Lily of the Valley: Bunga Cantik Melambangkan Kesetiaan

Tentang bunga Lily of the Valley

Bunga cantik bernama Lily of the Valley memiliki makna kesetiaan. bunga bernama latin Convallaria majalis sp ini juga menjadi lambang kesederhanaan, kerendahan hati, kemurniaan jiwa dan keindahan. Bunga cantik ini dipercaya dapat membawa keberuntungan dalam dunia percintaan. Oleh sebab itu, bunga ini sering dijadikan dekorasi saat acara pernikahan. Salah satu pasangan yang menggunakan bunga ini sebagai dekorasi adalah pasangan Pangeran William dan Catherine Middleton yang menikah pada 29 april 2011.

Ads
Gambar Lily of the Valley Putih
Gambar Lily of the Valley Putih

Bunga ini berasal dari Eropa dan banyak terdapat di Inggris. Sekarang ini, bunga Lily of the Valley juga dapat ditemukan di Amerika Utara dan Asia bagian Utara. Bunga ini biasanya hidup di Negara dengan 4 musim. Waktu mekarnya sekitar musim semi pada bulan April atau Mei. Bunga ini akan berubah menjadi buah sejenis beri pada bulan September. Beri merah ini sebenarnya memiliki rasa yang manis. Namun sayang, sama seperti bunganya, buah beri ini juga memiliki racun yang dapat menyebabkan gatal-gatal dan muntah-muntah. 

Manfaat bunga Lily of the Valley

Dibalik racunnya yang harus diwaspadai, bunga ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk manusia. Bunga ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, kecantikan dan parfum. Lalu apa saja manfaat bunga Lily of the Valley, simak penjelasannya berikut ini:

Mengatasi stress dan depresi 

Bunga cantik ini mempunyai aroma lembut yang berfungsi sebagai terapeutik. Mengoleskan minyak esensial dari bunga ini dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk terapi kecemasan serta mengatasi stress dan depresi yang sering kali melanda,

Obat demam

Bunga Lily of the Valley mengandung zat antipiretik yang berfungsi seperti paracetamol. Sehingga bunga ini bisa dijadikan sebagai obat pereda demam.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Menjaga fungsi ginjal dan tekanan darah

Bunga ini memiliki sifat diuretic yang berfungsi memacu kinerja ginjal guna meningkatkan sekresi urin. Hal ini membuat pengendapan sisa yang tidak dibutuhkan tubuh dapat didetoksifikasi dari tubuh. Selain itu, kadar cairan yang terlalu tinggi mengakibatkan tekanan darah tinggi. Dengan meningkatnya sekresi urin, mampu mengurangi cairan tadi lewat pembuangan urin. Flavonoid yang terdapat pada bunga ini dapat menstimulasi arteri dan memperlancar peredaran darah.

Cara menanam bunga Lily of the Valley

Setelah mengetahui lebih dalam tentang bunga cantik ini, tentu menanam bunga ini di rumah akan membawa banyak sekali kebaikan bagi kehidupan kita. Meskipun sebagian besar bunga ini tumbuh di Negara 4 musim, bunga ini juga dapat tumbuh di Negara tropis dengan beberapa tahap penanaman dan perawatan. Bagaimanakah caranya? Berikut penjelasannya:

Memilih lokasi yang tepat

Sebelum mulai menanam, survei lokasi penanaman harus dilakukan terlebih dahulu mengingat bunga Lily of the Valley berasal dari daerah dengan 4 musim. Lokasi yang dianjurkan untuk menanam bunga ini memiliki kriteria tanah yang subuh dengan unsur hara yang berlimpah. Penggunaan pupuk juga sangat dianjurkan terutama pupuk kompos. Cahaya matahari juga harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi penanaman bunga ini. Lokasi teduh namun masih menerima sinar matahari langsung adalah lokasi terbaik yang dibutuhkan bunga tersebut.

Teknik pembibitan

Pembibitan dengan biji

Setelah memilih lokasi untuk menanam bunga cantik ini, selanjutnya adalah teknik-teknik dalam pembibitan. Pertama pembibitan menggunakan biji bunga Lily of the Valley. Pembibitan bunga ini dengan biji dapat dilakukan dengan cara yaitu:

  1. Pilihlah biji bunga yang baik dan siap untuk ditanam.
  2. Siapkan pot yang telah berisi sepertiga tanah, sekam dan pupuk kompos.
  3. Tanam biji bunga di dalam pot tadi dan tutup kembali dengan tanah. Dalam menanam, berikan jarak antar biji bunga ini.
  4. Lakukan penyiraman secara rutin terhadap bibit. Jangan terlalu lembab karena tidak baik untuk pertumbuhan bibit.
Gambar biji bunga Lily of the Valley
Gambar biji bunga

Pembibitan dengan umbi

Pembibitan bunga ini juga bisa melalui pertumbuhan umbi. Hal ini dapat dilakukan jika bunga Lily of the Valley memiliki umbi yang sudah bisa dipisahkan dengan tumbuhan induknya. Jika sudah ada, cara mengembangbiakkan dengan umbi yaitu:

  1. Cabut dengan hati-hati umbi bunga.
  2. Bersihkan umbi tersebut dan  buang media tanam yang masih menempel pada umbi denga hati-hati. Lalu siram menggunakan air bersih.

Penanaman bibit

Setelah bibit bunga ini siap, selanjutnya adalah cara menanam bibit tersebut agar tumbuh menjadi bunga Lily of the Valley yang cantik. Berikut cara menanamnya:

  • Siapkan media tanam yang memiliki komposisi campuran seperti tanah, sekam dan pupuk kompos dengan perbandingan masing-masing 1:1:1.
  • Bibit yang sudah siap tanam, ditanam pada media tanam yang telah disiapkan. Bisa pada pot ataupun tanah langsung. Jika menanam pada tanah langsung, pastikan jarak antar bibit 5 hingga 10 cm per bibit.
  • Penanaman bibit bunga, baik dilakukan pada saat cuaca teduh seperti pagi hari maupun sore hari. Hal ini adalah bentuk pencegahan kelayuan pada bibit dan mati mongering.

Perawatan

Meskipun bukan asli bunga tropis, perawatan bunga ini tidak jauh berbeda dengan perawatan bunga hias lainnya. Hal ini karena bunga ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun agar bunga cantik ini tumbuh dengan baik, maka diperlukan perawatan rutin yang dapat dilakukan dengan:

  • Rutin membersihkan gulma disekitar tanaman bunga.
  • Pemupukan rutin juga dapat membantu pertumbuhan bunga ini. terutama menggunakan pupuk kompos.
  • Terjaganya kelembaban tanah dengan penyiraman berkala juga perlu diperhatikan.
  • Kepadatan bunga ini di dalam suatu media tanam juga harus diperhatikan agar nutrisi yang diterima setiap bunga dapat diserap dengan baik.

Demikianlah pembahasan mengenai bunga Lily of the Valley. Dibalik kecantikan dan maknanya, bunga ini juga menyimpan racun yang berbahaya sehingga harus berhati-hati dalam memanfaatkannya.

 

Penulis : Elsha Aureal Shopia 

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

Referensi literatur:

Urban Garden. Lily of the Valley, Si Kecil Beracun. Tersedia Dalam: https://gardening.id/lily-kecil-beracun/ Diakses Pada 23 Januari 2021

IDN Times. 2020. 10 Khasiat Bunga Lily of the Valley, Si Kecil yang Juga Beracun. Tersedia Dalam: https://www.idntimes.com/health/fitness/mirqotul-aliyah/10-khasiat-bunga-lily-of-the-valley-si-cantik-yang-juga-beracun-c1c2 Diakses Pada 23 Januari 2021

IlmuBudaya.com. 2018. 5 Cara Menanam Lily of the Valley dan Perawatannya. Tersedia Dalam: https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-lily-of-the-valley Diakses Pada 23 Januari 2021

 

Referensi gambar:

Gambar Lily of the Valley. Urban Garden. Tersedia Dalam: https://gardening.id/lily-kecil-beracun/ Diakses Pada 23 Januari 2021

Gambar biji bunga Lily of the Valley. IlmuBudaya.com. Tersedia Dalam: https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-lily-of-the-valley Diakses Pada 23 Januari 2021

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!