Meningkatkan Kesadaran Diri Terhadap Lingkungan

Lingkungan 

Gambar 1. Lingkungan
Gambar 1. Lingkungan

 

Sebagai salah satu makhluk yang tinggal di muka bumi, sudah seharusnya kita merawat bumi ini dengan baik. Lingkungan harus dilestarikan karena lingkungan merupakan tempat tinggal bagi manusia, hewan, dan tumbuhan di muka bumi ini. Lingkungan yang baik akan sangat memiliki pengaruh yang baik pula bagi kelangsungan hidup kita. Sebaliknya, lingkungan yang rusak juga memiliki pengaruh yang buruk bagi kelangsungan hidup manusia, hewan, maupun tumbuhan. Oleh karena itu, kita harus merawat lingkungan dengan meningkatkan kesadaran diri terhadap lingkungan dan jangan menjadi orang yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Ads

Fungsi Lingkungan

Kita harus menjaga lingkungan karena lingkungan sangat berperan penting bagi kehidupan kita sebagai manusia, hewan, maupun tumbuhan. Selain sebagai tempat untuk bertahan hidup, lingkungan berperan sebagai tempat bersosialisasinya makhluk hidup, tempat mencari kekayaan karena banyaknya sumber daya alam yang terdapat di lingkungan, dan tempat untuk mendapatkan hiburan seperti menikmati keindahan alam. Selain itu, lingkungan juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi karena sebagian besar ilmu di dunia dihasilkan dari lingkungan contohnya seperti kita jadi tahu hewan apa saja yang ada di dunia dan tumbuhan apa saja yang ada di dunia.

Akibat Tidak Merawat Lingkungan

Banyak hal buruk dan mengerikan yang terjadi bila kita tidak ada kesadaran untuk merawat lingkungan. Hal yang paling umum adalah terjadinya bencana alam, contohnya seperti banjir dan longsor. Banjir dapat terjadi karena tersumbatnya selokan oleh sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh manusia-manusia yang tidak membuang sampah pada tempatnya. Akibat selokan yang tersumbat, maka saat terjadinya hujan air akan menggenang karena tidak ada daerah resapan air dan kemudian terjadilah banjir. Begitu pula longsor, longsor terjadi disebabkan oleh oknum-oknum nakal yang melakukan penebangan pohon secara liar sehingga tidak ada penahan pada kestabilan lapisan tanah. Hal ini mengakibatkan tebing tersebut rawan terjadi longsor. Dampak yang diterima akibat banjir dan longsor pun cukup mengerikan, mulai dari korban jiwa akibat terkena reruntuhan atau hanyut, rumah yang rusak akibat timbunan atau lumpur, harta dan surat-surat berharga yang hilang, hewan-hewan yang tenggelam, dan masih banyak lagi.

Gambar 2. Banjir
Gambar 2. Banjir

 

Selain itu, banyaknya penggunaan plastik juga menjadi ancaman bagi lingkungan. Dilihat dari berita-berita yang beredar mengenai sampah plastik yang mengambang di lautan. Hal ini tentunya menjadi hal yang cukup berbahaya bagi semua makhluk hidup yang tinggal di laut. Akibat dari plastik yang mengambang tersebut adalah banyak ikan-ikan yang mati karena tidak sengaja mengonsumsi plastik, penyu yang terluka akibat terlilit plastik, dan lautan yang berubah menjadi kotor.

Kemudian dilihat dari banyaknya pencemaran lingkungan yang ada di dunia, itu merupakan akibat dari tidak merawat lingkungan. Pencemaran udara akibat banyaknya polusi kendaraan dan pabrik menyebabkan gangguan penyakit pernapasan pada manusia. Pencemaran air akibat limbah pabrik yang dibuang sembarangan menyebabkan semakin berkurangnya pasokan air bersih bagi manusia dan terancamnya kehidupan bagi organisme yang hidup di air.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Cara Merawat Lingkungan

Dilihat dari banyaknya dampak yang mengerikan akibat tidak merawat lingkungan, sudah sepatutnya mulai sekarang kita menaruh perhatian lebih terhadap lingkungan dan meningkatkan kesadaran untuk melestarikan lingkungan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara untuk merawat lingkungan :

Gambar 3. Sedotan Stainless
Gambar 3. Sedotan Stainless

 

  • Menggunakan tumblr dan alat makan stainless .
  • Selalu membawa tas belanja untuk mengurangi penggunaan plastik.
  • Membuang sampah selalu pada tempatnya. Jika tidak ada, sebaiknya sampah disimpan terlebih dahulu hingga kamu menemukan tempat sampah.
  • Mendaur ulang sampah-sampah sehingga dapat berguna kembali.
  • Menggunakan air secukupnya sehingga semakin sedikit limbah yang terbuang.
  • Menggunakan sepeda atau transportasi umum agar polusi kendaraan semakin berkurang.
  • Melakukan penanaman pohon agar udara menjadi bersih.
  • Membuat terasering sebagai solusi pencegahan longsor.
  • Melakukan tebang pilih sehingga tidak terjadi eksploitasi hutan dan kerusakan lingkungan.

Manfaat Merawat Lingkungan

Berbagai dampak yang baik akan kita dapatkan ketika kita sudah berusaha dengan baik untuk meningkatkan kesadaran akan betapa pentingnya melestarikan lingkungan. Kebiasaan membuang sampah langsung pada tempatnya membawa pengaruh terhadap bersihnya lingkungan dan tidak tersumbatnya selokan, sehingga bisa terhindar dari banjir yang dapat membahayakan manusia, hewan dan tumbuhan. Membawa tumblr, tas belanja, dan peralatan makanan yang terbuat dari stainless steel juga dapat membantu pengurangan dalam penggunaan plastik, sehingga tidak ada lagi hewan-hewan di lautan yang terluka dan mati karena plastik dan mengurangi pencemaran tanah akibat sulit terurainya plastik.

Penggunaan transportasi umum dan penanaman pohon juga sangat memberikan pengaruh yang baik bagi lingkungan. Berkurangnya polusi akibat kendaraan ditambah penanaman pohon akan membuat udara menjadi lebih bersih dan sehat, sehingga pernapasan pun menjadi segar dan tidak terganggu.

Dan yang terakhir, penebangan pilih dan pembuatan terasering juga sangat bagus buat lingkungan, hal ini dikarenakan tebang pilih dapat meminimalisir eksploitasi hutan yang menyebabkan hutan menjadi gundul sehingga tebang pilih menjadi solusi yang tepat agar hutan terhindar dari kebakaran dan longsor. Pembuatan terasering juga menjadi sebuah solusi yang bagus untuk menghindari longsor tebing, karena tebing dibuat miring dan ditanami oleh tumbuh-tumbuhan. Hal ini tentunya sangat baik bagi masyarakat karena mereka tidak perlu takut lagi akan ancaman longsor. Selain itu, mereka juga bisa hidup dan mencari penghasilan dengan nyaman dan terhindar dari bahaya.

 

Penulis : Syarki Alfioni

Referensi Literatur :

N.N. 2018. Pentingnya Menjaga Lingkungan Bagi Kelestarian Alam. Situs Resmi Kabupaten Buleleng.

https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/pentingnya-menjaga-lingkungan-bagi-kelestarian-alam-94 (Diakses pada tanggal 29 Januari 2021)

Pelestarian Lingkungan : Pengertian, Fungsi, dan Pencemarannya. Scientific Rev: Redaksi Ilmugeografi

https://ilmugeografi.com/biogeografi/pelestarian-lingkungan (Diakses pada tanggal 29 Januari 2021)

Sari, Maya. 2016. 7 Bahaya Tidak Melestarikan Lingkungan Sekitar

https://dosenbiologi.com/lingkungan/bahaya-tidak-melestarikan-lingkungan (Diakses pada tanggal 29 Januari 2021)

Widyaningrum, Gita Laras. 2020. 15 Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kelestarian Bumi.

https://nationalgeographic.grid.id/read/132082811/15-cara-sederhana-yang-bisa-dilakukan-untuk-menjaga-kelestarian-bumi?page=all (Diakses pada tanggal 29 Januari 2021)

 

Referensi Gambar :

http://fs.genpi.co/uploads/data/images/sedotan%20stainless%20steel.jpg 

https://mmc.tirto.id/image/2020/01/02/banjir-bukit-duri-antarafoto-4_ratio-16×9.jpg 

https://www.greeners.co/wp-content/uploads/2017/12/Hutan-Campuran-Mungkin-Tidak-Tahan-terhadap-Perubahan-Iklim.jpg 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

 

Enable Notifications    Ok No thanks