Kenali 10 Jenis Burung Paling Membahayakan di Dunia

© Stabroeknews.com
© Stabroeknews.com

Ada banyak makhluk-makhluk indah yang memenuhi planet bumi. Jenis burung salah satu makhluk yang paling menonjol di antara semuanya. Setiap burung itu unik dan hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, ciri fisik, warna, dan lain sebagainya. Tidak jarang, banyak orang menganggap burung sebagai satwa yang tidak liar dan ramah pada manusia. Namun, perspektif mereka sepenuhnya salah.

Ads

Tidak setiap burung yang berpenampilan indah itu cantik dan ramah, beberapa burung akan sangat berbahaya jika diganggu. Burung tidak memiliki ciri-ciri fisik yang tampak berbahaya, tetapi luka yang disebabkan oleh beberapa burung bisa sangat mematikan. 

Beberapa burung paling berbahaya terkenal dengan perburuannya, serangannya terhadap manusia dan yang tidak boleh dijadikan hewan peliharaan. Berikut adalah daftar burung paling menakutkan dan berbahaya di seluruh dunia.

 

Burung Kasuari

© Theculturetrip.com
© Theculturetrip.com

Burung kasuari dijuluki sebagai burung paling berbahaya di dunia karena cakarnya yang besar dan mematikan. Jenis burung besar yang tidak bisa terbang ini dapat berdiri hingga 2 meter dengan berat mencapai 60 kilogram. Dari berbagai pengamatan, burung ini juga diketahui dapat bergerak pada kecepatan 50 km per jam. 

Burung eksotis ini dapat melukai atau membunuh manusia atau hewan seperti anjing dalam sekejap dengan cakarnya yang mematikan. Bagian kakinya ini menjadikan mereka sebagai burung yang sangat berbahaya. Kaki burung kasuari yang berotot yang terdiri dari tiga jari besar yang ujungnya berupa cakar yang kuat mampu mengakibatkan luka mematikan pada organ dalam dan pendarahan hebat bagi siapa saja yang diserangnya.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

 

Barred Owl 

© Audubon.org
© Audubon.org

Barred owl atau burung hantu belang adalah jenis burung hantu berkepala bulat yang dapat ditemukan di hutan belantara Amerika Serikat bagian selatan. Jenis burung ini relatif kecil dan tidak terlihat banyak ancaman. Beratnya sekitar 3 kilogram. Burung hantu ini memiliki panjang maksimal 21 inci dan lebar sayap antara 41 hingga 43 inci. Meskipun berukuran kecil, barred owl merupakan predator yang menakutkan bagi hewan-hewan kecil bahkan manusia.

Burung hantu belang hanya berburu di malam hari. Yang paling menarik, gaya terbang burung ini sangat tenang tanpa menimbulkan suara meskipun melalui hutan lebat. Keahlian ini juga membuat barred owl berbahaya bagi manusia. Mereka bisa menjadi sangat agresif jika diganggu. Parahnya, orang tidak dapat mendengar kedatangan burung hantu ini untuk menyerang. Saat menyerang, mereka mengincar kepala dengan cakar tajam, yang mengakibatkan luka cukup parah.

 

Burung Unta

© Parade.com
© Parade.com

Burung unta adalah burung yang tidak bisa terbang dengan ukuran terbesar di dunia. Burung unta dewasa memiliki berat hingga 150 kg dengan tinggi 2,75 meter. Mereka juga burung tercepat di dunia dengan kecepatan tertinggi hingga 43 mil per jam. Berasal dari Afrika, burung unta memiliki habitat di sabana, gurun, dan padang rumput di seluruh benua.

Burung unta bergantung pada kakinya yang panjang dan kuat sebagai senjata utama pertahanan diri, terutama dari manusia dan karnivora yang lebih besar. Berbeda dari burung lainnya, burung unta hanya memiliki dua jari di setiap kakinya, dengan ukuran cakar hingga 4 inci di setiap kaki. 

Berkat kakinya, jenis burung yang kuat ini mampu membunuh hewan lain atau bahkan manusia hanya dengan satu tendangan. Burung unta juga dapat berlari lebih cepat dari predatornya. Jika diperlukan, mereka juga menggunakan tendangannya untuk melarikan diri dari predator seperti singa dan macan tutul. Bagi manusia, serangan dari burung unta bisa berakhir dengan cedera kritis atau bahkan kematian. 

 

Snowy Owl (Burung Hantu Bersalju)

© Wallpapercave.com
© Wallpapercave.com

Berasal dari tundra kutub yang keras, burung hantu bersalju adalah salah satu spesies burung hantu terbesar dan terindah di dunia. Seperti namanya, bulu burung hantu ini didominasi oleh warna putih dengan bintik abu-abu gelap. Burung hantu besar ini biasanya memiliki berat antara 1,6 hingga 3 kilogram dengan lebar sayap hingga 60 inci. Burung hantu bersalju dapat bertahan hidup di suhu terendah, rata-rata pada suhu -50 derajat.

Daftar predator alami burung hantu bersalju di habitatnya tidak beragam, seperti rubah Arktik, jaegers dan serigala. Meski begitu, burung hantu bersalju selalu melindungi wilayahnya secara agresif. Burung hantu salju menyerang dengan cakar tajam yang tampak seperti pisau untuk menjaga wilayah dan mengusir predator. 

Burung hantu salju dikenal sebagai burung yang sangat cerdas dan mematikan. Burung hantu ini tidak hanya memangsa, namun juga menyusun strategi baru kemudian bergerak. Jika ada manusia yang menimbulkan ancaman, mereka akan mengincar kepala dan matanya hingga menimbulkan luka serius.

 

Burung Emu

© Pennlive.com
© Pennlive.com

Burung emu merupakan burung yang tidak bisa terbang dan diketahui sebagai burung terbesar kedua di dunia. Beratnya sekitar 20-60 kg dengan tinggi sekitar 1,4-2 meter. Emu dapat ditemukan di wilayah Australia. Burung ini dianggap sebagai salah satu burung yang paling berbahaya karena tendangannya. Sama halnya dengan kasuari dan burung unta, mereka menendang musuhnya dengan kaki besar hingga mampu menyebabkan korban luka parah.

Meski tidak bisa terbang, burung emu bisa berenang hingga menempuh jarak yang sangat jauh dengan kecepatan 40-50 km/jam. Seperti jenis burung kasuari dan burung unta, burung ini juga memiliki tendangan yang kuat sebagai senjatanya. Jika diprovokasi, burung emu dewasa pasti akan menyerang, tetapi peluang untuk dibunuh cenderung kecil.

 

Mute Swan

© Wemu.org
© Wemu.org

Mute swan atau angsa putih adalah salah satu burung air terbesar yang berasal dari Eropa. Burung ini dapat hidup di kolam, sungai, lahan basah, dan danau pedalaman. Bentang sayap burung besar ini mencapai 2,4 meter dengan berat rata-rata 28 pon, yang membuatnya dikenal sebagai burung terbang terberat di dunia. 

Burung dengan nama ilmiah Cygnus olor ini merupakan burung yang memiliki tampilan indah dan menawan hingga memikat manusia untuk datang mendekat. Namun, perlu diingat bahwa mereka agresif dan dapat membahayakan jika merasa terganggu. Serangan mute swan pada manusia sering terjadi pada masa bersarang. Angsa yang bersarang mempertahankan zona mereka dengan sepenuh jiwa.

Jika manusia mendekat, angsa ini dapat mendatangi dengan sangat cepat. Mereka mendesis dan menyerang dengan sayap yang kuat. Dengan ukuran dan kekuatan sayapnya, serangan burung ini dapat mengakibatkan cedera serius, terutama pada mata.

 

Elang Ekor Merah

© Atrishoutofwater.com
© Atrishoutofwater.com

Elang ekor merah adalah elang yang umum ditemukan di seluruh Amerika Utara. Burung ini memiliki sayap lebar dengan ekor yang pendek. Lebar sayap elang ekor merah berukuran antara 38-43 inci dengan berat antara 2-4 pon. Burung elang ekor merah umumnya berukuran lebih besar dari burung jantan. Mereka lebih suka tinggal di area terbuka.

Elang ekor merah mempertahankan wilayah mereka dengan ganas. Hal ini yang membuat burung elang ekor merah sangat menakutkan. Mereka menjadi agresif jika ada yang melewati batasnya dan akan menyerang dengan cakarnya hingga mengakibatkan cedera parah. Cakar kuat ini yang menjadi senjata utama burung elang ekor merah dalam menaklukkan musuh dan mangsanya.

 

European Herring Gull

© Oiseaux.net
© Oiseaux.net

European Herring Gull atau burung camar hering Eropa adalah camar besar yang ditemukan di seluruh Eropa Barat. Burung ini memiliki ukuran hingga 66 sentimeter, dengan lebar sayap 1,2-1,5 meter dan panjang sayap hingga 79 sentimeter, serta paruh yang sangat tajam. 

Burung dengan nama latin Larus argentatus ini termasuk dalam burung agresif yang dapat menyerang dalam jumlah banyak. Seekor camar hering sendirian yang diganggu akan segera meminta bantuan dari burung dewasa lainnya. Dengan seketika, mereka dapat menyebabkan serangan kelompok yang hebat. Seperti burung lainnya, burung camar hering Eropa juga menjadi lebih agresif dan menyerang saat musim bersarang. Anda harus menjaga jarak aman dari burung-burung ini karena mereka menyerang dalam satu tim.

 

Great Horned Owl 

© Mjspringett.com
© Mjspringett.com

Great horned owl atau burung hantu bertanduk besar merupakan salah satu burung hantu terbesar yang dianggap sebagai burung berbahaya dan paling mematikan di Amerika. Burung hantu jenis ini terkenal agresif dan kuat yang kerap terlihat menjulang tinggi di langit malam. Tinggi burung hantu bertanduk besar rata-rata 40-65 sentimeter dengan berat sekitar 2 kilogram. 

Nama burung ini berasal dari bentuk tanduknya. Burung hantu ini sebenarnya tidak memiliki tanduk, melainkan jumbai atau bulu yang menyerupai tanduk. Burung ini mudah dikenali karena jambul bulu di kepalanya. Bahkan, beberapa orang juga menyebut mereka burung hantu kucing, karena merasa jambulnya tampak mirip dengan telinga kucing.

Dalam hal berburu, great horned owl terkenal paling cerdas karena dapat menyerang hewan yang jauh lebih besar dari ukurannya. Mereka juga dapat membunuh manusia dengan mudah jika merasa terancam. Cakar dan kakinya yang kuat, yang digunakan sebagai senjata untuk mengakibatkan cedera atau membunuh musuh mereka. Cakar yang kuat ini juga digunakan untuk membawa mangsanya yang jauh lebih berat dari dirinya. Bulu mereka yang longgar, lembut, seperti sisir juga memungkinkan mereka untuk menukik tanpa suara dan membunuh mangsanya. Hal itulah yang membuat mereka disebut sebagai ‘macan di langit’.

 

Lammergeier

© Tibetpedia.com
© Tibetpedia.com

Lammergeier atau burung bangkai berjanggut merupakan jenis burung besar seperti elang, yang berasal dari famili Accipitridae. Burung ini memiliki panjang hingga lebih dari 1 meter, dengan lebar sayap mencapai hampir 3 meter. Lammergeier memiliki berat rata-rata 7 kilogram. Tempat tinggal burung bangkai ini tersebar di daerah pegunungan tinggi di Asia Tengah, Afrika Selatan, hingga Eropa Selatan. 

Sayapnya yang raksasa memungkinkan burung pemakan bangkai ini meluncur dengan tenang di atas pegunungan tinggi. Lammergeier memakan berbagai bangkai dan tulang, mereka juga menyukai sumsum tulang. Burung ini akan menggunakan teknik menjatuhkan tulang dari ketinggian ke batu yang keras. Setelah terjatuh, mereka bisa makan sumsum di dalam tulang yang patah. Namun, teknik burung bangkai berjanggut ini dapat menyebabkan cedera serius pada seseorang yang berada dalam zona tersebut.

 

Penulis: Destri Ananda 

 

Referensi Literatur

Birdeden.com. Great Horned Owl Facts. Dilansir pada 18 Januari 2020 dari laman https://birdeden.com/great-horned-owl-facts

Mongabay.co.id. Inilah Fakta-fakta Unik Burung Paling Berbahaya di Dunia. Dilansir pada 18 Januari 2020 dari laman https://www.mongabay.co.id/2020/12/11/inilah-fakta-fakta-unik-burung-paling-berbahaya-di-dunia/

Scienceping.com. 19 Desember 2020. 10 Most Dangerous Bids in The World. Dilansir pada 18 Januari 2020 dari laman https://scienceping.com/10-most-dangerous-birds-in-the-world/

Themysteriousworld.com. 10 Most Dangerous Bids in The World. Dilansir pada 18 Januari 2020 dari laman https://themysteriousworld.com/most-dangerous-birds/

 

Referensi Gambar

https://www.stabroeknews.com/2017/01/08/sunday/birdwatchers/great-horned-owl-3/

https://www.wemu.org/post/issues-environment-counterpoint-michigans-mute-swan-management-plan 

https://www.pennlive.com/life/2019/02/this-emu-was-captured-in-york-county-and-police-are-looking-for-its-owner.html 

http://tibetpedia.com/lifestyle/the-lammergeier/

https://mjspringett.com/tag/great-horned-owl/ 

https://parade.com/280229/michelechollow/fact-or-fiction-do-ostriches-bury-their-heads-in-the-sand/ 

https://www.oiseaux.net/photos/michel.tellia/european.herring.gull.1.html 

http://www.atrishoutofwater.com/2018/08/25/remarkable-red-tailed-hawks/ 

https://theculturetrip.com/pacific/australia/articles/worlds-most-dangerous-bird-7-facts-about-the-cassowary/

https://wallpapercave.com/snowy-owl-wallpaper 

https://www.audubon.org/news/no-barred-owls-are-not-trying-kill-you 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk 

Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!