KETAPEL oleh KeMANGTEER Jakarta

Menanam Mangrove untuk Cegah Abrasi
Menanam Mangrove untuk Cegah Abrasi

LindungiHutan.com, Semarang – Tidak hanya pantai-pantai di pesisir Semarang dan sekitarnya saja yang terkena dampak abrasi cukup parah, pesisir Jakarta juga merasakan bagaimana memprihatinkannya kehilangan daratan akibat pengaruh abrasi. Hal inilah yang menggugah hati komunitas KeMANGTEER Jakarta untuk bergerak menyelamatkan pesisir ibukota.

Ads

Komunitas yang menjadi salah satu regional KeMANGTEER Indonesia ini sejak 2011 memang berfokus pada rehabilitasi mangrove di ibukota.

KETAPEL oleh KeMANGTEER Jakarta Gandeng Komunitas Ibukota Hijaukan Marunda

Pada tanggal 29 Juli 2018 lalu, melalui program “Kegiatan Tanam dan Pelihara (KETAPEL) Part II”, KeMANGTEER Jakarta mengajak ikut serta menghijaukan kembali ibukota. Kegiatan yang bertemakan “MANGROVE CONSERVATION FOR THE FUTURE OF JAKARTA” ini dilaksanakan di pesisir Pantai Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Baca Lainnya : CSR Lingkungan Hidup Hijaukan Perusahaanmu

Berbagai komunitas yang peduli terhadap lingkungan di Jakarta ikut serta dalam kegiatan yang sekaligus memperingati Hari Mangrove Sedunia ini, termasuk pula relawan LindungiHutan Jadetabek. Bahkan, CEO LindungiHutan, Hario, juga ikut hadir lho.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
LindungiHutan Jadetabek dan KeMANGTEER dalam Acara Pada Tanggal 29 Juli 2018
LindungiHutan Jadetabek dalam Acara Pada Tanggal 29 Juli 2018

“Alhamdulillah berjalan dengan baik, dan lancar. Peserta yang hadir juga banyak,  sekitar 150 volunteer yang terlibat, termasuk dari LindungiHutan juga. Kolaborasi dengan 2 kolaborator Generasi Warbyasak dan Batavia Drone Community juga berjalan sesuai dengan misi. Keterlibatan community partner dan instansi partner Dinas Lingkungan Hidup (DLH DKI Jakarta), PAM Jaya, berjalan dengan lancar. Hadir pula perwakilan KLHK yang mendukung Ketapel Mangrove dan mengapresiasi gerakan kita”  kata Nathasi, Ketua KeMANGTEER Jakarta.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Save Mangrove, Mangrove Save You
Save Mangrove, Mangrove Save You

Pada KETAPEL kemarin, dilakukan penanaman sebanyak 290 bibit mangrove hasil dari donasi masyarakat di website LindungiHutan. Bibit tersebut digunakan untuk penanaman baru dan juga penyulaman. Selain penanaman, dilakukan pula monitoring dan bersih sampah di area penanaman.

Baca Lainnya : World Wetlands Day 2020

Peserta Penanaman Mangrove oleh KeMANGTEER
Peserta Penanaman Mangrove

“Terimakasih tim LindungiHutan dan relawan LindungiHutan Jadetabek yang telah ikut dalam kegiatan kami kali ini. Kalian kerennn!! Terimakasih juga untuk support donasi KETAPEL. Semoga kedepannya kita bisa terus kolaborasi untuk hal-hal positif yang berguna bagi alam semesta” lanjut Nathasi.

Semoga kedepannya akan semakin banyak generasi muda yang terlibat dalam gerakan menanam mangrove, terutama di Jakarta. Mari saling menularkan energi dan konten-konten positif, dan tentunya bisa menjadi inspirasi banyak komunitas mangrove di seluruh pesisir Indonesia. Salam Lestari !! (Kika)*

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!