Kampanye Alam Vert Terre, A Tale of Trees

Kampung Laut, Cilacap – Bersama dengan LindungiHutan, Vert Terre membentuk sebuah kampanye alam yang diberi nama “A Tale of Trees” pada 25 September 2020 yang lalu. Kampanye yang berupa aksi penanaman pohon ini dilakukan untuk menanggulangi kerusakan alam di pesisir Kampung Laut, Cilacap yang mengalami abrasi dalam intensitas yang tinggi. Kerusakan itu telah menyebabkan berbagai masalah bagi lingkungan dan masyarakat, seperti tenggelamnya daratan, rusaknya ekosistem sekitar, intrusi air laut, hingga meningkatnya resiko terjadinya berbagai bencana alam. Tentunya, semua itu akan mengancam keberlangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, Vert Terre bekerja sama dengan LindungiHutan membentuk sebuah kampanye alam dengan harapan memulihkan kelestarian lingkungan dan kehidupan masyarakat sekitar, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan.

Ads
Gambar 1 Kampanye Alam Vert Terre © LindungiHutan
Gambar 1 Kampanye Alam Vert Terre © LindungiHutan

Kegiatan kampanye ini berhasil dijalankan pada tanggal 1 Februari 2021. Kampanye ini berhasil mengumpulkan dan menanam 200 bibit mangrove di pesisir Kampung Laut, Cilacap. Keberhasilan aksi penanaman bibit mangrove ini dibantu oleh tim LindungiHutan, Patra Krida Wana Lestari, dan 4 peserta gabung aksi. Aksi penanaman ini diharapkan dapat menanggulangi segala kerusakan alam yang ada dan membantu masyarakat sekitar pesisir.

Apa Itu Vert Terre?

Vert Terre merupakan sebuah toko kecil di Yogyakarta yang menjual segala produk ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka menyadari bahwa terdapat banyak produk sehari-hari yang dapat merusak lingkungan melalui produksi dan limbah yang dihasilkan. Oleh karena itu, pendiri Vert Terre memutuskan untuk membentuk sebuah toko kecil untuk menyediakan segala keperluan sehari-hari yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.

Pada saat yang sama, Vert Terre memiliki misi meningkatkan penjualan produk lokal yang ramah lingkungan. Mereka melihat bahwa hampir semua produk ramah lingkungan yang ada di pasaran merupakan barang impor. Padahal, Indonesia memiliki banyak produsen lokal yang menyediakan produk ramah lingkungan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, Vert Terre memutuskan untuk mempromosikan dan menjual produk lokal yang ramah lingkungan, seperti tas belanja, botol minum, tempat makan, produk kecantikan, dan keperluan rumah tangga lainnya. Sebagian besar produk ini didapatkan dari produsen lokal di sekitar Yogyakarta.

Gambar 2 Akun Instagram Vert Terre © Instagram
Gambar 2 Akun Instagram Vert Terre © Instagram

Selain itu, Vert Terre menyebarkan informasi produk ramah lingkungan pada masyarakat luas. Informasi ini disebarkan melalui akun Instagram @vert.ere, podcast, dan TikTok untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk ramah lingkungan dan mendorong masyarakat untuk membeli produk lokal. Vert Terre juga memutuskan untuk membuka toko online di Shopee untuk memudahkan masyarakat Indonesia membeli produk mereka.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kampanye Alam Vert Terre

Di sisi lain, Vert Terre memiliki keinginan untuk memberikan kontribusi nyata untuk pelestarian lingkungan Indonesia. Seperti yang kita tau, sebagian besar alam Indonesia telah rusak karena berbagai aktivitas manusia. Akibatnya, banyak masalah lingkungan yang ditimbulkan, seperti abrasi, banjir, tanah longsor, dan lain-lain. Salah satu tempat di Indonesia yang mengalami kerusakan alam yang parah adalah pesisir Cilacap. Area pesisir ini mengalami abrasi parah yang kian lama kian menenggelamkan daratan dan permukiman warga. Melihat keadaan ini yang memprihatinkan ini, Vert Terre memutuskan untuk bekerja sama dengan LindungiHutan membentuk sebuah kampanye alam berupa penanaman bibit mangrove di pesisir untuk menanggulangi kerusakan alam.

Gambar 3 Penanaman Bibit Mangrove © Dokumentasi Tim LindungiHutan
Gambar 3 Penanaman Bibit Mangrove © Dokumentasi Tim LindungiHutan

Mereka membentuk sebuah kampanye alam berupa penggalangan dana dan penanaman bibit mangrove yang telah berjalan selama 4 bulan. Mereka mengajak seluruh kalangan masyarakat Indonesia, terutama generasi muda sebagai penggerak perubahan, untuk ikut serta dan berkontribusi dalam upaya melestarikan pesisir Kampung Laut. Mereka melakukan semua itu melalui jaringan sosial media mereka dan LindungiHutan serta laman khusus LindungiHutan. Mereka berharap dengan menyebarkan informasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. 

Untuk menyukseskan kampanye ini, Vert Terre membuat dua produk yang profit penjualannya akan dipakai untuk membeli bibit pohon mangrove jenis Rhizopora sp. Usaha mereka ini berhasil mengumpulkan 200 bibit pohon mangrove yang memiliki tinggi 80 cm dan diameter kurang dari dua centimeter dalam kondisi yang baik. Seluruh rangkaian kampanye ini menghabiskan dana sebesar Rp 2.000.000,00. 

Ayo Berubah Untuk Selamatkan Bumi!

Sadar atau tidak, banyak dari aktivitas sehari-hari kita yang telah merusak lingkungan. Ambil saja penggunaan plastik sebagai contoh. Hampir semua produk yang ada di dunia menggunakan plastik karena ekonomis dan efisien. Sayangnya, plastik memberikan berbagai dampak negatif bagi lingkungan, seperti jejak karbon yang tinggi, pencemaran tanah, pencemaran air, dan ancaman bagi berbagai satwa. Tentunya, hal ini juga akan mengancam keberlangsungan hidup manusia dengan adanya krisis air bersih, kerusakan ekosistem, pemanasan global, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus mengambil langkah untuk mengubah kebiasaan demi keberlangsungan hidup manusia.

Gambar 4 Hasil Penanaman Bibit Mangrove © Dokumentasi Tim LindungiHutan
Gambar 4 Hasil Penanaman Bibit Mangrove © Dokumentasi Tim LindungiHutan

Selain mengubah kebiasaan, kita juga harus mengambil langkah nyata melestarikan lingkungan. Perubahan kebiasaan tidaklah cukup untuk mengatasi masalah lingkungan yang ada. Kita juga harus mengambil aksi nyata untuk melestarikan dan melindungi alam dengan berkontribusi melalui berbagai kampanye alam, berdonasi, menyebarkan informasi, menanam pohon, dan lain-lain. Memang akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memulihkan alam, tetapi itu akan setimpal dengan hasil yang akan kita dapatkan di masa yang akan datang.

Seluruh rangkaian kampanye ini merupakan salah satu bentuk kontribusi untuk pelestarian alam yang dilakukan oleh LindungiHutan dan Vert Terre. Mereka melakukan semuanya itu untuk memulihkan pesisir Kampung Laut yang mengalami abrasi parah dan membantu masyarakat sekitar. Kegiatan mereka ini juga mendorong berbagai kalangan masyarakat untuk ikut serta melestarikan alam demi keberlangsungan hidup manusia. Kita juga dapat berkontribusi untuk melestarikan lingkungan dengan membentuk atau ikut serta dalam berbagai kampanye alam yang ada di LindungiHutan. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo selamatkan bumi!

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Gambar:

LindungiHutan. (2020, September 25). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/vertterre

Vert Terre. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/vert.erre/?hl=en

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!