Less-Waste More Love with Bumi Buddies

Siapa sih Bumi Buddies?

Bumi Buddies adalah sebuah organisasi non profit yang berfokus kampanye serta menyadarkan anak–anak muda akan pentingnya isu lingkungan. Terbentuk pada tanggal 18 September 2018 Bumi Buddies diharapkan menjadi wadah bagi anak-anak dan pemuda di Indonesia dalam meningkatkan kesadaran lingkungan serta menginspirasi mereka untuk membawa perubahan untuk bumi yang berkelanjutan. Organisasi non profit yang satu ini kerap kali mengadakan webinar maupun workshop yang tentu saja terkait isu lingkungan, dengan tujuan agar masyarakat dapat lebih memperhatikan dan menjaga lingkungan. Dengan tagline Less Waste Lifestyle, Bumi Buddies mengajak anak-anak muda atau siapapun untuk hidup dengan mengurangi limbah, baik plastik maupun organik.

Ads

Lebih lanjut, untuk info terkait jadwal workshop maupun kampanye edukasi lingkungan, bisa ditemukan di akun instagram @bumibuddies seperti pada gambar di bawah ini:

(Instagram Bumi Buddies)
(Instagram Bumi Buddies)

Lebih lengkap, pembaca bisa mengunjungi langsung laman resmi Bumi Buddies:

Website : http://bumibuddies.org/

 

Ancaman Erosi dan Kebakaran Hutan

Peran Bumi Buddies dalam isu lingkungan tidak hanya melalui kampanye dan workshop saja, ada aksi nyata berupa penanaman pohon dengan menggandeng kelompok peduli lingkungan lainnya, yaitu LindungiHutan. Dengan ini Bumi Buddies dan LindungiHutan berkomitmen penuh untuk turut serta menjaga dan memelihara lingkungan dengan cara menanam pohon di berbagai titik, dengan tujuan pencegahan erosi dan kebakaran hutan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Menurut Effendi (2006), erosi adalah suatu peristiwa hilang atau terkikisnya tanah atau bagian tanah dari satu tempat ke tempat lain, baik disebabkan oleh pergerakan air, angin,dan es, tentu saja erosi tidak melulu disebabkan oleh fenomena alam. Erosi tanah juga bisa terjadi karena ulah tangan manusia, seperti penebangan pohon secara liar.

Proses erosi melibatkan tiga peristiwa secara berurutan, yaitu pengelupasan, pengangkutan, dan pengendapan. Saat semua yang ada di alam masih berjalan seimbang, erosi secara alami biasanya tidak sampai menimbulkan bencana, kecuali dalam kasus-kasus ekstrim. Sebab, partikel tanah yang terangkut seimbang dengan banyaknya tanah yang terbentuk (Tirto, 2020). Hal ini sangat berbanding terbalik jika erosi disebabkan oleh perusakan hutan yang disengaja, imbasnya proses erosi semakin cepat dan berpotensi mengakibatkan bencana alam.

Erosi tidak hanya merusak struktur dan kualitas tanah, dampak erosi bisa sampai pada salah satu elemen yang menjadi kebutuhan pokok manusia; air sungai. Erosi yang terjadi di sekitaran sungai bisa menimbulkan pendangkalan aliran, hal ini sangat mempengaruhi usia dan fungsi bendungan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat risiko erosi tinggi di Indonesia tersebar di kawasan Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Kepulauan Maluku, hingga Papua.

Ancaman hutan tidak melulu hanya erosi, kebakaran hutan juga seringkali membuat masyarakat khawatir. Selama tahun 2019, dari bulan Januari sampai bulan September, kebakaran hutan dan lahan di Indonesia mencapai 857.765 hektar. Ia terdiri dari 630.451 hektar lahan mineral dan 227.304 hektar di gambut. Angka ini naik meningkat 160 persen jika dibandingkan luasan Agustus lalu, sekitar 328.724 hektar (Mongabay, 2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2020 mengatakan bahwa 99 persen kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia adalah akibat ulah tangan manusia. Oleh karena itu, Jokowi memerintahkan aparatur Negara dan penegak hukum untuk tidak pandang bulu melakukan tindakan.

Kebakaran Hutan dan Lahan memang sering terjadi di luar pulau jawa, seperti Riau, Kalimantan, dan Sumatra tetapi bukan berarti pulau Jawa bisa aman. Terbukti pada tahun 2019 kawasan Gunung Puntang dan Gunung Malabar menjadi korban karhutla.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat saat itu, Epi Kustiawan mengatakan salah satu penyebab kebakaran ialah musim panas yang ekstrim. Kebakaran hutan pada saat itu telah membakar setidaknya 170 hektare hutan.

 

11609392877n4vny3ouhyjlmk5q13mlccpjgrijvx90oqkzwlaw – Wanaswara

Less-Waste More Love with Bumi Buddies

Kampanye kali ini bertujuan untuk reboisasi, guna mencegah erosi dan kebakaran hutan yang sering terjadi.  Kawasan Gunung Puntang dipilih untuk menjadi target kampanye lantaran kawasan tersebut menjadi habitat alami Owa Jawa, yang saat ini sedang diambang kepunahan, Owa Jawa saat ini diperkiraan hanya sekitar seribu atau dua ribu ekor. Tidak hanya itu, kawasan Gunung Puntang memiliki nilai ekonomi untuk masyarakat sekitar dalam bentuk perkebunan kopi, memang kopi Puntang masih kalah pamor jika dibandingkan dengan kopi gayo atau toraja, tetapi pada perhelatan Speciality Coffee Associations of America (SCAA) pertengahan April 2016 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat kopi Gunung Puntang dinobatkan sebagai yang terbaik, juga mendapatkan harga lelang yang sangat tinggi.

Bersama LindungiHutan, Bumi Buddies ingin berdonasi dari hasil daur ulang sampah pada ‘Post Event Challenge’ Less Waste Lifestyle Webinar 2.0. Selain bias berdonasi melalui Post EventZChallenge Bumi Buddies, donasi juga bisa dilakukan lewat website LindungiHutan, serta kita bisa turut serta menjadi bagian dalam kampanye tersebut.

Dengan ini, Bumi Buddies dan LindungiHutan berharap dapat membantu masyarakat sekitar dalam menjaga lingkungan, serta memberikan kenyamanan. Program ini juga diharapkan dapat mencegah masalah tahunan berupa erosi dan kebakaran hutan, dan menjaga sektor ekonomi dari penghasilan kebun kopi warga, serta dapat menjadi tombak awal kesadaran masyarakat dalam pentingnya menjaga lingkungan.

Penulis: Ipan Fanani

 

Referensi:

Apa Itu Erosi: Definisi, Penyebab, Dampak, Macam – Macam Jenisnya, Tirto, 30 Desember 2020 (https://tirto.id/apa-itu-erosi-definisi-penyebab-dampak-macam-macam-jenisnya-f8FF)

Kopi Gunung Puntang, Potensinya Sungguh Menjanjikan, Mongabay 2018 (https://www.google.com/amp/s/www.mongabay.co.id/2018/04/16/kopi-gunung-puntang-potensinya-sungguh-menjanjikan/amp/)

Tentang Hutan Kalimantan, Profauna (https://www.profauna.net/id/kampanye-hutan/hutan-kalimantan/tentang-hutan-kalimantan#:~:text=Pulau%20Kalimantan%20adalah%20salah%20satu,sekitar%2040%2C8%20juta%20hektar)

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Kalimantan Barat. Mari bersama melestarikan dan menjaga hutan Indonesia dari erosi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!