Mengenal Bunga Dancing Girls

Gambar 1 Bunga Dancing Girls
Gambar 1 Bunga Dancing Girls

Nama bunga dancing girls atau sering juga disebut dancing ladies satu ini sangat unik sekali, ya. Bunga ini juga memiliki nama lain Impatiens bequaertii. Nama latin bunga cantik ini adalah Impatiens yang dapat diartikan ‘tunggu dulu’ atau tidak sabaran. Kalau di Indonesia bunga ini disebut dengan bunga gadis penari, tentunya dalam konotasi arti yang baik ya. Karena bunga ini sangat manis dan indah sekali. Layaknya seorang gadis manis yang sedang menari.  Walau nama bunga ini hanya perlu diterjemahkan saja  Bunganya sangat indah, sesuai dengan nama yang disematkan untuknya. Selain itu, bunga ini bukan bunga yang mudah ditemui layaknya bunga mawar atau bunga krisan.  

Ads

Bunga dancing girls termasuk ke dalam jenis anggrek. Namun, uniknya biji bunga ini mudah sekali pecah bahkan hanya dengan sedikit sentuhan saja biji tersebut dapat pecah. Seolah tidak sabaran ingin menyebar benihnya. Bunga ini memang dapat ditanam melalui benihnya. Biji bunga dancing girl tidak seperti bunga anggrek kebanyakan. Tapi tidak mudah dalam menanam bunga ini karena banyak sekali syarat untuk menanam dan merawat bunga ini. Bunga dancing girls agak sulit dalam hal merawat. Tapi bunganya tetap saja indah, apalagi jika ditanam saat musim semi. Bunga ini akan mempercantik ruangan yang ada di rumah. Banyak orang yang bahkan tak mengetahui bunga dancing girls ini. Apakah kalian pernah mendengar bunga satu ini? Kalau kalian tak banyak mengetahui tentang bunga indah dan cantik ini, yuk kita cari tahu dengan membaca penjelasan tentang bunga ini. Selamat membaca guys!

Ciri-ciri

Gambar 2 Bunga Dancing Girls Hibrida Kuning.
Gambar 2 Bunga Dancing Girls Hibrida Kuning.

Seperti namanya, bunga ini berbentuk seperti seorang gadis yang sedang menari. Variasi warna bunga dancing girls banyak sekali, mulai dari multi warna, kuning, putih, dan cokelat dengan aksen bintik-bintik. Semakin cantik dengan bentuknya yang tidak biasa. Di seluruh dunia banyak sekali bunga yang memiliki bentuk yang aneh. Ada yang menyerupai manusia, hewan, dan lainya. Tapi, jumlahnya tidak banyak seperti bunga pada umumnya. Maka, bunga yang memiliki bentuk aneh biasanya memiliki perhatian khusus dari pecinta bunga atau tanaman hias lainnya. Harga jualnya juga lumayan cukup menguras isi dompet. Sesuai dengan ketersediaan bunga yang ada di pasaran. Bunga dancing girls sekarang ini dapat kita jumpai di toko online, sehingga kita dapat membelinya dari berbagai belahan dunia manapun. Tapi, untuk mengekspornya tidak boleh sembarangan. Karena bunga yang memiliki bentuk eksentrik regulasinya diatur oleh pihak berwenang. Tidak boleh sembarangan mengekspor.

Tanaman ini tumbuh dengan menjalar layaknya bunga anggrek. Cocok sekali ditanam di dalam rumah karena bunga dancing girls tidak butuh banyak cahaya untuk tumbuh dan berkembang. Karena tumbuh secara menjalar, bunga dancing girls atau Impatiens cocok ditanam secara menggantung. Pot yang dibutuhkan juga tak harus besar-besar amat. Yang terpenting dirawat baik dengan memperhatikan air yang diberikan, maka bunga ini akan tumbuh dengan baik sepanjang tahun. Meski bunga ini tidak sering berbunga, tetapi pohon utamanya dapat bertahan lama dibandingkan dengan bunga matahari yang akan segera mati setelah bunganya layu.

Dancing girls atau Impatiens bequaertii termasuk ke dalam bunga yang kecil, karena sekali mekar mahkota bunganya hanya selebar ½ inci. Bunga ini memiliki bibir bawah atau labellum yang mekar seperti rok anak gadis yang sedang menari dengan sangat indah dan mewahnya. Jelas sekali bunga ini memiliki tempat di hati pencinta bunga dan tanaman. Sepal dan kepala kelopak bunga yang kecil terlihat seperti kepala dan tangan gadis yang sedang terulur sembari menari. Bunga yang bermekaran terlihat lebih indah lagi karena ia bertengger manis di tangkai bunga yang menjalar di setiap sisinya. Lebih indah lagi jika angin berhembus ke arah bunga. Maka keindahan bunga akan bertambah beberapa kali lipat 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Jenis

Bunga ini termasuk bunga  langka yang memiliki pesona luar biasa. Bunga dancing girls termasuk ke dalam keluarga Impatiens, tetapi tak memiliki nama spesifik. Bintik-bintik yang ada di bunga ini menjadi salah satu pesonanya. Jadi tidak heran bunga ini banyak peminat.

Bunga ini termasuk ke dalam genus oncidium. Genus oncidium adalah genus baru yang mencakup anggrek yang menyukai tempat hangat. Oncidium dapat ditemukan di dataran rendah selevel dengan permukaan laut yang hangat. Tapi, oncidium juga dapat tumbuh di daerah yang tinggi dan dingin, seperti di Pegunungan Andes. Oncidium yang memiliki daun yang tebal sangat toleran dengan cahaya matahari, sehingga pengaturan cahaya di dalam rumah harus lebih diperhatikan, jika oncidium ditanam di dalam rumah.

Bunga dancing girls atau Impatiens bequaertii termasuk ke dalam spesies Impatiens lainnya. Lebih dari tiga ratus spesies telah resmi digolongkan. Tapi, sebanyak sembilan ratus spesies baru belum dapat diidentifikasikan masuk ke dalam spesies tersebut, masih masuk ke dalam masa penyelidikan, apakah termasuk ke dalam spesies Impatiens lainnya. Sehingga baru diperkirakan seribu spesies lainnya masuk ke dalam Impatiens, seperti permata, snapweed, dan patients.

Dancing girls tidak hanya cantik saja, tetapi bunga ini juga menggunakan kecantikan alami mereka untuk menarik perhatian bunga lainnya. Sehingga banyak ditemukan hibrida bunga anggrek lainnya. Karena bunga dancing girls yang mudah dalam penyerbukan dengan bunga lainnya. Spesies hibrida menambah banyak spesies Impatiens itu sendiri. Impatiens asli saja sudah memiliki keindahan. Apalagi jika berhibrida dengan tanaman bunga lainnya.

Hibrida bunga ini tidak hanya terjadi secara sederhana. Tapi juga melibatkan banyak indukan yang menjadikan hibrida  lebih kompleks lagi. Sehingga ketahanan bunga dancing girls atau Impatiens hibrida lebih baik dari yang aslinya dan  bunga hibrida lebih mudah dirawat. Bukan hanya cantik, tapi mudah dirawat. Pecinta bunga dan tanaman hias mana yang tak tertarik dengan bunga kecil, indah, dan mewah ini. Tapi harus bersaing dengan banyak orang tentunya. Karena bunga ini tidak mudah didapatkan. 

Budidaya

Menanam dan merawat bunga ini bisa dibilang susah-susah gampang. Karena dari segi penurunan airnya saja tak boleh sembarangan. Kalau terlalu banyak air, nanti malah akan menyebabkan jamur di dalam pot. Tentu saja ini tidak baik untuk pertumbuhan bunga dancing girls yang telah ditanam alih-alih tumbuh dengan baik. Eh malah mati karena terlalu banyak air yang diterima bunga ini. Jadi untuk penyiraman tidak perlu sering disiram. Ini disebabkan karena karena bunga ini memiliki akar besar dan berdaun tebal. Bunga dancing girls jenis ini dapat menyimpan air di dalam pseudobulb yang membengkak. Maka, bunga jenis ini membutuhkan waktu untuk kembali disiram. Tunggu sampai tanah di dalam pot benar-benar kering atau nampan bawah pot yang berguna menampung air mengering hingga satu inci. 

Suhu ruangan juga perlu diatur dengan baik. Karena bunga ini menyukai suhu yang mengacu pada suhu di malam hari. Pengaturan suhu sebisa mungkin sekitar 65° fahrenheit pada malam hari. Kalau siang hari suhu yang ideal untuk bunga dancing girls sekitar 75°- 80° fahrenheit. Tapi, bunga cantik ini dapat tumbuh di suhu yang tinggi dengan didampingi kelembaban yang tinggi pula agar tumbuhnya lebih baik. Tapi tentu saja suhu menjadi faktor penting dalam proses pembentukan bunga dan akan berbunga dengan baik dan cepat. Pada malam hari, suhu akan turun hingga 60° fahrenheit. Tapi hal ini juga tergantung musim yang sedang berlangsung di daerah Anda.

Bunga dancing girls juga sedikit sensitif dengan kelembaban di dalam pot bunga tersebut. Saat penyemaian dan tahap berkembang, bunga dancing girls kelembabannya harus dijaga sekitar 30% agar bunga ini dapat tumbuh dengan maksimal. Berikan serbuk kayu halus di dalam pot. Serbuk kayu berfungsi sebagai penjaga kelembaban. Sehingga pertumbuhan bunga dancing girls tidak terganggu. Jika ingin memindahkan bunga dancing girls, pilih pot yang lebih kecil. Karena bunga ini bukan jenis bunga besar. Sehingga pot kecil saja sudah cukup untuk bunga ini tumbuh. Bunga dancing girls jika dirawat dengan baik, maka bunga ini akan bertahan hingga dua tahun atau lebih. 

Pupuk untuk bunga dancing girls hanya perlu diberikan 2 minggu sekali. Itupun jika bunganya sudah mulai tumbuh aktif. Di saat musim penghujan atau musim dingin (untuk daerah subtropis tentunya), kurangi pemberian pupuk dan air. Karena suhu dan kelembaban di tempat bunga ini tumbuh sedang bertambah. Jadi, untuk pertumbuhan yang tetap baik perlu sekali penyesuaian dengan musim. Bunga dancing girls cenderung memiliki bintik-bintik saat suhu cukup dingin dan kondisi air yang cukup banyak. Tidak perlu khawatir sama sekali. Karena itu hanya sekadar hiasan di mahkota bunga. Bintik-bintik pada bunga dancing girls juga dapat menambah keindahan dan keunikan bunga ini. Jadi semakin cantiklah bunga dancing girls milik Anda.

Persebaran

Bunga ini berasal dari daratan Afrika Timur yang memiliki iklim yang cukup dingin, yakni berkisar antara 45°- 80° fahrenheit. Tidak hanya di Afrika Timur saja bunga ini dapat ditemukan. Karena budidaya dan permintaan pasar yang cukup tinggi, bunga dancing girls sudah dapat ditemukan di berbagai tempat. Tapi tentunya persebarannya bukan hasil alamiah bunga itu sendiri.

Bunga yang sejenis dengan bunga dancing girls yang memiliki toleransi cahaya dan suhu yang cukup baik bisa ditemukan di daerah dekat pantai atau Pegunungan Andes. Ini karena adaptasi yang cukup baik. Sehingga bunga ini dapat tersebar di berbagai tempat.

Tapi, bunga dancing girls secara alami tidak mudah ditemukan. Karena adaptasi terhadap lingkungan yang kurang baik. Bunga ini memang lebih cocok menjadi tanaman hias di dalam ruangan rumah. Karena pesona bunga ini akan menambah kecantikan dekorasi ruangan rumah.

Dalam proses penanaman, bunga dancing girls saja lumayan sulit sekali. Suhu, cahaya, kelembaban, dan air harus diperhatikan betul. Jika tidak, pertumbuhannya manjadi kurang baik. Iklim Indonesia sendiri kurang memadai untuk menjadi tempat tumbuh bunga ini. Regulasi ekspor bunga ini juga diatur cukup ketat, sehingga tidak sembarang orang bisa memiliki bunga ini di rumah. Langkah ini diambil agar bunga dancing girls tetap ada di habitat alaminya dan tidak habis karena penjualan yang tidak diatur oleh negara. 

 

Penulis: Putri Handayani

 

Referensi literatur

Nybg. 2015. Horticulture 2 dancing ladies. https://www.nybg.org/blogs/plant-talk/2015/02/horticulture-2/dancing-ladies/ ( Diakses pada tanggal 4 April 2021)

S, Phyllis. 2019. Bring on the dancing girl Impatiens Bequaertii. https://www.therightflowers.com/bring-on-the-dancing-girls-impatiens-bequaertii/ ( Diakses pada tanggal 4 April 2021)

 

Referensi gambar

https://www.nybg.org/blogs/plant-talk/2015/02/horticulture-2/dancing-ladies/

https://www.therightflowers.com/bring-on-the-dancing-girls-impatiens-bequaertii/

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crowdfunding Penggalangan Dana untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung penghijauan yang ada di seluruh Indonesia. mari bersama menjaga dan melestarikan hutan seluruh Indonesia.

Yuk jadi pioneer penghijauan untuk hutan Indonesia yang lebih baik.

Enable Notifications    Ok No thanks