Mengapa Jarang Ditemui Flora Fauna Berwarna Biru?

– Wanaswara
Bulu Burung Blue Jay © BBC

Apa kamu menyadari bahwa hewan atau tumbuhan dengan warna biru sangat jarang sekali bisa dijumpai di sekitar kita? Padahal warna biru adalah warna favorit dari kebanyakan orang. Yap, flora dan fauna dengan warna biru memang sangat langka. Hal ini karena warna biru tidak banyak dihasilkan oleh pigmen, melainkan oleh bias cahaya. Nah, penasaran bagaimana warna biru di alam terbentuk? Simak penjelasannya di bawah, ya.

Ads

 

Bagaimana Warna Biru di Alam Terbentuk

 

Di alam, pembentukan warna bisa terjadi dengan dua cara. Metode pertama adalah melalui proses fisik dan metode kedua melalui proses biologis. Pada proses yang terjadi secara biologi, warna biasanya ditemukan dalam bentuk pigmen. Sedangkan, pigmen biru ini dianggap sebagai pigmen yang paling langka di antara spesies tumbuhan dan hewan.

 

Warna biru yang kita lihat pada tumbuhan dan hewan sebagian besar adalah hasil dari proses fisik murni. Proses fisik ini disebut dengan warna struktural. Warna struktural mengacu pada cahaya yang dipantulkan dari permukaan kulit atau permukaan luar tumbuhan atau hewan. Cahaya berinteraksi dengan struktur sel pada makhluk hidup, dan kemudian diproses pada basis optik, seperti refleksi, refraksi, interferensi, difraksi, dan distribusi dari warna struktural tersebut.

 

Biru adalah warna yang sangat cerah yang dapat dilihat siapapun dengan mudah. Proses pembentukan pigmen biru pada makhluk hidup dianggap sebagai proses paling langka di alam. Hal ini dikarenakan permukaan kulit atau permukaan luar tumbuhan dan hewan mudah menyerap warna ini, sehingga terlihat lebih sedikit pada saat proses penyebaran warna. Selain itu, dibandingkan dengan warna lain, panjang gelombang yang dihasilkan oleh proses biologis pigmen biru dianggap paling pendek.

 

– Wanaswara
Kaki Burung Booby © BBC

 

Hewan dengan Pigmen Warna Biru 

Tumbuhan dan hewan dengan pigmen biru dikatakan sangat langka. Tetapi keberadaan mereka bukan berarti tidak ada. Salah satu hewan dengan pigmen biru adalah kupu-kupu Olivewing. Pada saat yang sama, tidak ada tumbuhan yang menghasilkan pigmen biru ini.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

 

Di hutan tropis misalnya di Meksiko, Panama, Venezuela dan sekitarnya banyak ditemukan kupu-kupu Olivewing. Kupu-kupu ini menghasilkan sayap berwarna biru yang berasal dari pigmen yang diproduksi di dalam tubuhnya. Berbeda dengan tumbuhan, warna biru yang dihasilkan tidak dihasilkan oleh pigmen, melainkan melalui proses pembentukan yang dibantu oleh antosianin merah. Antosianin ini menjadi biru dengan bantuan unsur pH tanaman, ion dan beberapa molekul, sehingga menghasilkan warna-warna kasar ini.

Hewan dengan Warna Biru ‘Palsu’

Seperti yang kita tahu bahwa pigmen biru amatlah sangat langka di alam dan sebagian besar hewan serta tumbuhan yang ‘berwarna’ biru adalah efek dari bias cahaya dari permukaan kulit atau permukaan luar tumbuhan atau hewan. Berikut adalah beberapa hewan hewan dengan warna biru cantik yang bisa ditemui di alam.

  1. Kupu-kupu Morpho
Gambar 4. Sisik Mikroskopis Sayap Kupu-kupu Morpho
Sisik Mikroskopis Sayap Kupu-kupu Morpho © BBC
Gambar 4. Kupu-kupu Morpho
Kupu-kupu Morpho © BBC

Warna biru cerah pada sayap Morpho peleides disebabkan oleh pantulan gelombang cahaya biru oleh sisik-sisik mikroskopis dari sayapnya, bukan pigmen. Jika dilakukan pembesaran dengan mikroskop elektron, maka akan terlihat warna sebenarnya dari sayap kupu-kupu ini, yaitu abu-abu semu.

 

  1. Merak Jantan
Gambar 5. Sayap Burung Merak Jantan
Sayap Burung Merak Jantan © BBC
bulu burung merak jantan dan betina berbeda ini penyebabnya 6SHllcuMgU – Wanaswara
Burung Merak Jantan © OKEZONE

Warna biru indah yang ada pada sayap burung burung seperti misalnya merak, burung blue jay dan burung kolibri, merupakan hasil pembiasan cahaya yang disebabkan oleh struktur bulu, bukan pigmen.

 

Penulis : Latifa Ariani

 

Referensi Literatur

Kehidupan Berwarna Biru yang mengagumkan. (n.d.). Retrieved February 15, 2021, from https://www.bbc.com/indonesia/vert_earth/2015/07/150728_vert_earth_biru.

 https://dindapranata.com/2019/04/10/tanyakenapa-kulit-dan-mata-ular-biru

E. (2020, September 04). Warna Biru Dikenal Langka DI Alam. Kok BISA ? Ini Penelitiannya. Retrieved February 15, 2021, from https://dindapranata.com/2018/11/22/warna-biru-dikenal-langka/.

 

Referensi Gambar

https://www.okezone.com/tren/read/2020/09/27/620/2284603/bulu-burung-merak-jantan-dan-betina-berbeda-ini-penyebabnya.

https://www.bbc.com/indonesia/vert_earth/2015/07/150728_vert_earth_biru.

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crowdfounding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak.

 

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!