Manfaat Limbah Kopi bagi Lingkungan

Gambar 1 Limbah Kopi 
Gambar 1 Limbah Kopi

Manfaat limbah kopi sangat banyak jika kita mengolahnya dengan baik. Karena di dalam limbah kopi mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi lingkungan. Beberapa kandungan zat tersebut adalah nitrogen, fosfor, dan kalium. Seperti yang kita tahu, nitrogen merupakan unsur hara yang utama bagi tanaman. Jika kandungan nitrogen dalam tanah tercukupi, maka jumlah klorofil akan meningkat, dan hal tersebut akan membuat aktivitas fotosintesis meningkat. Kandungan lainnya, fosfor dapat berfungsi sebagai pemacu metabolisme, sehingga pembelahan sel, pembesaran sel, dan diferensiasi sel berjalan dengan lancar. Dan kandungan yang terakhir yaitu kalium, berfungsi untuk aktivasi enzim, pembentukan protein, fotosintesis, dan lain-lain. 

Ads

Jika kita melihat ketiga kandungan limbah tersebut, kita dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Beberapa penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat dari limbah k0pi. Di bawah ini terdapat dua penelitian yang menunjukkan hasil bahwa limbah k0pi sangat berguna untuk kesuburan tanah. 

Manfaat Limbah Kopi

Membantu Proses Reboisasi 

Manfaat limbah kopi yang pertama adalah membantu proses reboisasi. Belum lama ini, penelitian dilakukan oleh Rebecca J.Cole dan Rakan A. Zahawi dari Universitas Hawai, Amerika Serika dengan judul “Coffe Pulp Accelerates Early Tropicak Forest Sucession on Old Fields”. Dalam penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan limbah kopi (pulp) dapat membantu proses pemulihan 80% tutupan hutan tropis yang sebelumnya rusak akibat penebangan liar. 

Penelitian tersebut dilakukan dengan melakukan percobaan di lahan bekas pertanian yang terdegradasi di daerah Kostarika. Mereka menyebarkan tiga puluh limbah kopi di area seluas 35 x 40 m. Untuk membandingkan percobaan tersebut, mereka juga menandai area serupa tanpa menaburkan limbah tersebut pada tanahnya. Mereka mengamati kedua lahan percobaan tersebut selama 2 tahun. 

Dalam pengamatan yang dilakukan selama 2 tahun, terdapat beberapa hasil yang mencengangkan. Hasil pertama adalah lahan yang ditaburi limbah kopi pada tanahnya berubah menjadi hutan kecil, sedangkan lahan yang tak ditaburi limbah kopi didominasi oleh padang rumput. Area yang ditaburi limbah k0pi memiliki tutupan tajuk sebesar 80%. Kanopi di area limbah k0pi juga empat kali lebih tinggi dibandingkan area pembanding. Hasil kedua yang mereka temukan adalah beberapa nutrisi, seperti karbon, nitrogen, dan fosfor dalam tanah di area limbah kopi meningkat jika dibandingkan dengan area pembanding. Hasil tersebut mengejutkan para peneliti, mengingat lahan pertanian yang terdegradasi memiliki kualitas tanah lebih rendah dan menyebabkan melambatnya pemulihan hutan. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Membantu Pertumbuhan Tanaman 

Manfaat yang kedua yaitu memmbantu pertumbuhan tanaman. Jika sebelumnya limbah kopi diaplikasikan pada hutan, kali ini pengaplikasiannya dilakukan pada tanaman, yaitu selada. Penelitian ini dilakukan oleh tiga mahasiswa Universitas Diponegoro dari program studi Biologi dengan judul “Pengaruh Pemberian Limbah Kopi terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca Sativa L)”. Limbah yang digunakan dalam penelitian berupa limbah kopi padat dan cair. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengamati beberapa hal, seperti tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah dan berat kering tanaman, panjang akar, serta berat basah dan berat kering akar.

Hasil dari penelitian tersebut adalah kedua jenis limbah kopi, yaitu limbah k0pi padat dan cair berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman selada. Limbah kopi cair mampu meningkatkan beberapa hal, yaitu berat basah dan kering akar dan panjang akar. Sedangkan untuk limbah k0pi padat menurunkan pertumbuhan tanaman selada. Hal tersebut diakibatkan karena limbah k0pi padat mempunyai perbandingan rasio karbon dan nitrogen yang tinggi, dimana konsentrasi nitrogen menurun karena terdapat aktivitas organisme tanah yang menyebabkan nitrogen habis untuk pertumbuhan. 

 

Penulis: Irfan Maulana

Dikurasi oleh Inggrit Aulia Wati Hasanah

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!