Mengenal Anggrek Tebu, Anggrek Terbesar di Dunia

Pengertian

Gambar 1. Anggrek Grammatophyllum speciosum
Gambar 1. Anggrek Grammatophyllum speciosum

Anggrek biasa ditanam masyarakat sebagai sebuah hiasan karena bentuk dan bunganya yang indah. Salah satu jenis anggrek yang memiliki ukuran besar dan termasuk ke dalam anggrek terbesar di dunia yaitu Anggrek Grammatophyllum speciosum atau yang biasa disebut dengan anggrek tebu. Anggrek Tebu memiliki ukuran yang besar dengan kisaran tingginya mencapai 3 meter dengan rumpun anggrek yang berdiameter 4 meter dengan besaran bunga sekitar 10 cm dan dengan beratnya yang bisa mencapai 1 ton, maka tidak heran bila anggrek ini menyandang anggrek terbesar di dunia. Dalam pertumbuhannya anggrek tebu memerlukan waktu dua tahun untuk tumbuh dan berbunga, semakin tua masa hidup anggrek tebu maka semakin banyak juga bunga yang dihasilkan.

Ads
Gambar 2. Bunga Anggrek Tebu
Gambar 2. Bunga Anggrek Tebu

Anggrek ini memiliki sebutan akrab yaitu anggrek macan karena memiliki corak bunga yang unik seperti totol hitam pada motif kulit macan. Bunganya yang berwarna kuning serta memiliki bintik coklat atau merah kehitaman. Bunga anggrek ini memiliki ketahanan untuk tidak layu selama 2 bulan walaupun sudah dipotong dari batangnya. Disebut dengan anggrek tebu karena memiliki batang yang mirip dengan pohon tebu yang tinggi menjuntai. Sebutan sebagai anggrek ratu (Queen of the Orchid) di kacamata Internasional membuat anggrek ini sering menjadi incaran bagi kolektor tanaman unik sehingga harga jual anggrek ini cukup tinggi di pasaran. Selain itu anggrek tebu juga bisa menghasilkan warna yang berbeda jika disilangkan dengan warna lain induk anggrek lainnya. 

 

Manfaat Anggrek Tebu

  1. Mengatasi kuku bernanah, anggrek tebu dapat mensterilkan nanah dengan cara mensterilkan bakteri yang terdapat pada kuku sehingga membantu mempercepat pengeringan di area kuku yang bernanah. 
  2. Mengatasi sariawan, memiliki kandungan vitamin C sehingga dapat mempercepat sembuhnya sariawan dan mengurangi bau mulut akibat bakteri.
  3. Sebagai pengindah lingkungan, memiliki ukuran yang besar serta mempunyai bunga yang unik membuat anggrek ini sering dijadikan sebagai hiasan untuk memperindah lingkungan sehingga membangkitkan suasana tenang dan rileks.  
  4. Sebagai ramuan, banyak pengobatan herbal di luar negeri seperti China, Jepang, Korea dan beberapa negara lain di dunia yang memanfaatkan ekstrak anggrek tebu sebagai ramuan meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi nyeri otot, dll.
  5. Mencerahkan kulit, memiliki senyawa flavonoid yang memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas yang menempel di kulit dan memperbaikinya, hasilnya akan membuat kulit lebih cerah. 

 

Sebaran Anggrek Tebu

Anggrek tebu memerlukan sinar matahari langsung untuk dapat tumbuh, Anggrek ini sering ditemukan di percabangan pohon besar karena anggrek merupakan tumbuhan epifit yang artinya tumbuhan yang hidup menumpang di tumbuhan lain namun tidak merugikan karena ia tidak mengambil makanan yang berasal dari inangnya. Menurut persebarannya, anggrek ini tumbuh di daerah dataran rendah dan kawasan yang beriklim tropis seperti di Kawasan Asia Tenggara. Tersebar dengan alami mulai dari Thailand, Laos, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Papua New Guinea dan juga Indonesia. Persebaran di Indonesia anggrek ini tumbuh  di pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Termasuk salah satu tanaman yang langka dan sudah jarang ditemui membuat anggrek tebu termasuk kedalam tanaman yang dilindungi di Indonesia. Anggrek ini menghadapi sebuah ancaman dari perburuan liar yang marak terjadi serta kerusakan habitat karena alih fungsi lahan dan pertumbuhannya yang lambat membuat anggrek ini sudah jarang ditemui di habitat aslinya. Berdasarkan PP Republik Indonesia No. 7 tahun 1999, pada 27 Januari tahun 1999, anggrek tebu masuk ke dalam tanaman yang dilindungi. Untuk mengatasi kelangkaannya, beberapa pelestarian secara konvensional sudah dilakukan seperti memperbanyak dengan cara perkembangbiakkan vegetatif maupun generatif. Perkembangbiakkan anggrek tebu secara vegetatif dilakukan dengan cara memperbanyak jumlah melalui anakan atau tunas yang berasal dari induknya. Sedangkan perkembangbiakkan generatif dilakukan menggunakan biji melalui penyerbukan.

 

Konservasi Anggrek Tebu di Kebun Raya Bogor 

Konservasi anggrek tabu dilakukan untuk melestarikan anggrek ini agar terhindar dari kepunahan. Kebun Raya Bogor merupakan tempat konservasi tumbuhan langka salah satunya anggrek tebu. Koleksi anggrek tebu yang berada di Kebun Raya Bogor merupakan hasil dari eksplorasi flora yang dilakukan oleh staf penelitian Kebun Raya Bogor.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Gambar 3. Anggrek Raksasa di Kebun Raya Bogor
Gambar 3.  Anggrek terbesar di Kebun Raya Bogor

Anggrek ini sudah berada di Kebun Raya sudah sejak zaman Belanda. Menurut berita yang dilansir dari Liputan6.com pada tahun 2016, anggrek tebu biasanya berbunga sekitar bulan Januari hingga Februari di Kebun Raya Bogor. Tanaman ini tumbuh di batang pohon besar yang berada di sekitar Green Garden Café, Kebun Raya Bogor. Namun sayangnya, belum banyak masyarakat yang mengenal anggrek terbesar dan cantik ini karena banyak pengunjung yang hanya melewatinya. Sedikit dari para pengunjung yang memperhatikan anggrek ini karena biasanya orang yang datang untuk melihat anggrek tebu hanya para penggemar maupun pemerhati anggrek saja. 

 

Penulis: Moh. Dwi Bahtiar

 

Referensi Literatur

Alamendah.org. (July, 18 2020). Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum) Anggrek Terbesar. Retrieved January 21, 2021, from https://alamendah.org/2010/07/18/anggrek-tebu-grammatophyllum-speciosum-anggrek-terbesar/.

Aprilianti, Popi. 2018. Upaya konservasi Grammatophyllum speciosum Blume di Kebun Raya Bogor. Pros SEM NAS MASY BIODIV INDON, Vol.4 No.2. DOI: 10.13057/psnmbi/m040228.

Halosehat.com. Anggrek Tebu: Ciri-Ciri dan Manfaatnya. Retrieved January 22, 2021, from https://halosehat.com/makanan/anggrek-tebu.

Kampunganggrek.or.id. Anggrek Grammatophyllum speciosum (Anggrek Tebu) – Keunikan, Perawatan, Tips Pembungaan. Retrieved January 21, 2021, from http://kampunganggrek.or.id/anggrek-grammatophyllum-speciosum-anggrek-tebu-keunikan-perawatan-tips-pembungaan/.

Manfaat.co.id. 11 Manfaat Anggrek Tebu Bagi Manusia. . Retrieved January 22, 2021, from https://manfaat.co.id/manfaat-anggrek-tebu.

Sudarno, Achmad. (February, 23 2016). Anggrek Raksasa Mekar di Kebun Raya Bogor. Retrieved January 22, 2021, from https://www.liputan6.com/news/read/2443260/anggrek-raksasa-mekar-di-kebun-raya-bogor.

 

Referensi Gambar

https://id.pinterest.com/pin/649362839992691745/

https://lh3.googleusercontent.com/proxy/oqqL9FvgOap-PElYqVZjPzAVrUJXjqV7TC-kev7Ne-CJwa9tm-nZyTGgNjk6v1D1tiDDKCSFFMX2IpD1jH4lNJy9pQ_hFtIJqn0-_fxsWIekcfNp-aBlcArraw

https://lh3.googleusercontent.com/proxy/oqqL9FvgOap-PElYqVZjPzAVrUJXjqV7TC-kev7Ne-CJwa9tm-nZyTGgNjk6v1D1tiDDKCSFFMX2IpD1jH4lNJy9pQ_hFtIJqn0-_fxsWIekcfNp-aBlcArraw 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!