Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Kamu tahu!

Lidah buaya merupakan tanaman yang berasal dari benua Afrika. Tanaman ini dapat hidup di berbagai iklim, seperti iklim tropis, subtropis, dan dingin. Lidah buaya dapat hidup di daerah kering pada musim kemarau. selain bentuknya yang cantik, lidah buaya juga biasa digunakan sebagai obat, campuran alat kecantikan, penyehat rambut dan lain sebagainya. artikel ini akan membahas seputar lidah budaya dan juga manfaat lidah buaya yang wajib kamu tahu!

Ads

 

Morfologi Lidah Buaya  

lidah buaya
Gambar 1 Tanaman Lidah Buaya

 

Akar

Lidah buaya memiliki akar yang tumbuh ke samping. Hal tersebut menyebabkan tanaman ini mudah roboh karena sistem perakarannya yang tidak cukup kuat untuk menahan beban dari daun dan dari pelepahnya. 

Batang

Tanaman lidah buaya memiliki batang yang tidak terlalu besar dan berukuran sekitar 10 cm. Batangnya dikelilingi oleh daun-daun yang tebal dan melancip di ujungnya.

Daun

Ciri khas dari tanaman ini pada tepi daunnya memiliki duri. Daunnya tebal dengan bentuk roset

Bunga

Bunga dari lidah buaya biasanya berada di ujung atas tangkai yang keluar dari ketiak daun dan mampu bertahan hanya 1-2 minggu. Setelah waktu tersebut, bunga akan rontok dan tangkai bunganya akan mengering. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
lidah buaya
Gambar 2 Bunga dari Tanaman Lidah Buaya

Bacaan LainnyaLidah Mertua, Tanaman Penyerap Racun Udara

Manfaat Lidah Buaya

Manfaat dari lidah buaya sudah digunakan sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Terdapat fakta sejarah yang mengatakan bahwa bangsa Mesir kuno sudah mengetahui manfaat lidah buaya sejak tahun 1500 SM. karena manfaatnya yang luar biasa, bangsa Mesir kuno menyebut tanaman ini sebagai tanaman keabadian.

 Lalu, apa saja sih manfaat dari tanaman ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari lidah buaya. 

  • Daun lidah buaya dapat diolah menjadi jus yang mempunyai berbagai manfaat, seperti pengobatan herbal untuk diabetes untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, jus lidah buaya juga dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Ekstrak dari daun tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan dan telah terbukti secara klinis. Ekstrak daunnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan bekas luka. Tak hanya itu, ekstrak dari daunnya juga dapat membantu melembabkan kulit, membantu proses detoksifikasi kulit, dan membantu peremajaan kulit. Oleh karena itu, tanaman ini sering kali dijadikan bahan utama produk kosmetik. 
Produk Kosmetik dari Lidah Buaya – Wanaswara
Gambar 3 Produk Kosmetik dari Lidah Buaya

 

  • Selain sebagai minuman jus, lidah buaya juga diproduksi untuk berbagai produk makanan dan minuman, seperti jeli, dawet, dodol, selai, dan lain-lain. Tentunya, makanan dan minuman yang diolah dari tanaman tersebut memiliki kandungan kesehatan bagi tubuh manusia. 
  • Jika kita memotong daun dari tanaman ini, maka akan keluar getah yang sangat kental yang dinamakan eksudat. Eksudat biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat tradisional untuk pemeliharaan rambut, penyembuh luka, dan lain-lain. 
  • Gel adalah bagian yang diperoleh setelah menyayat daun setelah getah (eksudat) dikeluarkan. Gel ini mengandung karbohidrat tercerna yang dapat digunakan sebagai minuman diet. Gel ini terdiri dari polisakarida yang berguna untuk menghalangi kelembaban. Selain itu, gel tanaman ini mengandung antibiotik dan anti cendawan yang berguna memperlambat atau menghalangi mikroorganisme yang dapat menyebabkan keracunan makanan pada manusia. 

 

Penulis: Irfan Maulana  

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

Referensi Literatur:  

alamtani.com. 2013. Sekilas Tentang Manfaat Lidah Buaya. Diakses dari https://alamtani.com/manfaat-lidah-buaya/  pada tanggal 21 Maret 2021.

Purwaningsih, Dyah. Prospek dan Peluang Usaha Pengolahan Produk Aloe Vera L.Diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132304808/pengabdian/makalah+lidah+buaya.pdf  pada tanggal 21 Maret 2021. 

Melliawati, R. 2018. Potensi Tanaman Lidah Buaya (Aloe Pubescens) dan Keunikan Kapang Endofit yang Berasal Dari Jaringannya. BioTrends. Vol 9, (1), hal 1-6. Diakses dari https://terbitan.biotek.lipi.go.id/index.php/biotrends/article/download/222/192 

Pertiwi, M. 2018. Pengaruh Total Dissolved Solids Terhadap Pertumbuhan Bibit Lidah Buaya pada Sistem Hidroponik (Deep Flow Technique). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Mercubuana Yogyakarta. Diakses dari http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/2977/3/BAB%20II.pdf pada tanggal 21 Maret 2021. 

Referensi Gambar:

Gambar 1: https://www.idntimes.com/life/women/fatma-roisatin-nadhiroh/banyak-manfaat-untuk-kecantikan-7-jenis-aloe-vera-ini-perlu-diketahui-c1c2 

Gambar 2: https://id.pinterest.com/pin/486740672199430170/ 

Gambar 3: https://www.merdeka.com/gaya/ini-11-merek-aloe-vera-soothing-gel-yang-bisa-kamu-dapatkan-di-indonesia.html 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdplanting, penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan. Kunjungi situs https://lindungihutan.com/kampanyealam  untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga lingkungan dan alam.

Yuk!, bergabung dan jadi pioneer penghijauan!.