Artis Peduli Lingkungan: Apa Alasannya?

Kampanye Aktivis Lingkungan
Aktivis Lingkungan © unsplash.com

Permasalahan lingkungan menjadi hal krusial yang terus-menerus menjadi bahan pembicaraan. Hal ini terjadi karena timbulnya kesadaran akan pentingnya lingkungan yang berdampingan dengan kehidupan manusia. Berorasi tentang lingkungan tidak hanya tugas dari seorang ahli di bidang lingkungan. Semua lapisan masyarakat wajib berempati dengan perubahan ekosistem di bumi termasuk para artis. Telah Sahabat Alam ketahui bahwa artis adalah seseorang yang mendedikasikan hidupnya untuk mencintai seni. Namun banyak artis yang tidak hanya menggeluti bidang kesenian. Bahkan beberapa dari mereka ada yang terjun ke dalam dunia politik termasuk juga lingkungan. Lantas mengapa banyak artis yang akhirnya tertarik menjadi bagian dari pejuang lingkungan? Siapa sajakah artis yang peduli lingkungan tersebut? berikut ulasan artikel : Artis Peduli Lingkungan: Apa Alasannya?

Ads

Isu Lingkungan Tidak Akan Pernah Habis

Sahabat Alam ketahui jika kehidupan para artis erat kaitannya dengan ketenaran dan kemewahan. Gaya hidup dan hingar-bingar perkotaan semakin meyakinkan masyarakat bahwa artis hanya hidup untuk kesenangan. Namun jangan salah, jika selama ini citra diri artis berasosiasi dengan kata hedonisme. Ada sebagian dari mereka yang mau turun ke alam. Artinya ialah banyak artis yang peduli lingkungan. Kerusakan alam, persoalan sampah, kebakaran hutan dan kepunahan hewan sudah menjadi berita hangat. Semakin gencarnya permasalahan lingkungan ini membuat masyarakat semakin peduli termasuk pula artis.

Jika ada orang yang peduli lingkungan, maka ada juga yang tidak. Oknum yang kontra terhadap isu lingkungan ini perlu perhatian khusus. Oleh karena itu, peran publik figur sangatlah penting sebagai role model dalam proses edukasi betapa pentingnya lingkungan hidup. Disini peran artis yang merangkap sebagai aktivis lingkungan harus mampu mendorong masyarakat agar aktif dalam kegiatan lingkungan. sebab Artis sendiri juga memiliki potensi dalam memperjuangkan proses sosialisasi isu lingkungan hidup kepada masyarakat.

Branding Adalah Koentji

“Dengan ilmu, hidup akan lebih mudah”

“Dengan agama, hidup akan lebih terarah”

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

“Dengan seni, hidup akan lebih indah”

Kutipan diatas adalah kalimat yang disampaikan oleh Ibu Faida, Bupati Jember. Sahabat Alam pasti tidak bisa membayangkan bagaimana jika hidup tanpa seni. Betapa suramnya kehidupan ini bukan? Sahabat Alam pasti bertanya-tanya mengapa orang yang berprofesi di bidang seni (artis) mudah sekali menjadi tenar? Jawabannya karena seni mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Siapapun orangnya pasti akan menyukai seni. Bahkan orang jenius di bidang ilmu pengetahuan sains pun juga memiliki jiwa seninya tersendiri. Ketenaran yang dimiliki artis ini merupakan sebuah merek (brand) yang melekat.

Ketika artis membangun karir dan berinteraksi dengan masyarakat. Sesungguhnya ia sedang membangun brand atau reputasinya. Kemampuan artis untuk menampilkan image yang baik inilah menjadi senjata ampuh untuk mengajak masyarakat terutama para penggemarnya. Begitu pula saat artis memutuskan untuk terlibat di dunia lingkungan. Dalam hal ini, artis tidak hanya sekadar mengikuti apa yang sedang viral. Namun sebenarnya ia sedang berupaya meyakinkan masyarakat untuk ikut tergerak dalam aksi lingkungan. Oleh karena itu, banyak organisasi lingkungan hingga instansi pemerintahan yang memberi para artis untuk sebuah gelar di bidang lingkungan. Mulai dari menjadikan artis sebagai duta lingkungan hingga memberikan mandat untuk memimpin langsung sebuah program lingkungan hidup.

Standar Kompetensi Para Artis Peduli Lingkungan

Banyak orang yang menyangsikan kemampuan para artis jika ingin beralih ke bidang lain termasuk lingkungan. Peran artis yang menjadi “aktor” lingkungan sering dipertanyakan keabsahannya. Bagaimana bisa seorang yang pandai berkesenian lalu menjadi subjek percontohan dalam isu kompleks seperti lingkungan? Maka tugas mereka harus mampu memposisikan diri, kapan menjadi seorang artis dan kapan menjadi seorang aktivis lingkungan.

Integritas seorang aktivis lingkungan dapat ditelusuri dari profil perjalanan hidupnya hingga akhirnya memutuskan menjadi seseorang yang aktif di bidang lingkungan. Bagaimana ia menemukan mutiara saat terjun ke dunia lingkungan. Dapat dikatakan bahwa semakin beragam pengalaman yang dimiliki seseorang akan semakin meningkatkan keahliannya. Oleh karena itu, peran track record artis sangatlah membantu membangun kepercayaan masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang percaya, maka mereka semakin bersedia berinteraksi dan terlibat. Ditambah lagi dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, artis harus mampu mempengaruhi masyarakat dengan muatan informasi yang berbobot alias faktual.

Artis yang Aktif di Bidang Lingkungan

Tidak hanya berbakat dan memiliki pamor, berikut beberapa deretan artis yang mencintai dunia lingkungan.

  1. Nadine Chandrawinata
Artis Nadine Chandrawinata
Nadine Chandrawinata © Instagram

Aktivis lingkungan sekaligus founder Seasoldier ini mengawali kariernya menjadi seorang model. namanya semakin dikenal setelah menjadi perwakilan Indonesia di ajang Miss Universe 2006. Saat ini ia menggeluti dunia selam dan menyuarakan isu sampah lautan.

  1. Chicco Jerikho
Artis Chicco Jerikho
Chicco Jerikho © Instagram

Aktor yang dikenal dengan kemampuan aktingnya ini. Telah didapuk menjadi Elephant Warrior oleh WWF Indonesia. Ia aktif menyuarakan perlindungan gajah.

  1. Joe Taslim
Artis Joe Taslim
Joe Taslim © Instagram

Aktor berdarah Tionghoa ini berkarier di dunia perfilman. Ia sangat piawai beradegan beladiri dalam setiap film action yang diperankannya. Ia diberi gelar oleh WWF Indonesia sebagai Duta Harimau Sumatera.

  1. Nadya Hutagalung
Artis Nadya Hutagalung- Artis peduli lingkungan
Nadya Hutagalung © Instagram

Model yang saat ini berdomisili di Singapura ini tidak hanya anggun. Ia sangat senang membagikan kehidupan ramah lingkungan versinya. Ia pun membangun sekolah alam dengan nama Green Kampong di Bali.

  1. Richard Kyle
Artis Richard Kyle - Artis Peduli lingkungan
Richard Kyle © Instagram

Ia dikenal pertama kali di dunia keartisan saat menjadi pembawa acara petualangan, My Trip My Adventure. Tidak hanya ketertarikannya untuk mengeksplorasi lokasi wisata alam tersembunyi di Indonesia. Artis yang berasal dari negara kanguru, Australia ini pernah mengikuti acara pelepasliaran orang utan.

Bagaimana Sahabat Alam, menjadi artis yang peduli lingkungan sangat keren kan? Mereka tidak bermodalkan ketenaran saja loh. Namun keterampilan dan keahlian yang mumpuni juga sangat diperlukan. Artis saja peduli lingkungan, bagaimana dengan kita?

Salam Lestari!

 

Penulis : Melynda Dwi Puspita

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

Referensi :

Agustina, D. P. 2019. Integritas aktivis lingkungan hidup dalam mewujudkan jurnalisme lingkungan hidup yang berkualitas. Jurnal Ilmu Komunikasi. 1 (1): 9 -22.

Faizul, F. 2019. 10 seleb ini jadi aktivis pelestarian satwa liar, aksinya mulia. https://www.brilio.net/selebritis/10-seleb-ini-jadi-aktivis-pelestarian-satwa-liar-aksinya-mulia-1905099.html. Diakses pada 13 Juli 2020 pukul 02:03 WIB.

Surahman, S. 2018. Publik figur sebagai virtual opinion leader dan kepercayaan informasi masyarakat. Jurnal Wacana. 17 (1): 53-63.

Yunitasari, C. dan E. Japarianto. 2013. Analisa faktor-faktor pembentuk personal branding dari C.Y.N. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 1 (1): 1-8.

Wahyu, A. dan A. N. Oktaviani. 2020. Keren banget, ini 4 artis yang jadi aktivis lingkungan. https://parenting.orami.co.id/magazine/4-artis-yang-jadi-aktivis-lingkungan/. Diakses pada 13 Juli 2020 pukul 02:00 WIB.

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!