Manfaat Cacing Tanah bagi Ekosistem

Tanah tidak hanya menjadi media tanam berbagai jenis pohon di dunia. Elemen yang termasuk dalam bagian kerak bumi ini juga merupakan tempat tinggal bagi bermacam-macam hewan didalamnya. Mulai dari tungau, kumbang, collembola, ulat hingga cacing. Salah satu organisme yang cukup sering kita dengar dan jumpai ialah cacing tanah. Cacing tanah adalah cacing yang memiliki bentuk tabung dan dikategorikan dalam filum Annelida. Sesuai dengan namanya, cacing ini sangat umum ditemukan di tanah. Cacing tanah bertahan hidup dengan memakan bahan organik hidup dan mati yang ada di sekitarnya. Selain merupakan hewan hermaprodit, cacing tanah juga memiliki keunikan lainnya yaitu termasuk dalam hewan hermaprodit (memiliki organ seks jantan dan betina) serta bernafas melalui kulit. Di samping keunikannya, keberadaan cacing tanah seringkali diasosiasikan dengan tingkat kesuburan tanah di wilayah tersebut. Selain itu, cacing tanah juga memiliki berbagai manfaat bagi keberadaan ekosistem makhluk hidup. Mau tau apa saja manfaatnya? Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Ads

Dekomposisi dan Meningkatkan Nutrisi Tanah

Manfaat yang pertama dan paling diketahui banyak orang dari cacing tanah adalah kemampuannya dalam melakukan dekomposisi tanah. Dekomposisi merupakan peristiwa pelepasan nutrisi yang terkurung dalam organisme baik hewan maupun tumbuhan sehingga siap digunakan oleh tumbuhan hidup lainnya. Tumbuhan di atas tanah sangat bergantung pada nutrisi siap guna yang berasal dari proses dekomposisi ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cacing tanah mengonsumsi bahan organik berbentuk tumbuhan dan hewan baik yang sudah mati maupun masih hidup. Dari aktivitas konsumsi ini, sistem pencernaan dari cacing tanah mengumpulkan unsur mineral yang terkandung dalam organisme-organisme tersebut. Saat cacing tanah bergerak, pelepasan gips yang kaya akan nutrisi terjadi dan unsur tersebut dapat dikonsumsi oleh tanaman yang ada diatasnya. Selain itu, ketika cacing tanah membusuk, tubuhnya akan melepaskan nutrisi yang bermanfaat bagi tingkat kesuburan tanah, berupa protein yang berubah menjadi pupuk nitrogen. 

Gambar 1 Cacing Tanah sebagai Penyeimbang Ekosistem Tanah
Gambar 1 Cacing Tanah sebagai Penyeimbang Ekosistem Tanah

Cacing tanah juga sangat berperan dalam menyebarkan nutrisi di seluruh lapisan tanah. Dalam pergerakannya, cacing tanah mencampurkan beragam lapisan tanah, termasuk bagian yang memiliki nutrisi tinggi ke seluruh lapisan tanah. Saat muncul ke permukaan, cacing tanah juga dapat bersentuhan dan memindahkan unsur-unsur kaya nutrisi dari permukaan ke dalam tanah. 

Menyeimbangkan Tekstur dan Struktur Tanah

Seperti yang kita ketahui, tanah memiliki karakteristik yang sangat beragam. Karakteristik dari tanah sangat bergantung pada proporsi komponen yang ada didalamnya, mulai dari lempung, lanau, pasir, dan air. Kombinasi dari berbagai macam komponen ini yang menentukan daya tampung air dan ketersediaan zat hara bagi tanaman yang tumbuh dan dikembangkan. Dalam hal ini, cacing tanah berperan dalam memperkuat partikel dari tanah sekaligus menahan kelembaban didalamnya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa cacing tanah dapat memperkaya komponen pada lapisan atas tanah yang menjadi substratum yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan tanaman pangan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Meningkatkan Drainase dan Membantu Aerasi Tanah

Air menjadi salah satu komponen yang sangat menentukan kesuburan suatu tanaman. Sebuah tanaman membutuhkan air yang cukup untuk dapat hidup dan berkembang. Di sisi lain, tingkat air yang terlalu banyak akan menyebabkan akar tanaman menjadi lebih cepat membusuk. 

Cacing tanah memiliki pergerakan yang dapat membantu sirkulasi air dan udara di dalam tanah. Hewan ini dapat bergerak dengan arah vertikal maupun horizontal dengan sangat dalam. Ini akan memberikan ruang bagi air untuk masuk ke dalam tanah. Di saat yang bersamaan, air yang berlebih akan lebih mudah keluar dari tanah dengan rongga yang dibentuk oleh cacing tanah. Penggalian yang secara ekstensif dilakukan oleh cacing tanah akan mengendurkan struktur tanah, menyebabkan air lebih mudah untuk keluar. Selain air, rongga yang dibentuk ini juga sangat membantu sirkulasi udara di dalam tanah. Sehingga, karbon dioksida yang terperangkap di dalam tanah akan lebih mudah keluar. Secara singkat, cacing tanah akan meninggalkan rongga dan membentuk apa yang disebut dengan “irigasi alami” di dalam tanah.

Mendukung keberadaan bakteri dan jamur

Baik bakteri maupun jamur, organisme memiliki peran yang penting dalam menjaga kesuburan tanah. Cacing tanah yang meninggalkan nutrisi melalui jejak pencernaan dan menyebarkannya melalui pergerakan yang dilakukan memungkinkan jamur dan bakteri untuk tetap hidup di dalam tanah. Selain berfungsi dalam melepaskan nutrisi dan bahan organik bagi tumbuhan di atasnya, keberadaan bakteri dan jamur yang didukung oleh cacing tanah ini juga menjadi sumber makanan yang cukup penting bagi hewan lainnya yang hidup di dalam tanah. 

Gambar 2 Cacing Tanah sebagai Mangsa Burung
Gambar 2 Cacing Tanah sebagai Mangsa Burung

Menyediakan Makanan bagi Predator

Keberadaan cacing tanah tidak hanya memberikan manfaat yang penting bagi ekosistem di dalam tanah, tetapi juga di luar tanah. Dalam rantai jaringan makanan, cacing tanah merupakan mangsa bagi burung. Selain itu, cacing juga menjadi makanan bagi katak, tikus dan organisme lainnya di atas tanah. 

Penulis: Vigo Marcellino Krisnaya

 

Referensi literatur:

Hickman, Cleveland P. (1984). Integrated Principles of Zoology. Los Angeles: Times Mirror.

Dwiastuti, Sri. (2012). “Kajian Tentang Kontribusi Cacing Tanah Dan Perannya Terhadap Lingkungan Kaitannya dengan Kualitas Tanah”. Prosiding Seminar Nasional IX Biologi. 9 (1): 448—451

Kurniawan, Andre. (3 Oktober, 2020). 11 Manfaat Cacing Tanah bagi Kesehatan dan Lingkungan, Jangan Disepelekan. Merdeka. Tersedia dalam: https://www.merdeka.com/jabar/11-manfaat-cacing-tanah-bagi-kesehatan-dan-lingkungan-jangan-disepelekan-kln.html. Diakses pada 24 Maret 2021.

 

Referensi gambar:

Gambar 1: https://www.liputan6.com/hot/read/4470819/7-fungsi-cacing-tanah-bagi-ekosistem-bisa-suburkan-tanaman

Gambar 2: https://www.liputan6.com/hot/read/4470819/7-fungsi-cacing-tanah-bagi-ekosistem-bisa-suburkan-tanaman 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!