Buah Nanas dan Analisa Prospek Bisnis Lengkap

Nanas adalah tumbuhan tropis yang termasuk dalam famili Bromaliaceae. Buah nanas mempunyai prospek bisnis yang menjanjikan bagi para petani yang ingin mengembangkan usahanya. Menanam buah nanas tidaklah sulit sebab kondisi negara Indonesia sangat mendukung pertumbuhan pohon nanas. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai nanas. 

Ads
gambar 1 kebun nanas
gambar 1 kebun nanas

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Menanam Buah Nanas yang Berkualitas 

Pemilihan tempat yang sesuai

Pohon nanas sangat baik di tanam di daerah dataran tinggi dengan suhu panas 23-31 °C selama 9 jam dengan keasaman tanah  5,7 – 7 pH. Hindari penanaman pohon nanas pada musim penghujan karena dapat menyebabkan buah nanas cepat busuk. Selain itu, sebisa mungkin tidak menanam nanas di daerah dataran rendah karena kualitas yang dihasilkan tidak sebagus nanas yang ditanam di dataran tinggi. Buah nanas yang dihasilkan daerah dataran rendah cenderung berukuran kerdil dan sangat masam jika dikonsumsi.

Pemilihan bibit buah nanas yang berkualitas

Bibit yang baik adalah bibit yang daunnya berwarna hijau segar dan tebal. Bibit nanas dapat diperoleh dengan 2 cara, yaitu dengan tunas dan stek batang. Adapun rekomendasi penggunaan bibit yang baik, yaitu dengan cara tunas (vegetatif) karena bibit ini dapat menghasilkan buah lebih cepat. Sebaiknya jangan langsung tanam bibit pada media tanah akan tetapi gunakan polybag untuk media pertumbuhannya. Hal ini bertujuan agar bibit mendapatkan perawatan yang benar dan menghasilkan nanas yang berkualitas sebelum ditanam pada media tanah yang luas.

Penyiapan media tanam

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menanam nanas adalah penggunaan media tanah. Tanah yang gembur dan tidak banyak mengandung air sangat cocok untuk pertumbuhan pohon nanas. Untuk memperlancar sirkulasi air dalam penanaman nanas, sangat disarankan menggunakan galengan (tanah berundak) dengan tinggi 30 cm lebar 80 cm. Jarak antar galengan 100 cm. Hal ini bertujuan agar air yang disiramkan pada nanas nantinya akan tertampung di pematang sehingga buah nanas tidak tergenang air dan tidak ada bakteri pembusuk buah nanas. Jangan lupa untuk mengatur pH tanah yang digunakan dengan cara melakukan pengapuran tanah.

gambar 2 galengan lahan nanas
gambar 2 galengan lahan nanas

Proses penanaman buah nanas

Idealnya nanas ditanam pada kedalaman 30 cm x 30 cm dengan jarak antar tanaman 60-80 cm. Pastikan seluruh bonggol nanas tertutupi tanah dan menyisakan daunnya saja. Kemudian padatkan tanah agar akar nanas mempunyai kontak erat dengan tanah sehinga merangsang pertumbuhan nanas. Selain itu, pemadatan tanah juga bertujuan agar galengan tidak mudah roboh. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Proses pemeliharaan lahan buah nanas

Nanas hanya membutuhkan sedikit air untuk pertumbuhannya. Pastikan bahwa tanah nanas selalu lembab atau basah. Jangan ada genangan air di sekitar nanas. Cukup siram pada pagi dan sore hari. Biasanya menanam nanas dilakukan di tempat yang teduh agar panas yang diterima buah nanas cukup untuk pertumbuhannya. Lakukan pergantian tanaman yang busuk agar tidak membuat tanaman yang lain ikut busuk. Beri pupuk sesuai keadaan tanah dan jangan lupa untuk mengendalikan hama. Biasanya hama nanas adalah kumbang tanduk. Untuk mengatasi hama kumbang ini, cukup dengan menyemprotkan cairan Insectisida Diazinon atau merek lainnya pada pohon nanas.

Proses panen buah nanas

Nanas dapat dipanen sekitar 18 bulan (untuk bibit tunas) setelah masa tanam. Nanas yang siap dipanen adalah nanas yang mahkotanya terbuka lebar, tangkainya mengerut (seperti hampir layu kekurangan air), warna buah nanas sedikit kekuning-kuningan, dan sudah muncul aroma pada buahnya. Cara memanen nanas yang tepat adalah menggunakan pisau yang steril dan tajam agar nantinya tanaman nanas yang ada tunasnya tidak busuk. 

gambar 3 nanas siap panen
gambar 3 nanas siap panen

Propek Bisnis Budidaya Nanas dan Rekomendasi Pengolahan Buah Nanas yang Kaya Akan Manfaat 

Buah nanas dapat dikembangbiakan di lahan yang sempit 

Apabila petani memiliki lahan yang sempit, misalnya hanya memiliki lahan pekarangan, menanam nanas menjadi pilihan yang menjanjikan. Petani dapat menanamnya menggunakan polybag besar atau satu deret di batas jalan. Hasil panen dari pekarangan digunakan sebagai konsumsi pribadi atau untuk dibagikan ke tetangga terdekat. Selain itu, menanam buah nanas tidak memerlukan modal yang banyak. Modal yang banyak biasanya dikeluarkan pada penggunaan pupuk kimia. Namun, terdapat alternatif pengganti pupuk kimia, yaitu petani bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik lainnya. (baca juga inovasi ramah lingkungan)

Buah nanas dapat diolah menjadi berbagai produk jadi lainnya

Pengolahan buah nanas tergantung dari karakteristik masing-masing nanas (sudah matang atau belum).  Banyak variasi yang patut dicoba, contohnya:

  1. Keripik buah nanas

Cara pembuatannya cukup mudah. Pertama kupas buah nanas yang hampir matang  (jangan terlalu matang karena hasilnya akan lembek). Setelah itu, cuci bersih dan potong sesuai selera yang penting tipis agar dalam penggorengan tidak memakan waktu yang lama. Kemudian rendam dalam air garam, tiriskan, dan masukkan dalam freezer hingga beku. Tahap akhir adalah penggorengan. Usahakan menggoreng nanas beku tadi dengan minyak bersuhu sedang dan stabil agar warna keripik nanas tidak hitam. 

  1. Selai Buah nanas

Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu nanas dalam kondisi matang atau terlalu matang (terlalu matang disini bukan buah yang busuk dan berbau, namun ndalu atau warna nanas kuning keseluruhan dan tidak empuk bila dipencet) diblender sampai halus. Kemudian didihkan dengan api sedang dalam wajan atau panci. Tambahkan gula serta pengental agar tekstur nanas seperti selai. Didihkan sampai sebagian kandungan air yang ada di nanas menguap. Jangan lupa untuk terus mengaduknya agar selai tidak menggumpal.

  1. Sirup Buah nanas

Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu hampir sama dengan pembuatan selai, bedanya dalam pengolahan sirup nanas tidak dididihkan sampai mengental, cukup dimasak sampai mendidih saja. Hal tersebut bertujuan agar sirup lebih tahan lama di dalam kulkas. Bahan pengental diganti dengan asam citrun untuk menguatkan rasa nanas. Terakhir, sirup yang sudah jadi tersebut disaring dan dimasukkan dalam botol yang tertutup rapat.

  1. Sari buah nanas 

Cara pembuatannya sama dengan sirup nanas. Hanya saja proses penyaringan dilakukan setelah nanas di blender. 

Konsumen buah nanas beragam mulai dari anak anak hingga orang tua

Dengan konsumen yang beragam tersebut tidak akan sulit untuk memasarkan produk olahan nanas. Petani juga bisa memasarkan produknya melalui media online, dengan begitu cangkupan konsumennya lebih luas. Selain itu, terdapat program kemitraan untuk petani nanas jika mereka mempunyai lahan namun tidak memiliki modal yang cukup. Program kemitraan juga dapat digunakan sebagai perantara untuk memasarkan produknya.

Bisnis budidaya buah nanas memiliki titik balik modal yang relatif singkat

Biasanya dalam waktu kurang lebih 2 bulan petani bisa mengembalikan modal awal mereka, dihitung setelah 2 kali panen. Balik modal bisa lebih cepat dari perkiraan apabila para petani menanam varietas lain dari nanas dalam kurun waktu yang berdekatan. Misalnya, pada minggu pertama dalam 2 atau 3 galengan ditanami nanas madu, pada minggu ke 4 dalam 2 atau 3 lainnya ditanami nanas jenis queen. 

Niat dan Kesungguhan sebagai Kunci Keberhasilan Budidaya Buah Nanas

Mulai segala sesuatunya dari hal terkecil

Misalnya minggu pertama menanam 1 pohon nanas, kemudian minggu kedua menanam 2 pohon nanas, begitu seterusnya. Bisa juga pada tahun pertama memulai usaha dari pekarangan rumah, tahun kedua menyewa lahan, tahun berikutnya mempunyai lahan sendiri, dan seterusnya. Sesuatu yang besar lahir dari hal kecil. 

Jangan takut memulai usaha

Ketika menghadapi masalah yang berat dalam berbisnis nanas, jangan mengambil keputusan dalam keadaan yang kacau, tenangkan pikiran sejenak dengan pergi ke tempat favorit. Kebanyakan pengusaha menganggap hal tersebut tindakan yang sia-sia. Padahal hal tersebut adalah salah satu cara agar kita dapat mengambil keputusan dengan bijak. menurut para ahli, menenangkan pikiran dengan berjalan-jalan ke tempat yang indah atau alam dapat mengurangi rasa stres pada tubuh. 

Tentukan target dalam kurun waktu yang pendek 

Target mudah digapai dalam kurun waktu yang pendek. Dengan menentukan target yang pendek, strategi yang dijalani dapat tepat sasaran. Misalnya, target dalam satu tahun, jumlah konsumen meningkat sebesar 25% daripada tahun sebelumnya. Dalam penentuan target tentunya harus dipikirkan secara matang. Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain: mencermati persaingan pasar, melihat prospek pasar yang sedang berkembang, memanfaatkan analisis SWOT atau ATM, dan mempromosikan keunggulan produk yang dimiliki melalui berbagai media. 

Selalu yakinkan pada diri sendiri bahwa “saya bisa dan saya mampu”

Persepsi seorang pengusaha yang demikian dapat memotivasi diri untuk melakukan hal lebih pada bisnisnya. Para pengusaha cenderung melihat problem sebagai tantangan yang dapat menjadi peluang untuk memajukan usahanya. Mengapa demikian? Masalah akan terlihat kecil dan akan selalu memiliki solusi. Dengan demikian, pengusaha akan banyak berobservasi kemudian menarik kesimpulan untuk menemukan solusi dari masalah yang ditimbulkan. Masalah yang timbul dalam berbisnis akan selalu ada tergantung bagaimana cara menyikapinya. Tidak semua masalah berdampak buruk. Beberapa masalah akan menjadikan bisnis semakin maju dengan strategi yang tepat. Banyak bertanya pada ahlinya dan jangan takut untuk mencoba. Selamat berproges. baca juga berkaca dalam koma, sebuah perjalanan memahami jiwa

 

Penulis : Inggrit Aulia Wati Hasanah 

Sosmed : https://www.instagram.com/inggrithasanah/ 

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!