Melawan Stigma Bersama Alam: Story K-Pop dalam Kampanye LindungiHutan

“Apaan sih Kpopers? Kumpulan orang-orang halu, ngga ada kerjaan“

Ads

“Ngapain lu jadi Kpopers? Buang-buang waktu doang, ngga ada manfaatnya.“

“Semenjak jadi Kpopers lu jadi boros ya, beli-beli mulu Kpop stuff. Mending lu sumbangin deh duitnya biar lebih bermanfaat!“

Kpop dan Stigma dalam Masyarakat

Hai para K-popers, familiar dengan berbagai kalimat-kalimat di atas? Mungkin 90% pasti pernah mendengarnya baik dari curhatan sesama Kpopers, atau bahkan mendengarnya langsung dari teman yang merupakan seorang Non K-popers. Ucapan seperti itu bahkan bisa saja keluar dari orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat, atau pacar. 

Sejak dahulu menjadi penggemar K-pop tak luput dari stigma atau pelabelan negatif di tengah masyarakat. Kata Stigma sepertinya sudah melekat di samping nama para K-popers. Mereka selalu dilihat sebagai sekumpulan orang-orang yang sangat obsesif, alay, halu, boros, gabut, dan sederet stigma lainnya.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Menjadi seorang K-popers seringkali disalahpahami. Selain Mereka dianggap sosok yang beringas karena sikap fanatiknya yang luar biasa kepada idola, mereka kerap disangka boros karena bisa mengumpulkan K-pop stuff yang beberapa  harganya bisa dibilang mahal. Mereka pun bisa sangat terobsesi hingga sampai mencari tahu keseharian idolanya. Lalu ada juga yang beranggapan bahwa K-popers adalah tukang ribut karena tidak jarang pula sesama fandom (kumpulan/basis penggemar) K-popers yang berbeda justru saling bermusuhan. dan menciptakan Fanwar (Perang antar Fans).

Lelah dengan berbagai label yang ditujukan pada mereka, beberapa diantara sekian banyak Fandom K-pop berusaha untuk melawan stigma tersebut dengan berbagai kegiatan positif. Entah itu supporting idol dengan sewajarnya, berkarya dengan membuat berbagai fan art yang bisa berupa video, lagu, tulisan atau gambar, mengembangkan kemampuan berbahasa bahkan melakukan banyak project-project sosial.

Kegiatan project sosial bisa dilakukan biasanya ketika menghadapi tanggal-tanggal penting atau sebagai pengingat peristiwa penting bagi suatu Fandom. Misalkan, memperingati ulang tahun member atau grup, menyambut debut idol baru dari sebuah acara survival, menyambut comeback suatu grup dan lainnya. Beberapa diantara para fandom membuat project sosial dengan membuat kampanye alam untuk penanaman di berbagai pesisir di Pulau Jawa khususnya melalui Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Siapa Saja yang Pernah Membuat Kampanye Alam?

Beberapa fandom Kpop sudah pernah membuat kampanye alam di LindungiHutan, mereka adalah:

  • Golden Child/Goldenness 

KPop LindungiHutan
Poster Kampanye Alam untuk Golden Child © LindungiHutan

Golden Child adalah boyband Korea yang dibentuk oleh Woollim Entertainment pada tahun 2017. Mereka debut pada 28 Agustus 2017 dengan album mini pertama mereka, Gol-Cha! Fans mereka bernama Goldenness. Pada tanggal 01 Maret 2020 sebuah akun dengan nama Woollim Forest membuat sebuah kampanye alam bernama 1500 trees for 3rd anniversary of Golden Child untuk merayakan 3 Tahun bersama Golden Child. Setiap pohon yang didonasikan akan ditanam di Pesisir Kangkung, Kendal.  

  • BTS/Army

Kpop LindungiHutan
Poster Kampanye Alam untuk BTS Jimin © LindungiHutan

BTS juga dikenal sebagai Bangtan Boys, adalah sebuah boyband beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment. Nama tersebut kemudian berakronim menjadi Beyond the Scene. Pada tanggal 25 September 2020 sebuah akun bernama Asabell Audida mengunggah kampanye alam untuk penanaman di Desa Bedono, Demak dengan nama kampanye 1000 Pohon untuk BTS Jimin (Jimins Birthday Project) untuk mengajak para Army (Fans dari BTS) merayakan Ulang Tahun Park Jimin. Kampanye tersebut sudah berakhir dengan capaian 8,720 pohon terkumpul. 

  • Red Velvet/Reveluv 

Kpop LindungiHutan
Poster Kampanye Alam untuk Red Velvet © LindungiHutan

Red Velvet adalah grup musik Korea Selatan yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2014 dan terdiri dari lima anggota. Kelompok ini memulai karier mereka pada tanggal 1 Agustus 2014 dengan merilis single digital “Happiness“. Pada tanggal 09 Juli 2020 Reveluv (Fans Redvelvet) Indonesia dengan akun ReVeluv INA Union membuat sebuah kampanye alam untuk membantu menghijaukan Pesisir Tambakrejo, Semarang. Kampanye Alam berjudul LindungiHutan X ReVeluv INA Union telah berakhir dengan total 100 pohon  terkumpul. Akun lain bernama BelleÂme sebagai salah satu Fansite Red Velvet, mengadakan kolaborasi penghijauan bersama LindungiHutan untuk memperingati peringatan debut Red Velvet yang ke-6 pada 1 Agustus 2020 lalu. Dibantu oleh ReVeluvINAEvent serta ReVeluvINAUnion, BelleÂme ingin mempersembahkan hutan untuk Red Velvet. Kampanye tersebut juga sudah selesai dengan total 100 pohon terkumpul untuk menghijaukan Bontang Mangrove Park. 

  • NCT/NCTZen

NCT adalah grup vokal pria asal Korea Selatan  yang dibentuk oleh SM Entertainment. NCT merupakan singkatan dari Neo Culture Technology, istilah yang diciptakan oleh pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man, untuk mendeskripsikan konsep grup ini yang memiliki jumlah anggota tak terhingga yang terbagi ke dalam beberapa sub-unit berbasis di berbagai kota di dunia. Tiga membernya yaitu Winwin, Chenle dan Yuta dibuatkan kampanye alam oleh akun InfiniteLjong dalam rangka merayakan ulang tahun ketiganya. Kampanye Alam untuk Winwin dibuat pada tanggal 18 Agustus 2020. Sekitar 300 pohon dibutuhkan untuk Kampanye ini yang nantinya akan ditanam di Pantai Bahagia, Bekasi. Sementara itu, Kampanye alam untuk Yuta dibuat pada tanggal 09 September 2020 dengan target 150 Pohon untuk menghijaukan Pantai Jungsemi, Kendal. Pada tanggal yang sama dengan Yuta, Kampanye Chenle dibuat untuk menghijaukan Kampung Laut, Cilacap, dengan target 250 Pohon. Ketiga kampanye tersebut masih berlangsung sampai kurang lebih 30 hari ke depan. 

  • Blackpink/Blink

Kpop LindungiHutan
Poster Kampanye Alam untuk BlackPink Jennie © LindungiHutan

BlackPink, adalah sebuah grup penyanyi perempuan Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment, terdiri dari para anggota seperti Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa. Pada tanggal 20 September 2020 seorang Blink (Fans Blackpink) dengan akun piyapiyopa membuat kampanye alam dengan nama Form Jennie To Earth  untuk mendukung penghijauan Bontang Mangrove Park, Bontang, sekaligus merayakan ulang tahun salah satu membernya yaitu Kim Jennie atau Jennie. 

  • Stray Kids/Stay

Kpop LindungiHutan
Poster Kampanye Alam untuk Stray Kids © LindungiHutan

Stray Kids, adalah sebuah grup vokal laki-laki asal Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment melalui acara realitas berjudul Stray Kids pada tahun 2017. Untuk merayakan ulang tahun dari tiga membernya yaitu Han Jisung, Lee Felix, Kim Seungmin, para Stay (Fans Stray Kids) membuat sebuah kampanye alam pada tangal 24 Agustus 2020 dengan akun Stray Kids Forest. Dengan nama kampanye Australian Pines for Stray Kids September Babies, dan total 469 pohon terkumpul mereka berharap bisa membantu penghijauan Pantai Jungsemi, Kendal. 

  • Super Junior/ELF

Kpop LindungiHutan
Poster Kampanye Alam untuk Super Junior © LindungiHutan

Super Junior juga dikenal sebagai SJ atau SUJU adalah boy band asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 2005 oleh produser Lee Soo-man dari perusahaan rekaman S.M. Entertainment. Mereka juga dijuluki oleh media dan Penghargaan Musik Korea sebagai “King of Hallyu Wave” karena kontribusi penting mereka terhadap Korean Wave. Untuk merayakan Anniversary yang ke 15, para ELF (Fans Super Junior) dengan akun Tika Putrie membuat kampanye alam untuk mendukung penghijauan di Bontang Mangrove Park dengan target 116 pohon. Kampanye ini masih berlangsung dan akan berakhir kurang lebih 30 hari lagi.  

  • Infinite/Inspirit

Infinite adalah boyband asal Korea Selatan di bawah label Woollim Entertainment, yang juga rumah bagi bakat lain seperti Lovelyz, Golden Child dan Rocket Punch. Kelompok ini terdiri dari 6 anggota. Dalam rangka merayakan ulang tahun sang Rapper, akun InfiniteLjong membuat kampanye alam mengajak para Inspirit untuk menghijaukan Pantai Bahagia, Bekasi. 

Manfaat Membuat Kampanye Alam

  • Mengubah Stigma Negatif 

Stigma boros yang disematkan pada K-popers akan perlahan berubah ketika banyak para K-popers berlomba-lomba membuat project sosial untuk menunjukan rasa cinta mereka pada Idolnya. Membeli Kpop stuff yang merupakan salah satu cara mendukung idol, kadang dianggap sebagai bentuk pemborosan karena barang-barang tersebut tidak memiliki manfaat dan hanya bersifat musiman. Dengan membuat kampanye alam dan juga ikut berdonasi, uang tersebut akan lebih bermanfaat bagi penghijauan di berbagai daerah di Indonesia. . 

Melalui project sosial bersama alam ini juga Para K-popers bisa mematahkan stigma bahwa mereka adalah orang-orang alay dan halu yang kerjanya hanya bertengkar, menghujat idol dan orang-orang yang tidak suka Kpop. Buktinya mereka bisa membuat sesuatu yang positif, yaitu mendukung idolnya dengan membuat kampanye alam sebagai bentuk kalau mereka masih peduli alam. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui jadinya, dukung idol bisa sambil  membuat project sosial untuk merawat bumi. 

  • Menghijaukan Citra Fandom K-Pop

Tidak bisa dipungkiri bahwa perjalanan karir idol satu dengan lainnya berbeda sehingga kadang memunculkan rasa iri antar fandom yang akhirnya memicu fanwar. Mereka akan cenderung menjelek-jelekan idol lawan, membandingkan idolnya dengan idol lawan. Akhirnya perseteruan ini merambat ke masalah membanding-bandingkan prestasi Fandom Mereka pun berlomba-lomba untuk menunjukan bahwa fandomnya adalah yang terbaik dengan berbagai kegiatan.

Dengan membuat kampanye alam bersama LindungiHutan, kamu bisa membuat citra fandommu lebih positif. Melawan setiap penghakiman dari fandom lain dengan menunjukan bahwa kamu dan fandommu lebih fokus untuk untuk mendukung idol sekaligus bisa sambil merawat lingkungan. 

  • Berkontribusi Menghijaukan Bumi

Membuat kampanye alam bisa menjadi sebuah momentum bukti bakti kita terhadap bumi yang kita tempati, dengan cara membangun harapan, mewujudkan kepedulian dan menampung kontribusi nyata dari seluruh elemen masyarakat sehingga terwujud lingkungan yang lebih terawat dan bumi yang lebih nyaman untuk ditempati. Karena isu lingkungan merupakan masalah dan tanggung jawab bersama semua pihak, dan butuh kepedulian serta gotong royong seluruh elemen untuk menyelesaikannya.

Selama ini kita telah terlalu banyak menggunakan sumber daya dan energi yang diambil dari alam, sehingga ini saatnya kita mengembalikan lagi kepada alam apa yang telah kita ambil darinya. Tugas untuk memperlambat perubahan iklim, adalah tanggung jawab semua orang. Tidak peduli apapun latar belakang kita, kegemaran kita, selama kita adalah manusia yang tinggal di bumi, maka sudah seharusnya kita merawat bumi. Dengan membuat kampanye alam, kita sudah melakukan salah satu hal sederhana untuk memperlambat perubahan iklim dengan menanam pohon. Selain untuk mencegah abrasi, penanaman pohon akan efektif untuk menyerap emisi karbon. Sehingga, diharapkan mampu memperlambat terjadinya perubahan iklim. Apalagi, dengan menanam pohon, berarti kita telah menyediakan rumah atau habitat bagi fauna-fauna.

  • Memberikan Kado yang Berkesan untuk Idol

Siapa sih yang tidak suka diberi kado? Apalagi kalau kado tersebut ternyata membawa kesan tersendiri dan membuatnya diingat terus sepanjang masa. Salah satu momen berbagi kado dan kebahagiaan itu adalah saat ada yang berulang tahun, baik orang tua, keluarga, sahabat, bahkan untuk idola sendiri. Rasanya tidak sah jika saat idola berulang tahun, para fans tidak memberikan apapun selain doa dan dukungan yang terbaik. 

Sudah bukan rahasia lagi kalau fans idol K-Pop yang militan itu memang loyal dengan idolanya. Tak sedikit dari mereka yang rela melakukan berbagai hal luar biasa untuk sang idola. Pembuktian cinta para penggemar idol K-Pop ini memang nggak melulu ditunjukkan dengan hal-hal yang serba mewah. Justru, banyak penggemar yang memilih untuk menunjukkan rasa cintanya melalui kegiatan sosial.

Membuat kampanye alam sebagai kado untuk idol bisa meninggalkan kesan karena nantinya nama sang idol akan diabadikan di tempat penanaman sebagai bukti bahwa mereka juga pernah berkontribusi untuk alam. Apalagi jika idolmu adalah orang yang sangat peduli terhadap lingkungan dan isu-isu seputarnya. Jika kampanye alammu viral, diliput berbagai media termasuk media Korea, sampai akhirnya sampai ke telinga biasmu, mungkin akan membuat ia tersentuh juga karena diluar sana ada orang yang memberikan kado istimewa seperti ini untuknya. 

Kado dengan harga yang bisa diukur itu sudah biasa, tapi kado dengan tujuan mulia seperti ingin menghijaukan bumi, tentu akan meninggalkan kesan yang mendalam. 

Jadi, tunggu apalagi? Mari melawan stigma bersama alam melalui LindungiHutan.com. Berikan idolmu kado terbaik dari bumi!

Penulis: Syahidatul Khofifah

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!