Mengenal Burung Kutilang

Gambar 1. Burung Kutilang
Gambar 1. Burung Kutilang alamendah.org

Sahabat alam pasti gak asing sama burung mungil bersuara nyaring satu ini. Burung Kutilang (Pycnonotus aurigaster) merupakan jenis burung cucak yang paling dikenal di Indonesia. Hewan ini memiliki beberapa nama lain, seperti cangkurileung di Sunda, genthilang di Jawa, atau sooty-headed bulbul dalam bahasa inggris. Di Indonesia terdapat lima jenis, yakni  Biasa,  Wilis,  Trucukan, Sutra dan  Emas. Konon, kutilang emas memiliki kicauan paling merdu dibanding jenis lainnya karena suara kicauannya jernih seperti kristal. Yuk, kita kenalan lebih jauh lagi sama hewan mungil yang hobi berkicau ini.

Ads

 

Ciri-ciri Fisik Burung Kutilang

Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil namun terbilang besar untuk kategori spesies burung kecil, yakni 20 cm dari ujung paruh sampai ujung ekor pada burung yang sudah dewasa. Bagian jambul, topi hingga dahi berwarna hitam (kecuali Kutilang Sutra berwarna kebiruan) sedangkan punggung sampai ekornya berwarna coklat tua. Dari bagian tenggorokan sampai perut berwarna putih keabu-abuan (kecuali jenis emas didominasi warna kuning keemasan). Pada bagian bokong berwarna jingga dan muka ekor berwarna putih. Untuk membedakan antara betina dan jantan dapat dilihat dari ukuran jambul yang lebih tinggi daripada betina dan ukuran badan jantan yang lebih kecil serta burung jantan yang cenderung lebih sering berkicau dibanding betina.

Gambar 2. Ciri-ciri Burung Kutilang
Gambar 2. Ciri-ciri Burung Kutilang ruanghoby.com

 

Habitat dan Pakan Burung Kutilang

Populasi burung ini di Indonesia mengalami tren penurunan berdasarkan data IUCN Redlist namun status konservasinya masih Low Concern (LC). Hal ini karena burung ini masih mudah ditemukan dan daerah sebarannya luas. Daerah sebarannya berawal dari Jawa dan Bali yang kemudian mencapai Sumatera, Maluku, Kalimantan dan Sulawesi. Di luar Indonesia, hewan ini sudah tersebar ke Kamboja, Cina, Hongkong, Myanmar, Laos, Thailand dan Vietnam.

Habitat burung ini bisa mencapai ketinggian 1.600 mdpl dan mencakup hampir seluruh habitat pepohonan, semak belukar, tepi jalan, tepi hutan, kebun, pekarangan, hingga taman kota. Namun, ada satu pohon yang menjadi tempat yang paling digemari kutilang, yakni pohon beringin. Burung mungil ini membuat sarang berbentuk cawan dari anyaman ranting, tangkai daun dan rumput yang disusun halus. Waktu bersarang burung ini adalah sepanjang tahun kecuali bulan November.

Biasanya, burung ini senang berkelompok saat bertengger ataupun saat mencari makan. Makanan burung ini adalah buah-buahan dan serangga kecil. Buah-buahan favoritnya adalah buah benalu, pepaya, sawo, mangga, rambutan, dan jambu air sedangkan serangga kesukaannya adalah serangga yang biasa ada di pohon jati, palem, pisangan, kamboja, dan soka.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

 

 

Gambar 3. Pakan dan Habitat Burung Kutilang
Gambar 3. Pakan dan Habitat Burung Kutilang dijelas.in

Fakta-fakta Burung Kutilang

  1.  Mudah beradaptasi dan berbaur dengan jenis burung lain. Burung ini memang senang berkelompok dan bergabung dengan kelompok burung lain, tetapi tidak mengganggu aktivitas burung-burung lain yang dihampirinya. Wah, kayaknya kutilang ini ekstrovert ya.
  2. Memiliki daya cengkram yang kuat. Burung ini memiliki bentuk kaki yang kecil dan sejajar namun kuat sehingga dapat bertengger di pohon tanpa tergelincir.
  3. Mengalami masa “mabung” atau masa pergantian bulu. Ternyata ada masa-masa saat burung ini jadi pendiam, yakni saat masa perontokan bulu lama untuk diganti dengan yang baru.
  4. Walaupun populer, tapi dianggap burung kelas bawah karena kicauannya yang dianggap nyaring tapi monoton alias hambar.
  5. Merugikan tapi menguntungkan untuk petani. Burung ini merugikan petani karena sering membuat buah-buahan yang ditanam jadi bolong, tetapi menguntungkan petani karena menjadi pemangsa alami hama tanaman atau serangga kecil dan ulat.

 

Walaupun  populasinya masih banyak, namun dengan maraknya penangkapan untuk dipelihara tidak menutup kemungkinan burung ini akan mengalami kelangkaan. Indukan dan anakannya ditawarkan dengan harga yang terbilang murah, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Jangan sampai terulang kembali yang terjadi pada burung cucak rawa yang menyebabkan status mereka menjadi terancam.

 

Penulis : Yuliana

 

Referensi Literatur

Alamendah.org. 2015. Burung Kutilang (Pycnonotus aurigaster) Cucak                       Terpopuler. Retrieved January 18, 2021, from https://alamendah.org/2015/06/08/burung-kutilang-pycnonotus-aurigaster-cucak-terpopuler/

Kaskus.co.id. 2020. 11 Fakta Menarik Burung Kutilang yang Jarang                             Diketahui. Retrieved January 18, 2021, from https://www.kaskus.co.id/thread/5f4896a110d2950c9a435c2e/11-fakta-menarik-burung-kutilang-yang-jarang-diketahui/

Mongabay.co.id. 2020. Kutilang, Cucak Paling Terkenal di                                             Indonesia. Retrieved January 18, 2021, from https://www.mongabay.co.id/2020/04/26/foto-kutilang-cucak-paling-terkenal-di-indonesia/

Ruanghobby.com. 2018. Ciri dan Klasifikasi Cucak Kutilang                                       (Pycnonotus aurigaster). Retrieved January 18, 2021, from https://ruanghobby.com/ciri-dan-klasifikasi-cucak-kutilang-pycnonotus-aurigaster/

Taldebrooklyn.com.  (n.d). Burung Kutilang. Retrieved January 18, 2021, from https://taldebrooklyn.com/burung-kutilang/

Wikipedia.org. (n.d). Ketilang. Retrieved January 18, 2021, from https://id.wikipedia.org/wiki/Ketilang

 

Referensi Gambar

https://alamendah.org/2015/06/08/burung-kutilang-pycnonotus-aurigaster-cucak-terpopuler

https://dijelas.in/2020/07/22/11-fakta-menarik-burung-kutilang-yang-jarang-diketahui/

https://ruanghobby.com/ciri-dan-klasifikasi-cucak-kutilang-pycnonotus-aurigaster/

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!