Manfaat Lidah Mertua, Jenis-jenis dan Cara Perawatannya

Manfaat lidah mertua selain sebagai tanaman penyerap racun juga berfungsi sebagai tanaman hias dalam ruangan. Lidah mertua dapat bertahan dalam tempat dengan penyinaran matahari yang relatif sedikit. Walaupun dengan penyinaran minim harus ada perawatan khusus yang diberikan. Berikut tim wanaswara sekilas pandang lidah mertua

Ads
Gambar 1. Tanaman Lidah Mertua 
Gambar 1. Tanaman Lidah Mertua

Mengenal Tanaman Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua, atau yang juga dikenal sebagai Sansevieria trifasciata merupakan salah satu spesies tanaman hias yang populer di kalangan masyarakat, baik di Indonesia maupun di dunia. Tanaman ini disebut sebagai “lidah mertua” karena memiliki bentuk daun yang tajam dan kaku. Tanaman ini juga memiliki daun yang tebal dan di dalamnya terkandung sukulen. Tanaman ini disebut juga sebagai tanaman sukulen karena mampu menyimpan air pada kondisi tanah atau lahan yang kering, sehingga dapat tahan terhadap kekeringan dan tahan terhadap musim kemarau yang melanda di saat-saat tertentu. Selain itu, tanaman ini juga memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya. Tanaman ini mampu tumbuh dengan kondisi sedikit air dan paparan cahaya matahari. Di samping itu, tanaman ini juga mampu tumbuh subur di lahan yang basah atau lembab. Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di bagian teras ataupun di bagian dalam rumah.

Gambar 2. Tanaman Lidah Mertua sebagai Tanaman Hias 
Gambar 2. Tanaman Lidah Mertua sebagai Tanaman Hias

Jenis-Jenis

Tanaman lidah mertua terbagi atas dua jenis. Pertama, jenis tanaman yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran berkisar antara 50 sampai dengan 75 cm, dan daunnya meruncing ke atas seperti mata pedang. Kedua, jenis tanaman dengan daun yang pendek dan melingkar dalam bentuk roset yang memiliki panjang sekitar 8 cm dan lebarnya berkisar antara 3 sampai dengan 6 cm. Warna daun yang dimiliki tanaman ini pun cukup beragam, mulai dari hijau tua, hijau muda, hijau keabu-abuan, serta warna kombinasi putih-kuning atau hijau-kuning. Selain itu, tanaman ini juga memiliki motif yang berbeda-beda. Ada jenis tanaman yang motifnya mengikuti arah serat daun, ada yang memiliki motif tidak beraturan, dan ada juga tanaman yang memiliki motif zig-zag.

Apabila ditinjau berdasarkan jenisnya, tanaman ini memiliki dua jenis, yaitu tanaman lidah mertua keturunan asli atau spesies dan tanaman lidah mertua hasil persilangan atau yang juga dikenal dengan sebutan sansevieria hybrid. Umumnya, tanaman dari hasil persilangan akan terbentuk dengan karakter dan fisik yang berbeda dari tanaman lidah mertua asli. Tanaman ini juga bisa diperbanyak secara buatan oleh manusia dengan menggunakan metode stek daun.

Beberapa jenis tanaman lidah mertua sebagai berikut:

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  1. Sansevieria Gold Flame
  2. Sansevieria Pinguicula
  3. Sansevieria Cylindrica
  4. Sansevieria Stuckyi
  5. Sansevieria Trifasciata
  6. Sansevieria Trifasciata Laurentii
  7. Sansevieria Hahnii
  8. Sansevieria Black Dragon
  9. Sansevieria Ehrenbergii
  10. Sansevieria Kirkii

BACA JUGA: Indonesia Green Living Festival Menjadi Bangsa Yang Hijau

Manfaat Lidah Mertua

Selain banyak digunakan sebagai tanaman hias, terdapat manfaat lidah mertua lainnya, antara lain: 

  • Membantu Menyerap Polusi dan Racun Udara

Tanaman ini dikenal mampu menyaring udara kotor serta mampu mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di dalam ruangan pada malam hari. Hal tersebut bisa membantu memurnikan udara di area dalam ruangan rumah, sehingga aliran udara yang ideal dapat tercipta dan bagian dalam rumah akan menjadi lebih segar dan nyaman. Ini juga berlaku apabila tanaman tersebut diletakkan di luar ruangan sebagai tanaman hias di teras rumah ataupun di taman. 

Gambar 3. Tanaman Lidah Mertua di Luar Ruangan
Gambar 3. Tanaman Lidah Mertua di Luar Ruangan

Tanaman ini juga memiliki kemampuan mengurangi polusi udara meskipun dalam jumlah yang kecil dan terbatas. Oleh karena kemampuannya tersebut, tanaman ini bisa membantu melindungi tubuh manusia dari berbagai macam alergi dan penyakit yang disebabkan oleh udara yang kotor.

  • Menyerap Radiasi dan Bau Tak Sedap

Dilansir dari beberapa sumber, tanaman ini dapat membantu menyerap radiasi secara aktif yang disebabkan oleh penggunaan barang-barang elektronik dan gawai, yang kini sudah bisa digolongkan sebagai ‘kebutuhan primer’ manusia di masa sekarang ini. Tanaman ini juga mampu menyerap bau tak sedap serta dapat menghisap zat-zat di udara yang kurang baik bagi kesehatan manusia. Selain itu, bagian bunga dari tanaman ini juga memiliki bau yang khas. Dikutip dari Kompas.com, di beberapa negara maju seperti China dan Perancis, tanaman ini justru dijadikan sebagai parfum.

  • Sebagai Antiseptik dan Bahan Tonik Rambut Alami

Tanaman ini sangat baik digunakan sebagai antiseptik alami untuk membunuh kuman karena di dalamnya mengandung bahan antiseptik alami yang bersifat anti racun. Selain itu, tanaman ini juga bagus untuk digunakan untuk merawat rambut. Hal ini disebabkan karena gel yang ada di dalam daun lidah mertua mengandung zat-zat alami yang dapat membuat rambut halus dan indah, selayaknya tanaman lidah buaya. 

  • Sebagai Obat untuk Berbagai Macam Penyakit

Tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, mulai dari mengatasi penyakit ringan seperti sakit kepala hingga untuk mencegah penyakit yang berat seperti kanker. Selain itu, tanaman ini juga dapat digunakan untuk membantu mengobati wasir serta menurunkan risiko penyakit diabetes. Tanaman ini juga memiliki kemampuan menyerap polusi udara, yang di dalamnya terdapat berbagai macam zat penyebab kanker seperti benzena, formaldehida, xilen, dan toluena. Ini berarti tanaman ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang bagus sebagai tanaman yang efektif untuk mencegah penyakit kanker. 

  • Meredakan Stres dan Menurunkan Risiko Depresi

Sama seperti berbagai macam tanaman hias lainnya, manusia yang merawat tanaman ini nyatanya bisa merasa lebih bahagia. Hal ini disebabkan karena keberadaannya di dalam ruangan sebagai tanaman hias mampu memberikan efek menenangkan, sehingga dapat membantu meredakan stres serta mampu menurunkan risiko depresi. 

BACA JUGA: Kampanye Alam Lets Keep The Earth Clean And Green

Perawatan Tanaman Lidah Mertua

Sebagai tanaman hias, tanaman ini termasuk jenis tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Beberapa jenis tanaman ini memiliki nilai jual yang begitu tinggi, sehingga banyak orang yang membudidayakan tanaman ini sebagai tanaman hias untuk dijual. Selain itu, tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman yang mudah dirawat sebagai tanaman hias. Tanaman ini dapat diletakkan di berbagai tempat, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan sesuai kebutuhan. 

Untuk melakukan perawatan terhadap tanaman ini, cukup dengan melakukan penyiraman sebanyak satu kali selama beberapa minggu. Ini bertujuan agar tanaman hias ini tetap lembab, namun tidak terlalu lembab karena tanaman ini mampu hidup dengan kondisi air yang sedikit. Sebaliknya, apabila tanaman ini disiram terlalu sering hingga keadaan tanahnya menjadi sangat lembab, dikhawatirkan tanaman ini akan cepat layu dan mati. Bagi teman-teman yang baru ingin mencoba menanam atau merawat tanaman sebagai pemula, tanaman lidah mertua bisa menjadi pilihan yang tepat.

itu tadi sekilas pandnag mengenai manfaat lidah mertua, jenis-jenisnya dan bagaimana cara merawat lidah mertua.

 

Penulis: Dhesta Alfianti 

Dikurasi oleh Inggrit Aulia Wati Hasanah

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!