Let’s Do Somethinc Good!

Yuk Kenalan sama Somethinc!

Somethinc merupakan salah satu bentuk usaha yang bergerak dalam bidang beauty and health. Pada tahun 2019, usaha yang menyediakan berbagai produk dengan kualitas tinggi ini telah diketahui menjadi Best Newcomer Brand. Produk-produk dari Somethinc telah 100% memiliki Sertifikat Halal. Selain itu, seluruh produk juga telah lulus uji seluruh komposisi dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM). Somethinc juga telah diketahui disukai oleh beauty influencers, seperti Tasya Farasya, Rachel Goddard, dan Suhay Salim. Berikut pada gambar di bawah ini, para pembaca dapat melihat salah satu media sosial Somethinc.

Ads
Media Sosial Somethinc © Instagram somethincofficial
Media Sosial Somethinc © Instagram somethincofficial

Para pembaca dapat mengunjungi https://www.instagram.com/somethincofficial/ untuk melihat berbagai informasi seperti pengenalan produk-produk, tips kecantikan, inspirasi dari beauty influencers, question and answers, dan lain-lain. Para pembaca juga dapat membeli produk Somethinc di berbagai toko online yang tercantum sebagai berikut.

Abrasi di Desa Bedono, Demak

Dalam menjalankan bisnisnya, pihak Somethinc juga memiliki keinginan untuk melakukan project berupa pemberian kontribusi dalam pelestarian lingkungan. Project ini dilakukan oleh Somethinc yang bekerjasama dengan pihak LindungiHutan untuk melakukan penanaman tumbuhan agar dapat membantu menangani permasalahan abrasi.

Abrasi pantai didefinisikan sebagai lahan pantai yang berkurang akibat dari penghilangan sedimen atau batuan dasar dari garis pantai karena adanya pengikisan oleh gelombang air laut. Faktor penyebab kejadian abrasi dapat berasal dari alam dan kegiatan manusia (antropogenik). Contoh dari faktor alam adalah adanya angin laut yang menyebabkan terjadinya gelombang air laut dengan kekuatan yang dapat mengikis daerah pantai. Selain itu, persentase keberadaan tumbuhan atau tutupan vegetasi pada daerah pesisir juga dapat menentukan tingkat keparahan kejadian abrasi. Persentase lebih dari 80% untuk tingkat rendah, 40 hingga 80% untuk tingkat sedang, dan persentase lebih kecil dari 40% untuk tingkat tinggi berdasarkan Peraturan Kepala BNPB No. 2 Tahun 2012 mengenai Pedoman Umum Pengkajian Risiko Bencana.

Beberapa daerah di Indonesia diketahui telah mengalami abrasi, termasuk di Jawa Tengah. Pada gambar di bawah ini, luas daerah terdampak abrasi di Jawa Tengah pada tahun 2019 dapat dilihat.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

 

No. Daerah Luas daerah terdampak abrasi pada tahun 2019 (Ha) No. Daerah Luas daerah terdampak abrasi pada tahun 2019 (Ha)
1. Kab. Brebes 2391,9 9. Kab. Tegal 74
2. Kab. Demak 2218,2 10. Kab. Rembang 71,8
3. Kab. Semarang 1919,6 11. Kab. Batang 66,3
4. Kab. Cilacap 598,2 12. Kab. Kebumen 40,2
5. Kab. Jepara 472,6 13. Kab. Pekalongan 40
6. Kab. Pati 367 14. Kota Tegal 29,1
7. Kab. Kendal 187,4 15. Kota Pekalongan 26,3
8. Kab. Pemalang 159,5 16. Kab. Wonogiri 10

Daerah Terdampak Abrasi di Jawa Tengah pada Tahun 2019 © Tirto.id dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah dan Tim Data Storigraph

Pada gambar di atas, grafik dapat dilihat menunjukkan bahwa banyak   termasuk salah satunya adalah Desa Bedono, Demak. Sebelum terjadinya abrasi, Desa Bedono yang memiliki sebanyak 7 dusun ini merupakan desa yang paling luas di Kabupaten Demak. Akan tetapi, sekarang, desa tersebut menjadi desa yang paling kecil. Berdasarkan informasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Demak merupakan daerah kedua dengan dampak abrasi terparah. Hingga saat ini, daerah pesisir di Demak yang hilang tergerus oleh gelombang laut mencapai 2.218 hektar.

Pihak pemerintah pusat dan daerah melakukan berbagai langkah untuk membantu penghambatan laju pasang abrasi di daerah pesisir Jawa Tengah, termasuk salah satu di antaranya adalah penanaman buis beton yang merupakan bahan bangunan dari beton dengan bentuk silinder. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, bagian bawah buis beton mengalami pengeroposan dan bagian atasnya ambruk. Pemerintah menghimbau warga pesisir untuk melakukan pelestarian dan penanaman bakau (Tirto.id, 2020).

Desa Bedono © BBC
Desa Bedono © BBC

Abrasi telah diketahui terjadi di Desa Bedono dalam 20 tahun terakhir dan menjadi salah satu yang terbesar di Jawa, bahkan Indonesia. Banyak penyebab yang membuat abrasi terjadi, yaitu kenaikan muka air laut di Kota Semarang, bangunan yang menjorok ke pantai, pembangunan kolam pelabuhan untuk keperluan parkir kapal. Berdasarkan informasi dari Denny Nugroho yang merupakan Dosen Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, penanaman mangrove dapat dilakukan agar dapat merehabilitasi area yang terkena abrasi (BBC, 2015).

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Adi Purwananda, yaitu seorang peneliti oseanografi dan perubahan iklim global di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, akar tumbuhan mangrove dipertimbangkan efektif dalam menangkal arus air laut. Tidak hanya untuk hal itu, tetapi tumbuhan mangrove juga mempunyai kemampuan dalam menyimpan karbon sebanyak 5 kali lebih besar apabila dibandingkan hutan yang ada di daratan, menurut informasi dari Centre for International Forestry Research. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah tumbuhan mangrove di negara Indonesia penting untuk dijadikan sebagai perhatian utama atau misi dalam melakukan pencegahan abrasi atau pengikisan daerah pantai.

Kampanye Tree of Life

Kampanye ini diadakan untuk mendukung penanaman dengan target 10.000 pohon yang berlokasi di Desa Bedono Demak. Setiap pembelian 1 Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion SPF 33, donasi sebanyak Rp10.000,00 disumbangkan oleh Somethinc untuk penanaman tersebut. Somethinc memiliki harapan bahwa kegiatan kolaborasi penanaman pohon bersama LindungiHutan ini dapat membantu mengamankan warga Desa Bedono dari permasalahan abrasi.

Referensi

BBC. (2015, December 14). Desa Bedono di Demak Terancam Tenggelam akibat Abrasi. BBC. https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2015/12/151212_indonesia_demak_abrasi

Tirto.id. (2020, January 23). Pantai Utara Menelan Jawa Tengah. Tirto.id. https://tirto.id/pantai-utara-menelan-jawa-tengah-eutM

Nama Penulis              : Elgin Martama

LindungiHutan.com merupakan Platfrom Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya yang dapat merugikan pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks