Kelp, Si Langka Kaya Manfaat

 

Gambar 1. Kelp Shake dari episode Spongebob Squarepant “Best Freenemies”
Gambar 1. Kelp Shake dari episode Spongebob Squarepant “Best Freenemies”

Para hadirin dan hadirat sekalian, Kelp Shake seperti yang digambarkan dalam film kartun spongebob dalam episode Best Freenemies merupakan minuman ringan yang sangat digemari masyarakat yang tinggal di Bikini Bottom. Bentuk minuman yang ditampilkan disini sebenarnya tampak seperti botol bekas yang dibuang ke laut dan telah membusuk, menumbuhkan lumut-lumut disekitarnya yang digambarkan dengan warna hijau. Kelp shake merupakan minuman ringan yang dapat membuat para penghuni laut bermutasi dan memiliki bulu seperti gorila akibat dari minuman yang sebenarnya adalah racun tersebut, seperti yang terjadi pada akhir cerita. Film ini sepertinya berpesan untuk tidak membuang sampah (plastik) ke laut sembarangan. Namun, tentu saja visualisasi yang dipakai tidak dibuat gamblang, alur cerita yang sedikit ringan untuk dipertontonkan pada anak kecil, serta pesan-pesan yang disampaikan dengan tak terduga. 

Ads

Berbalik 180° dengan di film, Kelp sesungguhnya ialah tanaman yang kaya manfaat.  Tumbuhan ini biasa disajikan dalam hidangan masakan Asia yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang tentu baik bagi tubuh kita. Penasaran apa saja manfaatnya? Kuy lah mari kita nonton Spongebob!

 Eh, mari kita simak tulisan ini!

Jadi apa itu Kelp?

Kelp, atau bisa disebut Brown algae,  termasuk dalam golongan besar rumput laut yang tumbuh di sekitar perairan dangkal pesisir laut di seluruh dunia, dimana cukup umum ditemui di Jepang dan Korea. Organisme ini membutuhkan air yang kaya nutrisi dengan suhu antara 6 dan 14 ° C agar dapat tumbuh dengan baik. Mereka juga dikenal karena tingkat pertumbuhannya yang tinggi seperti pada genus Macrocystis dan Nereocystis yang dapat tumbuh secepat setengah meter per hari[1]

Gambar . Kelp Laut (Sekedar Ilustrasi)
Gambar . Kelp Laut (Sekedar Ilustrasi)

Dari morfologinya, tumbuhan ini dapat tumbuh mencapai hingga 250 ft atau dan setidaknya memiliki 30 jenis varietas berbeda. Sebesar 21% masakan jepang setidaknya mengandung beberapa golongan tumbuhan ini yang diperkirakan sebagai alasan rentang hidup mereka diatas rata-rata[2]. Produk komersial dari bahan baku kelp tidak hanya dapat dijumpai di bikini bottom, namun juga bisa ditemui dalam produk sehari-hari seperti dalam kandungan pasta gigi, es krim, sabun dan juga kaca.  

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Gambar 3. Produk-produk dari Kelp (Hanya ilustrasi semata)
Gambar 3. Produk-produk dari Kelp (Hanya ilustrasi semata)

Selain kaya akan vitamin dan nutrisi, Kelp juga memiliki kandungan rendah lemak dan kalori.  Oleh karena itu hidangan Kelp disarankan untuk kebutuhan diet harian—sangat cocok bagi kalian semua wahai kaum wanita yang suka makan tapi pengen kurus. Kandungan terbesar utama dari Kelp adalah mineral iodin yang mana berperan dalam memproduksi hormon tiroid. Komposisi vitamin dan nutrisi yang terkandung pada Kelp antara lain yaitu Vitamin K, Vitamin A, Kalsium, Zat Besi dan Magnesium. 

 

Manfaat Utama dari Mengkonsumsi Kelp

  1. Membantu mempercepat penyembuhan luka
Gambar 4. Contoh luka ketusuk (Hanya ilustrasi)
Gambar 4. Contoh luka ketusuk (Hanya ilustrasi)

Perlu diingat untuk hadirin dan hadirat sekalian bahwasanya luka disini bukanlah luka batin apalagi luka sakit hati akibat diputusin pacar. Seperti kandungan pada rumput laut lainnya, manfaat kelp yakni kaya akan Vitamin K yang akan berkoordinasi dengan trombosit–jenis sel yang dapat membentuk gumpalan/pembekuan darah. Vitamin K bekerja untuk mengirim sinyal kimia yang membuat trombosit dapat mengumpulkan darah dan membekukannya. Selain itu, kandungan zat besi dan magnesium akan sangat bermanfaat bagi aliran darah dan pertumbuhan sel darah merah. Alhasil, luka kalian akan segera menutup dan sembuh.

 

2. Sebagai bahan makanan harian untuk diet

Gambar 5. Si gendut Jessie dalam kartun Spongebob
Gambar 5. Si gendut Jessie dalam kartun Spongebob

Jika dilihat, ikan tersebut adalah pelanggan setia Krusty Krab yang merupakan perusahaan Fast food sejak 1997. Krabby patty merupakan jenis fast food tinggi lemak yang tidak baik untuk konsumsi sehari hari. Bagi hadirin dan hadirat sekalian yang suka mengkonsumsi makanan cepat saji seperti Jessie dan berencana ingin diet, Kelp adalah sajian yang dapat anda pilih karena dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hidangan rumput laut yang tasty biasanya diolah dalam bentuk sushi wrapper atau california roll. Tidak perlu berkecil hati bagi kalian yang tidak pernah makan ke restoran Jepun. Yummyy…..!

3. Mengobati Berbagai Penyakit

Gambar 6. Contoh Orang yang Sakit (Hanya ilutrasi ya gaes)
Gambar 6. Contoh Orang yang Sakit (Hanya ilutrasi ya gaes)

Asupan anti oksidan pada tubuh mampu mencegah berbagai penyakit-penyakit ringan hingga kronis. Kelp merupakan makanan yang kaya anti oksidan, yaitu senyawa carotenoid dan flavonoid yang mampu menangkal radikal bebas. Mineral anti oksidan Magnesium dan Zinc yang ada juga mampu mengurangi stress, melindungi Kesehatan jantung dan bahkan mencegah kanker! WoW! 

Penutup

Walaupun film spongebob sudah jarang sekali tayang di televisi, saya masih tetap menjadi fanboy setia dari film legendaris anak-anak tersebut. Faktanya, kita selalu dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian apapun, bahkan dari film sebercanda Spongebob. Walaupun juga tulisan ini mengandung sedikit informasi, namun saya harap hadirin dan hadirat semua dapat menangkap poin tulisan ini. Akhir kata, bagi kalian semua mahluk-mahluk daratan yang ingin merasakan manfaat dari tumbuhan bawah laut, jangan lupa untuk mengkonsumsi Kelp dan follow Lidungihutan untuk membantu kami dalam menghijaukan bumi kita Indonesia. Salam Lestari!

Penulis : Okky Febriansyah

Daftar Acuan

[1] Thomas, D. 2002. Seaweeds. The Natural History of Museum, London. ISBN 0-565-09175-1.

[2] Healthline Media. Tahun tidak diketahui. How Kelp Can Actually Help You Lose Weight and Balance Your Hormones. Diakses melalui laman (https://www.healthline.com/health/food-nutrition/ways-to-eat-kelp-or-seaweed)

Daftar Gambar

[1] Encyclopedia of SpongeBobia. Tahun tidak diketahui. Spongebob Fandom. Dikases melalui laman (https://spongebob.fandom.com/wiki/Encyclopedia_SpongeBobia)

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!