Keindahan Hutan Hallerbos, Bak Negeri Dongeng

Hutan Hallerbos, Belgia

Gambar 1 Hamparan Karpet Bunga Bluebell di Hutan Hallerbos, Belgia
Gambar 1 Hamparan Karpet Bunga Bluebell di Hutan Hallerbos, Belgia

Terdapat sebuah dongeng yang dikenal masyarakat di Hogebermweg, Belgia. Konon, di sebuah hutan terdapat peri tua yang setiap setahun sekali di bulan April mengunjungi Hutan Hallerbos. Peri itu merasa bosan dengan warna hutan yang terasa kusam saat musim dingin, ia pun mengangkat tongkat sihirnya dan mengubah seluruh hutan menjadi lautan bunga berwarna ungu. Setelah itu, banyak orang yang berkunjung untuk melihat keajaiban alam Hutan Hallerbos. Sejak itu, Hutan Hallerbos diberi julukan The Blue Forest atau Hutan Biru. 

Ads

Keindahan warna ini berasal dari ribuan bunga berwarna ungu-biru yang bermekaran yang biasa dikenal dengan nama bunga bluebell. Bagaikan karpet berwarna ungu yang terhampar luas, Hutan Hallerbos menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi. Tidak hanya tampilannya, semerbak harumnya pun memenuhi seluruh tempat Hutan Hallerbos. Selain kecantikan hamparan bunga bluebell, Hutan Hallerbos juga patut dikunjungi untuk melihat pohon sequoia yang merupakan pohon raksasa di Hutan Hallerbos. Hutan Hallerbos merupakan hutan publik yang terbentuk secara alami, tidak ada biaya masuk atau jam buka yang perlu diperhitungkan. Hutan ini selalu terbuka kapan pun bila ingin dikunjungi. 

Kapan Bunga Bluebell Bermekaran?

Gambar 2 Bunga Akan Bermekaran Saat Musim Semi
Gambar 2 Bunga Akan Bermekaran Saat Musim Semi

Bunga bluebell akan mekar sekitar pertengahan April dan awal Mei atau awal musim semi dan panas di Belgia. Namun, waktu pasti untuk bunga bluebell berbunga sedikit berbeda dari tahun ke tahun, umumnya minggu kedua bulan April adalah waktu terbaik untuk dikunjungi.Cuaca juga mempengaruhi mekarnya bunga bluebell. Tanah tempat tumbuhnya bunga harus cukup hangat dan mendapatkan banyak sinar matahari, jadi bisa dikatakan musim bunga tersebut tidak lama. Terkadang kondisinya yang berkabut sering meninggalkan kesan mistis dan suasana misterius di hutan, sehingga mengundang banyak masyarakat dan fotografer untuk mengabadikan momen tersebut. Pengunjung yang datang dapat berjalan-jalan di jalan setapak yang berkelok-kelok. Para pengunjung akan diingatkan untuk tetap pada jalur yang telah disediakan saat berjalan di dalam hutan. Karena berjalan di antara bunga akan merusak dan mencegah bunga untuk tumbuh di tahun berikutnya. 

Gambar 3 Tampak Seekor Rusa yang Tertangkap Kamera Sedang Menyusuri Hutan 
Gambar 3 Tampak Seekor Rusa yang Tertangkap Kamera Sedang Menyusuri Hutan

Hutan ini merupakan hutan yang penting untuk kelestarian alam di Belgia. Luasnya sekitar 535 hektar dengan luas 100 hektarnya merupakan area yang dilindungi dan dijaga kelestariannya oleh pemerintah. Hutan Hallerbos yang terletak di kotamadya Halle antara Flanders dan Wallonia, sekitar 25 km dari Brussel ini memiliki keunikan dibandingkan hutan lainnya karena kepadatan bunga dan keindahan mekarnya. Sementara Hallerbos sebagian besar dikenal dengan bluebell-nya. Hutan ini menampilkan semua jenis alam di setiap musim termasuk pohon ek, kabut, pinus, beech, sequoia raksasa, dan pohon larch, serta satwa liar seperti tupai, rubah, kelinci, rusa yang berkeliaran, dan hampir 100 spesies burung yang berbeda. 

Hutan Hallerbos juga dikenal dengan hutan purba raksasa. Hutan yang sudah ada sejak zaman Romawi kuno telah ada sejak Perang Dunia I dan terkena dampak olehnya. Sebagian besar hutan telah dihancurkan saat perang terjadi, beruntungnya berkat penanaman kembali dalam skala yang cukup besar setelah perang, hutan cantik ini bisa selamat dan terus berkembang sampai saat ini. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Rencanakan Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Hutan Hallerbos

Gambar 4 Salah Satu Pengunjung yang Sedang Menikmati Suasana Alam di Hutan Hallerbos
Gambar 4 Salah Satu Pengunjung yang Sedang Menikmati Suasana Alam di Hutan Hallerbos

Hutannya sangat luas, jadi sebelum datang para pengunjung mungkin bisa memeriksa situs web resmi untuk mengunduh peta digital. Situs web resmi juga bisa membantu merencanakan kunjungan karena menerbitkan pembaruan rutin kapan bunga akan bermekaran. Perlunya merencanakan kunjungan karena jika datang terlalu awal bunga akan jarang terlihat dan jika terlambat, pohon beach akan memiliki banyak daun sehingga menghalangi cahaya matahari masuk dan menyebabkan bunga mulai layu. Hutan akan dalam kondisi terbaik selama 7-10 hari. 

Saat bunga bermekaran, banyak wisatawan akan berkunjung, hindari berkunjung di akhir pekan untuk pengalaman yang lebih menenangkan. Namun meski akan berdatangan banyak orang, hutan seluas 535 hektar ini begitu luas, sehingga para pengunjung bisa leluasa untuk menyusuri setiap sudut hutan. Jejak bluebell akan menuntun melewati jantung Hutan Hallerbos. Jalan setapaknya mudah diikuti dan menawarkan pemandangan indah dari warna ungu dan biru yang indah ini. Saat berkunjung, para wisatawan bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda mengitari kawasan hutan. Matahari yang bersinar masuk melalui celah-celah daun pun menciptakan permainan cahaya yang indah. 

 

Penulis: Firas Zakir

 

Referensi Artikel: 

Hallerbos. 2019. everythingbrussels.be. Accessed April, 12 2021, from

https://www.everythingbrussels.be/en/brussels/must-see-places-in-brussels/hallerbos

Hallerbos: How To Visit The Bluebell Forest in Belgium. 2021. fullsuitcase.com. Accessed April, 12 2021, from https://fullsuitcase.com/hallerbos/

Indahnya hamparan bunga bakung di hutan Hallerbos, Belgia. 2014. merdeka.com. Accessed April, 12 2021, from https://www.merdeka.com/gaya/indahnya-hamparan-bunga-bakung-di-hutan-hallerbos-belgia.html

The Blue Forest – Halle, Belgium. (n.d). atlasobscura.com. Accessed April, 12 2021, from https://www.atlasobscura.com/places/the-blue-forest-halle-belgium

 

Referensi Gambar:

Gambar 1: https://www.mentalfloss.com/article/574394/belgium-blue-forest-hallerbos-bluebells

Gambar 2: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Hallerbos20070421.jpg

Gambar 3: https://inhabitat.com/breathtaking-images-of-belgiums-mythical-hallebros-forest-covered-in-bluebells/bluebell-forest-hallerbos-belgium-kilian-schonberger-1/

Gambar 4: https://www.silvertraveladvisor.com/review/attraction/155691-arlington-bluebell-walk-arlington-bluebell-walk

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!