Dua Kegiatan yang Perlu Dilakukan Sebelum Menanam Mangrove

Persiapan Penanaman Mangrove di Pesisir Lepas
Persiapan Penanaman Mangrove di Pesisir Lepas

Sahabat, Selamat Hari Mangrove Sedunia!! Selamat Menanam Mangrove!

Ads

Apakah Anda berencana akan menanam mangrove dalam waktu dekat ini? Sudah pernah menanam mangrove sebelumnya? Sebelum menanam bibit mangrove, ada dua hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan menanam mangrove Anda berjalan dengan baik.

Persiapan Lokasi Menanam Mangrove

Seluk beluk lokasi penanaman merupakan hal yang perlu diketahui di awal kegiatan, untuk itu perlu dilakukan survey pendahuluan. Di dalam survey tersebut, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Akses lokasi

Apakah lokasi penanaman aksesibel untuk penanaman dengan orang banyak? Apakah ada alat bantu transportasi (misal mobil pick-up, kapal, dll) disana? Lokasi penanaman apakah aman dari resiko hewan buas atau lumpur yang dalam? Hal-hal tersebut bisa menjadi tolak ukur Sahabat dalam mempertimbangkan lokasi penanaman.

Baca Lainnya : #Opini : Spanduk Raksasa di Ikon Kota Jakarta

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  • Waktu pasang surut

Mangrove merupakan ekosistem yang tergantung pasang surut air, sehingga dalam kegiatan penanaman, perlu juga diketahui kapan pasang tertinggi di lokasi tersebut. Usahakan menanam ketika belum terlalu pasang dan selesai sebelum jam pasang tertinggi. Diskusikan kepada warga sekitar atau kelompok tani mangrove sebaiknya penanaman dilakukan jam berapa.

  • Kesesuaian jenis

Ketika survey, perlu juga dilihat jenis apa yang dominan tumbuh disana, dan usahakan menanam jenis yang sama supaya keberhasilan penanaman yang akan dilakukan lebih tinggi.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Mangrove yang Tertanam dan Tumbuh dengan Baik
Mangrove yang Tertanam dan Tumbuh dengan Baik
  • Dukungan kelompok warga sekitar

Lokasi penanaman Anda dekat dengan pemukiman warga? Ajak juga mereka untuk menanam dan membantu Anda menjaga mangrove yang sudah ditanam. Jangan sampai justru merekalah penyebab gagalnya penanaman Anda.

Baca Lainnya : Program Penghijauan Berkelanjutan untuk Indonesia

  • Kegiatan lain yang bisa dilakukan

Mangrove Camp? Bersih sampah? Piknik di pantai?? Ada banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan setelah penanaman loh Sahabat.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan Sembari Menanam Mangrove
Kegiatan yang Dapat Dilakukan Sembari Menanam Mangrove (Sumber : harianbhirawa)

Persiapan Diri

Selain persiapan lokasi, persiapan diri sebelum penanaman juga tidak kalah pentingnya. Jangan sampai Anda tumbang sebelum menanam. Jaga kondisi tubuh dan jangan lupa makan sebelum Anda menanam ya Sahabat.

Selain itu, siapkan juga “peralatan tempur” untuk penanaman, seperti: kaos dan celana panjang yang nyaman, topi, alas kaki (booties), air minum dan snack ringan, lotion anti nyamuk, dan obat pribadi.

MUNAS 2018 180407 0032 – WanaswaraJadi, apakah Sahabat sudah siap melakukan kegiatan menanam mangrove? Happy mangroving! (Kika)

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!