Live Report: 1000 Pohon untuk Jimin BTS (Jimin’s Birthday Project) II

Report Instagram Live LindungiHutan dan Asabell Audida

Pada Rabu, 7 Oktober 2020; LindungiHutan melakukan obrolan santai bersama Asabell Audida.

Ads
Live Report Pohon Jimin
Live Report LindungiHutan x Asabell Audida © Dokumentasi LindungiHutan

Asabell Audida merupakan project initiator dari kampanye alam “1000 Pohon untuk Jimin“. Asabell bercerita cukup panjang tentang Jimin BTS, idol K-pop. Menurut Asabell, Jimin adalah idol yang tampan dan baik hati. Jimin pernah berdonasi pada suatu penggalangan dana. Sehingga hal itu menjadi alasan Asabell menginisiasi project ini dalam rangka ulang tahun Jimin yang ke-26 (usia Korea Selatan). Asabell tak menyangka jumlah donasi yang terkumpul melebihi ekspektasinya adalah 8.735 bibit pohon mangrove. Terlebih lagi, project sampai mendapat sorotan yang baik di Korea Selatan.

Pada live report tersebut membahas mengenai cerita keseruan dibalik kampanye ‘1000 Pohon untuk Jimin’, mulai dari persiapan Kak Asabell, lika-liku di tengah penggalangan dananya, hingga trending di berbagai media asal Korea.

Kak Asabell Audida atau bisa dipanggil Kak Asa merupakan seorang penulis dan juga seorang ARMY (sebutan bagi penggemar BTS). Dalam rangka menyambut ulang tahun idolanya yaitu Jimin ke-26, ia menggagas suatu ide untuk membuat kampanye penanaman bersama LindungiHutan. Kak Asa tidak sendiri, ia dibantu oleh fanbase BTS Indonesia dalam meramaikan kampanye tersebut. Tidak hanya fanbase, ia juga dibantu oleh pembaca dari novel-novel karya Kak Asa yang bernama ‘forhacin’.

Kak Asa sudah menulis beberapa cerita melalui media Wattpad. Salah satu karya tulisannya berisi tentang idola artis Korea yaitu Jimin yang berjudul “How Man”. Tulisan tentang Jimin tersebut telah menggaet banyak pembaca Wattpad hingga berdasarkan data menebus 4 juta kali dibaca. Kak Asa pun berbagi tips dalam menulis suatu novel. Menurutnya, dalam menulis fiksi harus menyamarkan nama aslinya namun tetap menggambarkan karakter aslinya. Forhacin yang merupakan nama dari pembacanya tidak hanya ada di Semarang tapi telah menyebar ke beberapa kota.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Terinspirasi dari project-project Korea yang mengadopsi hewan-hewan sebagai langkah untuk menunjukkan rasa simpati. Ia juga ingin melakukan suatu hal namun berbeda dari yang lainnya. Dulu sempat terpikir oleh Kak Asa untuk membuat suatu project di ranah pendidikan seperti membantu sekolah-sekolah di daerah pedalaman. Namun mengingat kondisi pandemi sekarang, ia berpikir apa yang dapat dibagikan kepada mereka kalau sekolah-sekolah sekarang saja masih tutup.

Kemudian, ia mencari-cari lagi yang concern terhadap alam. Kak Asa menemukan suatu platform yang dirasa cocok yang bernama LindungiHutan. Menurut Kak Asa, LindungiHutan yang sudah terverifikasi dapat ia dibagikan ke layanan publik.

Kampanye Pohon Jimin
Kampanye Alam 1000 Pohon untuk BTS Jimin

Belajar pengalaman sebelum menulis, ia harus memposisikan dirinya sebagai pembaca. Hal ini agar mengetahui apa yang pembaca inginkan dan sukai. Ia juga menerapkan ini, ketika melakukan kampanye alam. Kak Asa memberikan fanart bagi yang sudah berdonasi di Kampanye Alam. Ia mengaku bahwa fanart tersebut dibuat oleh dua orang temannya. Fanart ini bertujuan sebagai wujud apresiasi ia kepada para donatur.

Dari kampanye tersebut terkumpul sampai 8.000 pohon untuk penanaman di Desa Bedono. Hal ini menjadi rekor bagi LindungiHutan yang sebelumnya hanya terkumpul kisaran 1.000-2.000 pohon saja.

Pada hari penanaman, kondisi air di Bedono sedang mengalami kenaikan. Namun penanaman ini tetap berjalan karena antusias yang tinggi dari para peserta dan juga beberapa ARMY Indonesia yang ikut dalam kegiatan penanaman. Bahkan begitu banyaknya pohon yang ditanam membuat petani bibit Desa Bedono yaitu Mak Jah sempat kewalahan sampai harus beberapa kali mondar-mandir mengambil bibit mangrove.

Namun, penanaman tersebut membuat Mak Jah merasa sangat bahagia. Ia menjamu para peserta dengan baik yaitu menyediakan berbagai makanan olahan hasil laut. Semoga kampanye alam yang diusung oleh Kak Asa dapat menginspirasi banyak orang untuk peduli terhadap alam dan lingkungan!

Penulis: Fachrezy Nur Ramadhan dan Tasyah Anjani

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!