LindungiHutan untuk Indonesia Development Forum 2018

Indonesia Development Forum (IDF) 2018
Indonesia Development Forum (IDF) 2018 (Dok. LindungiHutan)

LindungiHutan.com, Semarang – Indonesia Development Forum (IDF) adalah sebuah platform untuk dialog nasional mengenai pembangunan. Diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, IDF mempertemukan para pemimpin dari pemerintahan, masyarakat sipil, akademisi, dan sektor swasta untuk membahas solusi bagi tantangan utama pembangunan di Indonesia.

Ads

Melalui sesi interaktif, IDF mendorong dialog terbuka mengenai berbagai permasalahan pembangunan prioritas dan pilihan kebijakan untuk mengatasinya. Sesi ini mengetengahkan penelitian dan wawasan dari para ahli dan praktisi dan menyoroti praktik-praktik yang berhasil dari Indonesia dan dunia internasional. Forum gagasan ini menampilkan pendekatan baru dan inovatif untuk mengatasi tantangan pembangunan.

Baca Lainnya : Gathering Perdana Relawan Bahas Lingkungan

Pada acara IDF 2018 kali ini, Start-up LindungiHutan berkesempatan berpartisipasi dan diwakili langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) lindungihutan.com , yakni Hario Laskito Ardi. IDF 2018 ini tentu sangat berhubungan sekali dengan semua start-up yang ada di Indonesia, bukan hanya karena sektor pembangunan, tetapi yang juga dari sektor lain seperti ekonomi, sosial dan sektor berhubungan lainnya.

Sesi Indonesia Development Forum (IDF) 2018
Sesi Indonesia Development Forum (IDF) 2018 (Dok.LindungiHutan)

Indonesia Development Forum itu sendiri bertujuan untuk:

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  1. Mempertemukan para pelaku pembangunan di pemerintahan, masyarakat sipil, akademia, dan sektor swasta untuk membentuk agenda pembangunan Indonesia;
  2. Mengkomunikasikan penelitian dan bukti tentang tantangan utama pembangunan dan solusi-solusi yang dapat mengatasinya.
  3. Mendorong kerja sama dalam menangani berbagai permasalahan pembangunan yang paling mendesak di Indonesia.

Melalui Forum IDF 2018 di Jakarta ini, LidungiHutan berhasil menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Diantaranya adalah dengan pihak pemerintahan Brebes.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

CEO LindungiHutan dalam Sesi Diskusi Bersama Kementrian dan Pemerintahan Daerah
CEO LindungiHutan dalam Sesi Diskusi Bersama Kementrian dan Pemerintahan Daerah (Dok.LindungiHutan)

“Saya telah berbincang dan berdiskusi dengan Ibu Idza Priyanti. Beliau adalah Bupati Brebes terpilih pada pilkada tahun ini setelah juga menjabat sebagai bupati Brebes pada 5 tahun sebelumnya (2012-2017), artinya beliau adalah wanita yang hebat. Beliau juga peduli terhadap lingkungan. Ada beberapa hal yang sudah kami sepakati, diantaranya adalah pelestarian lingkungan di Kota Brebes, konservasi hutan mangrove dan tentunya pemanfaatan teknologi yang kami miliki. Kita sama-sama berharap, kota Brebes bisa menjadi kota yang hijau dan nyaman bagi penduduknya.” Jelas Hario.

Baca Lainnya : Pemberdayaan Masyarakat Dengan Ecobrick

Tidak hanya menjalin kerja sama dengan pemerintahan Brebes, LindungiHutan juga berdiskusi dengan pemerintahan Australia, Karina kardansjah.

“Saat ini, jumlah relawan wilayah Indonesia bagian timur masih belum sebanyak relawan bagian tengah atau pun barat Indonesia. Melalui kerja sama dengan pihak pemerintahan Australia, kita menargetkan lebih banyak lagi relawan-relawan yang peduli dengan lingkungan khususnya partisipasi menjadi bagian LindungiHutan di bagian Indonesia timur. Pemerintah Australia pun dengan sangat terbuka menyepakati kerja sama ini. Tentu ini sangat membantu LindungiHutan” lanjut Hario.

CEO LindungiHutan dalam Sesi Diskusi Bersama Bapak Bapak Rudiantara S.Stat. MBA
CEO LindungiHutan dalam Sesi Diskusi Bersama Bapak Bapak Rudiantara S.Stat. MBA (Dok.LindungiHutan)

Selain itu, Hario juga berkesempat berdiskusi dengan pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI), Bapak Rudiantara S.Stat. MBA.

“Diskusi dengan Bapak Rudiantara hanya diskusi ringan. Kita kan start-up, tentu teknologi menjadi hal yang utama. Kami juga membicarakan soal keinginan kami (Tim lindungihutan.com) untuk pergi ke Istanbul, Turki dan Pak Menteri pun sangat mendukung dengan keinginan kami ini. Dan akhirnya, semoga dengan pertemuan di IDF 2018 ini membuka harapan untuk LindungiHutan lebih baik lagi, lebih bersinar lagi. Mewujudkan misi kami untuk menghijaukan Indonesia”. Tutupnya.

CEO LindungiHutan Dalam Sesi Diskusi Bersama Bersama Glenn Fredly
CEO LindungiHutan Dalam Sesi Diskusi Bersama Bersama Glenn Fredly (Dok.LindungiHutan)

Selain bertemu dengan pihak-pihak diatas, Hario juga sempat berdiskusi singkat dengan pihak lain seperti musisi Glenn Fredly maupun Founder BukaLapak Achmad Zaky yang juga merupakan teman Hario di bidang start-up.

CEO LindungiHutan Dalam Sesi Diskusi Bersama Founder BukaLapak, Achmad Zaky
CEO LindungiHutan Dalam Sesi Diskusi Bersama Founder BukaLapak, Achmad Zaky (Dok.LindungiHutan)

 (Pai)*

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Yuk pelihara lingkunganmu dengan ikut menyuarakan kampanye alam yang ada di sekitar lingkunganmu dengan klik tautan berikut https://lindungihutan.com/daftar_kampanye!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!