Live Report: 1000 Pohon untuk BTS Jimin (Jimin’s Birthday Project)

Bincang dengan Asabell Audida, Inisiator Kampanye Lindungi Hutan yang Berhasil Mengumpulkan Donasi Penanaman Lebih dari 8.000 Pohon sebagai Perayaan HUT Jimin BTS Ke-26

Pada hari Rabu, tanggal 7 Oktober 2020, pihak Lindungi Hutan mengadakan live bersama Asabell Audida di Instagram.

Ads
Live Report Pohon Jimin
Potret Asabell Audida © Instagram Asabell Audida (asabelliaa)

Asabell, atau biasa dipanggil Asa, merupakan seorang penulis wattpad dan novel. Sebanyak sekitar 90% para pembacanya, yang sering disebut Hacin, merupakan Army. Asa juga menjadi inisiator kampanye alam dengan nama 1000 pohon untuk BTS Jimin. Project yang dilakukan sebagai bentuk perayaan ulang tahun Jimin BTS ke-26 pada bulan Oktober 2020 ini berhasil mengumpulkan donasi penanaman lebih dari 8000 pohon untuk Pesisir Bendono, Jawa Tengah. Jimin adalah seorang vokalis sekaligus dancer dari BTS yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Live Report Pohon Jimin
Pihak Lindungi Hutan Berbincang dengan Asabell Secara Live © Instagram Lindungi Hutan (lindungihutan)

Live di Instagram dihadiri oleh lebih dari 100 orang ini termasuk para Army. Purple heart, yang diketahui identik dengan Army, tampak terus terlihat sebagai bentuk dukungan. Asa membagikan cerita awal membentuk project ini. Ia bercerita bahwa Army memiliki kekuatan yang luar biasa dalam menyebar dampak positif, tetapi perlu adanya seseorang yang dapat memberi influence dan arahan. Sebelumnya, Asa menginginkan project turun langsung ke lapangan yang berhubungan dengan bidang pendidikan. Akan tetapi, hal tersebut terhambat oleh kondisi pandemi virus COVID-19. Selain itu, ia sadar bahwa project bepergian ke lapangan secara langsung membutuhkan rencana dan usaha yang lebih kompleks. Di media sosial, Asa mencari sarana yang dapat membantu rencana project-nya yang dinilai akan membawa dampak positif. Asa mengetahui Lindungi Hutan dari media sosial. Sebagai akun yang memiliki tanda verified dan memiliki sistem yang jelas dalam pembayaran donasi, Asa dan kedua timnya yang terdiri dari asisten dan editor memulainya dari sini. Sistem kampanye ini dibuat untuk mengumpulkan para donatur. Nantinya, donatur dapat memperoleh sertifikat dan kenang-kenangan fanart sebagai pengingat pernah kontribusi dalam donasi ini. Menurutnya, dengan memberi kenang-kenangan, hal tersebut merupakan strategi branding yang seru dan dapat meng-encourage orang untuk ikut berkontribusi. Kampanye ini memiliki target penanaman 1000 bibit pohon. Hasil akhirnya, sebanyak lebih dari 8000 bibit berhasil terkumpul.

Pihak dari Lindungi Hutan juga membagikan ceritanya mengenai pelaksanaan penanaman pohon di lokasi. Di masa pandemi ini, kegiatan penanaman pohon terbilang cukup sepi. Kemunculan project ini membawa keterlibatan banyak orang. Pada pelaksanaan project di lokasi, terdapat banyak rintangan yang dihadapi, seperti masih terdapat donatur yang ingin berdonasi sehingga membuat kebingungan untuk mengurus dan mencatat jumlah bibit, penyewaan 3 kapal ditambah kondisi yang mengharuskan tim bolak-balik dalam mengurus bibit, dan kondisi di lapangan dengan kedalaman air yang cukup menantang. Namun, terdapat hal menyenangkan yang juga ada di sana, seperti ada 3 relawan yang merupakan Army dan perjamuan tim dengan kerang dan ikan hasil budidaya oleh warga.

Live Report Pohon Jimin
Kampanye Ramai di Berbagai Media © Instagram Asabell Audida (asabelliaa)

Asa tidak menyangka bahwa dampak positif yang dihasilkan dari kampanye ini sangat besar. Kampanye ini diketahui tidak hanya jauh melampaui target yang telah ditetapkan, tetapi juga ramai dibicarakan oleh banyak media lokal, nasional, dan bahkan internasional. Asa merasa senang dan menyampaikan pesan bahwa tidak hanya Army, tetapi juga semua orang harus memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Tidak lupa Asa mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah terlibat pada kampanye ini, yaitu  para donatur, tim Lindungi Hutan, warga yang telah membantu, dan orang-orang yang telah saling share informasi terkait donasi dan turut berdoa untuk kelancaran pelaksanaan kampanye ini. Asa berharap bahwa kampanye ini dapat menjadi jembatan untuk saling meng-influence dalam hal kebaikan. Selain itu, ia juga berharap bahwa komunitas lain yang memiliki idol tersendiri dapat pula mengikuti hal serupa. Untuk waktu yang lain, Asa juga menyampaikan pesan kepada tim Lindungi Hutan agar dapat memberi rekomendasi kampanye yang berbeda atau unik, mengingat para Army menyukai hal yang berbeda. Apabila masa pandemi telah berakhir, Asa ingin dapat langsung terjun ke lapangan untuk melaksanakan project-nya. 

Penulis: Elgin Martama

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!