Cempaka Wangi, Tumbuhan Khas Kota Aceh

Cempaka Wangi

Gambar 1. Tampilan Bunga Cempaka Wangi
Gambar 1. Tampilan Bunga Cempaka Wangi

Keindahan flora dengan berbagai ciri khasnya mampu menambahkan keasrian serta menjadi nilai tambah tempat tumbuhan itu berada. Seperti tumbuhan cempaka wangi atau champaca dalam bahasa sansekerta yang menjadi ciri khas dan identitas dari Kota Aceh. Cempaka wangi dengan nama ilmiah Magnolia champaca biasa disebut Bungong Jeumpa oleh masyarakat Aceh. Sedangkan nama umum dari bunga ini biasa disebut golden champa, perfume tree, dan yellow jade orchid.

Ads

Bunga cempaka wangi biasa dijumpai dalam warna putih dan kuning serta memiliki tampilan pohon dengan daun hijau abadi yang besar. Disebut tumbuhan dengan daun hijau abadi dikarenakan bunga ini merupakan tumbuhan yang masuk kategori tidak menggugurkan seluruh daunnya. Daunnya hanya digugurkan pada periode waktu tertentu dan pada kondisi lingkungan atau musim tertentu. 

 

Taksonomi

Tanaman Cempaka memiliki taksonomi sebagai berikut:

 

Kerajaan: Plantae

Ordo: Magnoliids

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Famili: Magnoliaceae

Genus: Magnolia L

Spesies: M. Champaca

 

Morfologi Pohon Cempaka Wangi

Gambar 2. Bunga Cempaka Wangi yang Masih Tertutup dengan Daun Hijaunya
Gambar 2. Bunga Cempaka Wangi yang Masih Tertutup dengan Daun Hijaunya

Tumbuhan ini tidak hanya tumbuh di Aceh, melainkan dapat ditemukan di wilayah tropis dan subtropis di hutan basah pada ketinggian 200-1500 meter di atas permukaan laut. Di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan seperti Bangladesh, Kamboja, China, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam dapat dijumpai tanaman Pohon Cempaka. Fakta menarik dari bunga cempaka wangi adalah tumbuhan ini merupakan tumbuhan dari jaman purba yang dapat ditelusuri hingga 95 juta tahun yang lalu.

Pohon dari bunga ini rata-rata tumbuh 9-25 meter. Pohonnya memiliki dedaunan yang lebat dengan panjang tiap daunnya kisaran 10-25 cm dengan lebar 4-10 cm berbentuk lonjong dengan ujung daunnya yang runcing. Bunganya memiliki diameter mencapai 6 cm. Batangnya, yang memiliki diameter 50-80 cm, dilapisi warna coklat keabu-abuan untuk kayunya. Selain memiliki bunga, pohon bunga ini memiliki buah yang berukuran kecil seukuran ibu jari dan berwarna hijau dengan permukaan yang sedikit kasar.

Manfaat

Gambar 3. Keindahan Bunga Cempaka Wangi Berwarna Kuning Saat Mekar
Gambar 3. Keindahan Bunga Cempaka Wangi Berwarna Kuning Saat Mekar

Tidak hanya tampilan bunga dan pohonya saja yang menarik. Wangi dari bunga cempaka wangi, sesuai dengan namanya, memiliki keharuman yang istimewa. Bahkan sumber wewangian dari bunga ini dijadikan parfum paling populer nomor dua di dunia, setelah merek parfum Chanel, dengan nama kemasan brand Joy, keluaran Rumah Mode Jean Patou.

Selain dijadikan merek parfum internasional, masyarakat juga memanfaatkan wewangian yang diberikan cempaka wangi sebagai pewangi alami ruangan untuk menyambut tamu. Biasanya bunga cempaka bisa ditambahkan berbagai macam bunga jenis lain. Kemudian, campuran bunga tersebut akan dicelupkan pada mangkuk berisikan air, lalu mangkuk tersebut akan diletakan di setiap sudut ruangan. bunga cempaka wangi yang masih kuncup biasa digunakan sebagai hiasan rambut para penari perempuan sekaligus perhiasan pakaian adat untuk upacara pernikahan. Namun, karena penggunaan bunga cempaka yang cukup masif, bunga replika cempaka wangi mulai digunakan untuk menjaga kelestariannya. Di negara India, wangi bunga cempaka dimanfaatkan sebagai wewangian yang diletakkan di tempat ibadah. Bagi umat Buddha dan Hindu, wanginya memiliki peran penting dalam tradisi mereka.

Semua bagian dari pohon cmpaka wangi dapat dimanfaatkan. Mulai dari bunga, daun, akar, batang pohon, buah, hingga getah. Di negara India maupun di Asia Tenggara, kayu bunga ini bernilai ekonomi tinggi. Kayunya memiliki kualitas yang baik untuk dijadikan sebagai bahan bangunan, perabotan rumah seperti mebel, dan industri kayu lainnya. Hal ini karena kayunya mudah untuk digergaji dan dibentuk sekaligus memiliki permukaan yang halus. Bunganya juga dimanfaatkan di bidang kosmetik dan obat, salah satunya parfum bunga cempaka yang menjadi parfum paling mahal di dunia. 

Selain wangi dan kecantikan bunga cempaka, bunga ini seringkali dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Contohnya adalah pengobatan untuk membantu proses pemulihan setelah persalinan, mengobati demam selsema, serta mengeluarkan racun melalui proses urin karena terdapat zat liriodenine dan alkaloid mikelarbina yang dapat mempermudah mengeluarkan zat berbahaya dengan urin. Mengatasi bau badan dapat dilakukan dengan merendam bunga cempaka kuning dalam bak berisi air selama beberapa menit. Bunga ini juga dapat digunakan untuk meringankan batuk berdahak dengan kandungan liriodenina dan mikelarbina pada daunnya yang bersifat ekspektoran sehingga dapat meredakan batuk terutama batuk berdahak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merebus daun dengan air mendidih, dapat pula ditambahkan jahe untuk memberikan efek hangat. Perut kembung juga bisa diatasi dengan rebusan bunga cempaka, jahe, kapulaga, dan kulit jeruk. Rasa pusing akibat vertigo juga dapat diatasi dengan mengeringkan bunga cempaka terlebih dahulu selama 10 menit dan merebus daun hingga mendidih, lalu minum selagi hangat.

 

Bacaan Lainnya: Mengenal Bunga Dancing Girls

 

Penulis : Firas Zakir

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

Referensi Artikel :

Bunga Cempaka – Asal, Sebaran, Morfologi, Jenis, Manfaat, Cara Tanam & Perawatan. (n.d). rimbakita.com. Accessed April, 31 2021, from https://rimbakita.com/bunga-cempaka/

Cempaka Wangi, Flora Khas Aceh. (n.d). gosumatra.com. Accessed March, 31 2021, from http://www.gosumatra.com/cempaka-wangi-flora-khas-aceh/#:~:text=Salah%20satu%20daerah%20yang%20beruntung,merupakan%20bunga%20identitas%20Kota%20Aceh.

Cempaka Wewangian Asia yang Mendunia. 2016. satuharapan.com. Accessed March, 31 2021, from https://www.satuharapan.com/read-detail/read/cempaka-wewangian-asia-yang-mendunia

Magnolia Champaca. (n.d). monaconatureencyclopedia.com. Accessed March, 31 2021, from https://www.monaconatureencyclopedia.com/magnolia-champaca-2/?lang=en

Referensi Gambar:

Gambar 1 : https://worldoffloweringplants.com/magnolia-champaca-champak/

Gambar 2 : http://www.greening.in/2013/05/magnolia-champaca.html

Gambar 3 : https://www.pinterest.cl/pin/706080047813918001/

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!