Memulai Era Sehat, Kendaraan Listrik Jadi Solusi

Pengertian Kendaraan Listrik

Belakangan kendaraan listrik menjadi topik yang sering dibicarakan. Mengingat aksi peduli lingkungan yang semakin gencar diadakan berbagai pihak, kendaraan tersebut hadir menjadi bagian aksi peduli lingkungan. Lalu apa itu kendaraan listrik? kendaraan listrik merupakan sarana mobilitas yang menggunakan satu atau lebih motor listrik sebagai sumber daya penggeraknya seperti dinamo yang energi geraknya tersimpan di baterai.  Kendaaraan tersebut dinilai dapat mengurangi emisi gas karbon yang ditimbulkan oleh pembakaran mesin pada kendaraan biasa. 

Ads

Menjadi salah satu solusi masa depan dalam mengurangi pemanasan global dan penghematan sumber daya alam tak terbarukan, kendaraan listrik sudah banyak diterapkan di berbagai Negara.  Beragam produk  yang telah dibuat. Penggunaannya tentu saja memliki banyak sekali kelebihan. Adapun kelebihan yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Tidak memerlukan bensin membuat biaya kepemilikan lebih murah dan beban biaya dialihkan ke penggunaan listrik yang lebih murah daripada penggunaan bensin.
  2. Perawatan yang lebih mudah  karena tidak diperlukan lagi perawatan rutin seperti pada kendaraan biasa. Hal ini karena ada beberapa komponen yang ditiadakan dari kendaraan biasa. 
  3. Tujuan utamanya untuk menjaga lingkungan. Kendaraan biasa mengeluarkan zat sisa pembakaran dari hasil olahan bahan bakar minyak yang nantinya zat sisa ini dapat merusak lapisan ozon serta meningkatkan pemanasan global. Sedangkan pada kendaraan listrik tidak menghasilkan emisi gas karbon.

Jenis-Jenis Kendaraan Listrik

Penekanan penggunaan listrik pada kendaraan menyebabkan kendaraan-kendaraan beralih ke tenaga listrik, baik itu kereta maupun sepeda. Ada beberapa jenis kendaraan yang bertenaga listrik sebagai alat mobilitasnya, berikut ini jenis-jenisnya:

  • Kereta Api Listrik 

Perkembangan zaman telah membawa era baru pada perubahan dan perkembangan kereta api. Kerta api yang berawal dari tenaga uap telah berkembang menjadi tenaga listrik. Ada dua macam sumber listrik yang biasa dipakai kereta api listrik yaitu sumber AC (Alternating Current) dan DC (Direct Current). Sumber DC yang umum dipakai biasanya 1500 volt, sedangkan untuk kereta super cepat biasa menggunakan sumber AC. Untuk menyalurkan listrik tersebut ke kereta yang berjalan, ada alat yang bernama Pantograf sebagai penyalurnya. Tipe pantograf ada yang Diamond-Shaped dan Single-Arm. Kedua tipe ini memiliki fungsi sama yaitu mengalirkan listrik dari sumber diatas ke konverter kemudian diteruskan ke motor sehingga kereta api dapat berjalan.

Gambar 1. Kereta Api Listrik
Gambar 1. Kereta Api Listrik
  • Bus Listrik

Pada tahun 1999, Cina merupakan negara dengan pengguna bus listrik terbanyak di dunia. Di Cina ada ±385.000 bus listrik yang beroperasi di jalanan negara Cina. Cara kerja bus yaitu menyimpan energi listriknya sendiri di dalam sebuah baterai lalu listriknya dialirkan ke seluruh perangkat bus. Salah satu contoh perusahaan yang telah mengembangkan bus listrik adalah Proterra Inc. dari Golden, Colorado, Amerika Serikat. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Gambar 2. Bus Listrik
Gambar 2. Bus Listrik
  • Mobil Listrik

Mobil listrik adalah sebuah mobil yang bertenaga baterai sebagai sumber daya penggeraknya. Popularitas mobil listrik pernah meredup di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 digantikan dengan teknologi mesin pembakaran yang semakin maju pada waktu itu. Hingga pada tahun 2000-an, mobil listrik kembali berjaya karena  krisis energi yang melanda di tahan 1970-an dan 1980-an. Sampai sekarang mobil listrik terus dikembangkan ada beberapa produsen mobil yang memproduksi mobil listrik yaitu Tesla Roadster, Buddy, Nissan Leaf dan BMW.

Gambar 3. Mobil Listrik
Gambar 3. Mobil Listrik
  • Skuter Listrik dan Sepeda Motor Listrik

Pengembangan kendaraan listrik tak hanya sampai di kendaraan besar saja, tetapi juga merambah ke kendaraan kecil seperti sepeda motor. Selain itu, skuter yang biasanya digunakan untuk bermain dengan tenaga manusia, berganti menjadi skuter bertenaga listrik yang lebih besar agar bisa dijadikan kendaraan sehari-hari.

Gambar 4. Motor Listrik
Gambar 4. Motor Listrik

Negara yang Menekankan Penggunaan Kendaraan Listrik

Diprediksi menjadi kendaraan masa depan, kendaraan listrik telah diterapkan secara intensif di beberapa negara. Untuk memperlancar aksi penggunaannya, pemerintah di beberapa negara memberikan subisdi kepada masyarakatnya yang menggunakan kendaraan tersebut seperti keringan pajak ataupun potongan harga beli untuk kendaraan baru. Adapun beberapa negara yang telah intensif menggunakannya, yaitu:

  1. Amerika 

Di lansir dari Times, ada ±10 negara bagian Amerika Serikat yang sudah intensif menerapkan mobil listrik sebagai kendaraan pribadi. Seperti New York menawarkan intensif senlai 2.000 USD dengan tambahan diskon 10% untuk biaya tol. Sedangkan untuk California sendiri menawarkan intensif senilai 5.000 USD dan tambahan 3.000 USD apabila mobil listrik itu digunakan di wilayah itu.

2. Cina

Cina merupakan pasar kendaraan  listrik terbesar di dunia. Untuk menarik minat masyarakatnya, intensif yang ditawarkan untuk penggunanya di Cina senilai 50.000 Yuan. Karena nilai intensif yang besar, mendorong penjualan mobil ramah lingkungan di Cina menyentuh angka yang relatif tinggi.

3. Kanada 

Pemerintah Kanada memberikan intensif senilai 5.000 USD menyebabkan pasar mobil listrik meningkat sebesar 30% sejak Maret 2019. Hal ini karena pemerintah Kanada menargetkan seluruh mobil yang terjual pada 2040 merupakan kendaraan bertenaga ramah lingkungan tersebut.

4. Norwegia

Sejak Maret 2019, 60% kendaraan baru yang ada di Norwegia merupakan berbahan dasar listrik. Dilansir dari Forbes, penjualan ini didominasi penjualan Tesla Model 3, Nissan Leaf dan Volkswagen Golf. Intensif yang diberikan bukan hanya berupa uang, tetapi juga penghapusan pajak pembelian hingga keringanan biaya tol untuk mobil listrik.

Penggunaan kendaraan bertenaga listrik sangat menguntungkan, tidak hanya untuk pengguna tetapi juga untuk lingkungan. Oleh sebab itu, di masa mendatang diharapkan semua negara di dunia dapat menerapkan kendaraan ramah lingkungan ini sebagai kendaraan permanen. Penyediaan fasilitas pengisi daya juga diperbanyak agar pengguna tidak perlu khawatir kehabisan daya saat di perjalanan.

 

Penulis : Elsha Aureal Shopia

 

Referensi literatur :

Alibaba.com. Sepeda Listrik Roda Tiga 1000W. Tersedia Dalam: https://indonesian.alibaba.com/product-detail/electric-tricycle-three-wheel-1000w-adult-electric-passenger-tricycle-motorcycle-3-wheel-scooter-made-in-china-60842340763.html Diakses Pada 9 Januari 2021

Kompas.com. 2011. Bus Listrik Dengan Pengisian Baterai Cepat!. Tersedia Dalam: https://regional.kompas.com/read/2011/06/21/11490664/bus.listrik.dengan.pengisian.baterai.cepat. Diakses Pada 9 Januari 2021

Oto.com. Kendaraan Listrik. Tersedia Dalam: https://www.oto.com/kendaraan-listrik Diakses Pada 9 Januari 2021

Wikipedia.com. 2019. Kendaraan Listrik. Tersedia Dalam: https://id.wikipedia.org/wiki/Kendaraan_listrik Diakses Pada 9 Januari 2021

Wikipedia.com. 2020. Kereta Rel Listrik. Tersedia Dalam: https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_Rel_Listrik Diakses Pada 9 Januari 2021

Wikipedia.com. 2021. Bus Listrik. Teredia Dalam: https://id.wikipedia.org/wiki/Bus_listrik Diakses Pada 9 Januari 2021

Arwindra Rizqiawan. 2010. Kereta Rel Listrik. Tersedia Dalam: https://konversi.wordpress.com/2010/04/23/kereta-rel-listrik/ Diakses Pada 9 Januari 2021

 

Referensi gambar :

  • Gambar 1

https://id.wikipedia.org/wiki/Kendaraan_listrik

  • Gambar 2

https://id.wikipedia.org/wiki/Kendaraan_listrik

  • Gambar 3

https://id.wikipedia.org/wiki/Kendaraan_listrik

  • Gambar 4

https://id.wikipedia.org/wiki/Kendaraan_listrik 

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk 

Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!