Kertas Daur Ulang: Ayo Ketahui Manfaatnya!

Kertas daur ulang adalah proses pengolahan kembali kertas bekas yang telah terpakai dengan cara mencampurkan kertas-kertas bekas yang telah dijadikan pulp dengan material kertas yang baru. akan tetapi kertas yang  terus menerus didaur ulang akan selalu mengalami penurunan kualitas. Hal tersebut menjadikan kertas yang telah didaur ulang menjadi bahan yang kualitasnya lebih rendah dari sebelumnya.

Ads

meski begitu, kertas yang telah didaur ulang tetap memiliki manfaat bagi lingkungan. yuk simak serba-serbi tentang manfaat kertas daur ulang beserta langkah mendaur ulangnya!

Tumpukan Kertas © Cnnindonesia.com
Tumpukan Kertas © Cnnindonesia.com

Manfaat Kertas Daur Ulang

Tempat Daur Ulang Kertas © Udsregep.com
Tempat Daur Ulang Kertas © Udsregep.com
  • Daur ulang Kertas untuk Menghemat energi 

Produk baru yang diproduksi dari bahan baku produk daur ulang, akan dapat menghemat energi yang dikonsumsi pada proses produksi. Berbeda dengan produk baru yang dibuat untuk pertama kalinya dari bahan mentah yang masih baru. Jumlah energi yang dikonsumsi mereka jauh lebih tinggi. Dengan melakukan daur ulang kertas energi yang dibutuhkan akan lebih rendah sehingga dapat menghemat energi yang dibutuhkan untuk memperoleh serta mengangkut bahan baku.

  • Mengurangi polusi 

Manfaat lainnya dari daur ulang kertas dapat membantu dalam mencegah global warming (pemanasan global). Dengan meminimalkan energi yang akan dihabiskan untuk produksi industri, hal tersebut juga membantu dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Beberapa bahan bakar yang digunakan pada sebagian besar industri termasuk batubara, diesel, dan solar. Semua hal tersebut memancarkan gas berbahaya seperti metana, sulfur dioksida, serta karbondioksida ke udara bebas. Pengolahan bahan mentah yang masih baru juga dapat menghasilkan bahan beracun yang sangat mencemari lingkungan. Dengan mengurangi energi yang digunakan tersebut, akan meminimalisir jumlah pemakaian bahan bakar dan mengurangi jumlah polutan berbahaya pada lingkungan.

  • Menghemat SDA 

Kita semua tentunya mengetahui bahwa daur ulang selalu melibatkan pengolahan dan penggunaan unsur-unsur inti dari produk yang lama untuk memproduksi produk baru. Hal tersebut membantu dalam menghemat sumber daya alam (SDA). Sebagai contohnya, jika kertas bekas yang didaur ulang tidak perlu menggunakan sumber daya alam dari pohon lagi untuk menghasilkan kertas yang baru. Dengan cara ini maka daur ulang yang tepat dapat membantu kita melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang dan menjaga keseimbangan alam.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  • Manfaat ekonomis 

Sama seperti dengan menghemat energi dan sumber daya alam, daur ulang juga dapat membantu dalam menghemat banyak biaya. Biaya tersebut mencakup seluruh siklus produksi dimulai dari memperoleh bahan baku, pengangkutan dari tempat asalnya ke tempat produksi, pengolahan serta manufaktur. Hal ini juga menciptakan peluang kerja bagi orang banyak yang terlibat dalam berbagai proses. Sehingga memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi disuatu wilayah.

  • Menghemat ruang 

Sebagian besar tempat pembuangan sampah diisi oleh banyak sampah yang bisa didaur ulang salah satunya adalah sampah kertas. Beberapa sampah di antaranya membutuhkan waktu lama untuk bisa terurai. Daur ulang memungkinkan penggunaan yang tepat dari produk sampah serta menghemat ruang untuk tempat pembuangan sampah. Tempat pembuangan sampah akan semakin penuh kecuali kita mulai melakukan daur ulang masing-masing di rumah kita sendiri.

daur Ulang Kertas bagaimana caranya?

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan daur ulang kertas. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu manfaatnya yaitu dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk daur ulang kertas :

  1. Mengumpulkan kertas kemudian membuatnya menjadi bubur

Sekarang kertas daur ulang banyak digunakan oleh sebagian orang. Bahkan sangat menarik karena mudah sekali bagi mereka untuk melakukan daur ulang kertas menjadi kertas yang baru dan tentunya bermanfaat. Contohnya yaitu kertas koran. Empat sampai lima kertas koran bisa digunakan untuk menghasilkan kertas daur ulang sebanyak dua lembar kertas kecil. Setelah kita mengumpulkan kertas, kita dapat merobeknya menjadi berukuran lebih kecil lalu direndam dengan air panas. Kita dapat menghaluskannya dengan cara diblender.

  1. Menyaring kertas

Bubur kertas yang telah dibuat disaring menggunakan kawat halus yang dianyam. Selanjutnya, bubur kertas itu dimasukkan kedalam panci sebanyak setengah saja dari volume panci. Kemudian ditambahkan air hingga volumenya pada panci setinggi 7 – 10 cm dan kassa dimasukkan dalam wadah panci. Kasa dikeringkan dengan cara meletakkannya pada handuk.

  1. Pengepresan Kertas

Langkah pertama yaitu adalah dengan membuang kelebihan air lalu kasa diangkat dan posisinya dibalik. Kita tidak dianjurkan untuk mengeringkan kertas di bawah panas karena bisa menyebabkan kertas yang dibuat berkerut. 

Kertas yang telah dibuat dilakukan pengujian. Cara mengujinya yaitu dengan menuliskan kata menggunakan bolpoin/pena pada kertas. Jika berhasil, maka tulisan yang ditulis pada kertas akan terbaca.

Kelebihan dari daur ulang kertas yaitu untuk meminimalisir penebangan pohon sebagai bahan baku pembuatan kertas sehingga tidak banyak pohon yang harus terus-menerus ditebang. Alhasil dapat memelihara keseimbangan hutan kan. Selain kertas yang biasa, kita juga dapat menggunakan koran bekas untuk membuat kerajinan, seperti berikut ini:

  1. Untuk membuat pot bunga
  2. Membuat mainan bola
  3. Membuat sepasang sandal
  4. Tempat sampah
  5. Tempat celengan dan lain – lain

mendaur ulang kertas adalah salah satu langkah penting yang dapat kita lakukan agar bisa melestarikan bumi kita dengan mengurangi pencemaran lingkungan. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya manfaat daur ulang bagi kita dan lingkungan ya sahabat alam!

 

Penulis : Titik Ayuningsih

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

Referensi Artikel

Biro Riset LM FEUI. Analisis Industri Pulp dan Kertas Dunia: Masukan Bagi Pengelola BUMN https://lmfeui.com/data/artikel. Diakses pada 26 Februari 2021

http://www.karyakertasmandiri.com/2015/05/manfaat-recycle-kertas-masa-kini.html. Diakses pada 26 Februari 2021

https://kertaspedia.com/Blog/detail/daur-ulang-kertas-bekas-menyelamatkan-alam Diakses pada 26 Februari 2021

https://thegorbalsla.com/daur-ulang/#Cara_Daur_Ulang_Kertas Diakses pada 26 Februari 2021

 

Referensi Gambar

Cnnindonesia.com 

Udsregep.com

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!