Mengenal Arborist: Dokternya Para Pohon

Gambar 1. Arborist Sang Dokter Pohon
Gambar 1. Arborist Sang Dokter Pohon

Ketika manusia meninggal dunia sudah menjadi sebuah kewajiban jika jenazahnya akan dimakamkan bagaimanapun cara atau tradisinya dan dilakukan sebagai bentuk perpisahan atau penghormatan terakhir kepada mereka. Lalu dengan analogi yang sama, saat kita melihat pohon tumbang karena hujan lebat atau faktor eksternal lainnya, pernahkah kita berpikiran bahwa pohon ini perlu untuk diurus dengan baik meskipun ia sudah tumbang? Bukankah pohon juga sudah berkontribusi banyak dalam kelangsungan hidup manusia sehingga perlu untuk diperlakukan dengan baik juga? Ya, itu semua merupakan tanggung jawab dari profesi seorang arborist sebagai dokter atau pakar pohon. Yuk, simak lebih lanjut seputar arborist!

Ads

Arborist

Profesi yang dikenal dengan nama arboriculturist atau arborist ini merupakan sebuah profesi yang memiliki keahlian dalam mengurus pohon, mulai dari merawat, mengurusi perantingan dan budidayanya, pengobatan kelainan dan penyakit, hingga melakukan pengamatan bencana yang berpotensi disebabkan atau menimpa pohon di suatu tempat. Tentunya semua hal tersebut tidak semudah kelihatannya. Dalam perantingan misalnya. Hal tersebut tidak sesederhana memanjat pohon lalu memotong cabang yang terlihat jelek saja. Perantingan memerlukan teknik dan keahlian dalam meinmbang perlakuan yang sesuai untuk diterapkan terhadap masing-masing tanaman agar pohon atau tanaman tersebut mendapatkan jaminan jika ia diperlakukan dengan baik. Hal ini pun kemudian sudah diterapkan di banyak negara dimana masalah perantingan dan perawatan pohon lainnya haruslah ditangani oleh profesionalnya yaitu seorang dokter hutan ini agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Arborist?

Gambar 2. Lokasi Dan Peralatan Seorang Arborist
Gambar 2. Lokasi Dan Peralatan Seorang Arborist

Arborist tergabung dalam sebuah organisasi profesional yang disebut dengan International Society of Arborist (ISA) disamping itu juga harus melalui sebuah sertifikasi dengan melalui beberapa tahapan persiapan untuk diakui sebagai seorang profesional pohon. Untuk dapat mengikuti uji sertifikasi seseorang diharuskan untuk memiliki pengalaman paling tidak selama 3 tahun dalam dunia perawatan alam khususnya pohon dan memiliki pengetahuan yang cukup terkait arborikultur. Saat ujian sertifikasi untuk menjadi seorang arborist, peserta akan diberikan pertanyaan yang jumlahnya bisa mencapai 750 soal mengenai cara mengenali dan merawat pohon, penyebab kerusakan pohon, hingga bagaimana cara untuk memulihkan atau menyembuhkannya kembali. Cukup susah ya menjadi seorang arborist? Tapi jangan salah, profesi ini sekarang cukup diminati oleh pemerintah baik pusat maupun daerah untuk dipercaya merawat pohon-pohon yang ada.

Dimana Seorang Arborist Dapat Kita Temukan?

Saat ini keberadaan seorang arborist sudah cukup mudah untuk ditemukan ketika kita ingin atau butuh menggunakan jasanya. Hal tersebut dapat dilakukan secara online maupun offline, yaitu:

Secara Online

  • The Urban and Company Forestry Life menyediakan berbagai sumber akses seputar pohon, termasuk kampanye pohon atau hutan dan pencarian arborist
  • Melalui website perusahaan-perusahaan pemerhati lingkungan yang menyediakan jasa terkait (terkadang credentials  atau lisensi mereka bahkan tertera di sana)

Secara Offline atau dari sumber lainnya

  • Melalui berbagai kelompok atau komunitas peduli hutan atau pohon yang menyediakan daftar lisenced tree care companies yang menyediakan jasa di kota-kota ataupun daerah masing-masing
  • Menghubungi tempat atau kantor konservasi maupun taman budidaya publik di masing-masing daerah atau kota untuk meminta rekomendasi

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Menggunakan Jasa Arborist?

Setelah kita tahu apa itu arborist dan apa yang ia kerjakan tentunya kita akan terarahkan untuk menggunakan jasanya jika kita melihat pohon disekitar kita memerlukan pertolongannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan saat kita akan menentukan arborist mana yang akan kita pilih untuk menolong pohon sekitar:

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  1. Tanyakan sertifikat atau akreditasinya, asuransi jiwa maupun kesehatan, serta bukti komitmen individunya sebagai seorang profesional dibidang pohon dan kompensasi yang ia akan dapatkan dari tempat ia bekerja.
    1. Hubungi perusahaan asuransinya untuk memastikan kebenaran status asuransinya
    2. Sadar bahwa kamu bisa saja bertanggung jawab akan kerusakan lingkungan sekitar yang mungkin terjadi (fasilitas rumah tetangga misalnya)
  2. Tanyakan dan cari tahu mengenai pendidikan, pengalaman dan reputasi sebelumnya.
    1. Tanyakan ke rekan kerja
    2. Tanyakan ke perusahaannya
    3. Minta bukti riwayat hidupnya (dapat berupa Curriculum Vitae)
  3. Pastikan ia paham akan tanggungjawab serta risiko dari pekerjaannya.
    1. Tanyakan seputar pekerjaannya dan yakinkan bahwa ia tahu apa yang harus dikerjakan
    2. Jangan termakan harga promosi jasa yang diberikan
    3. Jangan segera membayarnya secara penuh, pastikan pekerjaannya selesai dengan baik dalam menyelamatkan pohon ataupun lingkungan
  4. Minta lembaga penyedia jasanya untuk membuat kontrak kerja bersama, termasuk jaminan apa yang disediakan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
    1. Minta kontrak kerja yang harus disepakati oleh kedua belah pihak dengan rincian yang menguntungkan kedua belah pihak
    2. Pastikan bahwa ada tanggungjawab kebersihan dan pengolahan sampah sisa kerja yang ditanggung pekerja
    3. Pastikan bahwa kontrak mengatur masalah kemungkinan dampak lingkungan atau keselamatan pekerja yang mungkin terjadi

Arborist Appreciation Day

Gambar 3. Arborist Melakukan Penebangan Pohon
Gambar 3. Arborist Melakukan Penebangan Pohon

Hari Apresiasi Arborist atau yang terkenal dengan Arborist Appreciation Day merupakan salah satu hari yang ditetapkan untuk mengingat dan mengapresiasi pekerjaan ini, tepatnya diperingati setiap 16 Juni. Tidak banyak yang menyadari bahwa bekerja menjadi seorang arborist merupakan sebuah pekerjaan yang cukup beresiko dan berbahaya, sehingga menjadi penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melalui Hari Apresiasi dokter pohon ini.

Mengapa profesi sebagai seorang arborist kemudian dianggap beresiko dan berbahaya? Hal ini dikarenakan ia merupakan aktor yang berperan secara langsung dalam perawatan pohon, termasuk ketika pohon-pohon terkena penyakit atau mengalami bencana alam. Ya, sering tidak kita sadari pohon juga terkadang berbahaya. Dan ketika ia dalam kondisi membahayakan tersebut, arboristlah yang bertanggung jawab untuk mencari tahu kondisinya, mencari tahu penyebabnya, hingga mengambil aksi apa yang kira-kira sesuai untuk dilakukan terhadap pohon tersebut, baik pemotongan atau[un pengobatan. Pekerjaan mereka relatif tidak terlihat dan tidak terapresiasi. Hal ini dikarenakan waktu ia bekerja dan kebanggaan pekerjaannya yang masih dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Padahal mereka bekerja dengan berani mengorbankan keselamatannya, misalnya ketika terjadi bencana angin ribut dan pohon-pohon terombang-ambing, ia justru datang mendekat untuk menyelamatkannya disaat orang-orang berlindung dari bencana tersebut. Sungguh mulia bukan pekerjaan ini? Ya, itulah alasan mengapa pekerjaan dokter pohon ini mulai harus diapresiasi dan dikenalkan ke masyarakat, salah satu caranya dengan memperingati Arborist Appreciation Day atau Hari Apresiasi Arborist ini. Sesederhana mengucapkan terima kasih kepada para dokter pohon ini  komunitasnya di sosial media kita misalnya, itu sudah merupakan langkah apresiasi yang baik lho!

Sudah tahu kan apa itu profesi arborist? Apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satu arborist di masa depan? Tidak ada yang salah jika kamu menginginkannya. Justru pekerjaan ini merupakan sebuah profesi yang mulia, lho. Kapan lagi kamu bekerja tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk alam. Jangan lupa untuk terus kenali dan lestarikan alam ya!

 

Penulis: Ivena Christie

 

Referensi Literatur

Daysoftheyear.com (n.d.). Arborist Appreciation Day. Retrieved on February 11, 2021, from https://www.daysoftheyear.com/days/arborist-appreciation-day/

Extension.umn.edu (n.d.). How to hire a tree care professional. Retrieved on February 11, 2021, from https://extension.umn.edu/planting-and-growing-guides/how-hire-tree-care-professional

Mainmain.id (n.d.). Mengenal Arborist, Profesi Penting yang Harus Diingat Saat Banyak Pohon Tumbang. Retrieved on February 11, 2021, from https://www.mainmain.id/r/4746/mengenal-arborist-profesi-penting-yang-harus-diingat-saat-banyak-pohon-tumbang#:~:text=Bahaya%20buat%20si%20pohon%2C%20juga,Society%20of%20Arborist%20(ISA)

 

Referensi Gambar

[1] https://www.yourfreecareertest.com/arborist/ 

[2] https://www.straightpoint.com/id/straightpoint-industries-served/arborist-and-tree-felling.html 

[3] https://www.freepik.com/premium-photo/worker-with-helmet-works-height-trees-climber-white-wall-arborist-man-cuts-branches-with-chainsaw-throws-it-ground-lumberjack-works-with-chainsaw_7726783.htm#page=1&query=arborist&position=21 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks