagai faktor pemanasan global. Dengan menggunakan kendaraan bermotor seperlunya atau mengganti dengan kendaraan ramah lingkungan kamu sudah turut membantu untuk mengurangi dampak pemanasan global.

  • Menjaga Kelestarian Alam

Para pelaku usaha, seperti usaha kecil, menengah, maupun besar pasti menggunakan sumber daya alam dalam melakukan proses produksi. Akibatnya ketersediaan sumber daya alam (SDA) menjadi semakin berkurang. Bukan hanya itu, terkadang para pelaku usaha ini juga menebang atau membakar hutan untuk membuka lahan usahanya. Hal ini tentu semakin mengancam kelestarian alam. Menanam kembali pohon di lahan yang ditebang atau dibakar merupakan langkah nyata yang bisa dilakukan untuk mengatasi pemanasan global.

  • Menghemat Pemakaian Listrik

Aktivitas manusia sekarang sangat bergantung pada energi listrik. Sedangkan energi listrik yang kita gunakan berasal dari pembangkit daya yang digerakkan dengan bahan bakar minyak atau batu bara. Hal ini menyumbangkan polusi udara yang dapat menyebabkan pemanasan global. Penggunaan listrik yang sangat berlebihan dapat menimbulkan pemanasan global. Dengan menghemat penggunaan listrik berarti berkontribusi mengatasi pemanasan global, selain itu kita juga bisa hemat energi dan hemat biaya.

  • Mengendalikan Limbah

Pengelolaan limbah padat atau sampah dengan cara dibakar dapat mengeluarkan gas dan partikel berbahaya ke udara. Gas dan partikel berbahaya ini menimbulkan efek rumah kaca yaitu panas matahari terperangkap di suatu permukaan bumi. Dengan mengelola limbah dengan benar, baik limbah rumah tangga maupun limbah industri, maka hal ini dapat membantu mengatasi pemanasan global.

Apa Yang Akan Kamu Dapatkan? 

Jika kamu bergabung bersama treecycle kamu bisa berkontribusi mengurangi limbah padat industri, mendapat keuntungan sesuai sistem bagi hasil yang telah disepakati sekaligus berdonasi bibit pohon sebagai aksi melakukan penghijauan.

Ayo lakukan perubahan, Mari jaga bumi ini bersama, ubah barang tidak terpakaimu menjadi berkah alam. Kebaikan yang kamu lakukan untuk kebaikan masa depan anak cucumu.

Penulis : Arif Hidayat

Sumber : LindungiHutan. Ubah Barang Bekas mu Menjadi Berkah Untuk Bedono. https://lindungihutan.com/TreeCycleBedono. Diakses pada 17 September 2020.

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks