Mengenal Cendrawasih Papua: Si Cantik Berkerah Biru

Si Cendrawasih Biru Asal Timur (budidayakenari.com)
Si Cendrawasih Biru Asal Timur (budidayakenari.com)

Tentu kita sadar bahwa Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman flora maupun faunanya. Hampir merata di semua daerah di Indonesia memiliki flora maupun fauna khas yang bisa dijadikan ikon atau ciri khas daerahnya. Begitu pula di wilayah Papua atau Irian Jaya. Daerah ini juga memiliki salah satu fauna khas Indonesia yang indah dan langka. Fauna tersebut adalah Burung Cendrawasih Biru. Mau tahu kenapa fauna ini berbeda dari burung cendrawasih lainnya? Yuk kita pelajari lebih lanjut!

Ads

Asal Mula, Habitat, dan Perkembangbiakan Cendrawasih Papua

Burung cendrawasih biru pada mulanya ditemukan oleh Carl Hunstein dalam suatu perjalanan pada tahun 1884. Burung ini ditemukan di wilayah hutan pegunungan Papua Nugini tepatnya di sebelah timur dan tenggara. Nama ilmiah dari jenis burung cendrawasih biru ini yaitu Paradisaea rudolphi diambil untuk memperingati seorang putra mahkota Negara Austria yaitu Rudolf Von Osterreich-Ungarn. Seperti kebanyakan jenis burung cendrawasih lainnya, fauna ini dapat dengan mudah ditemukan pada wilayah Indonesia bagian timur khususnya Papua. Burung cendrawasih biru asal Papua atau Irian Jaya ini biasanya mengkonsumsi makanan berupa buah-buahan hingga beragam jenis serangga.

Taksonomi Cendrawasih Papua

Berdasarkan taksonominya, burung cendrawasih biru asal Papua dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kelas : Aves

Ordo : Passeriformes

Famili : Paradisaeidae

Genus : Paradisaea

Spesies : P. rudolphi

Morfologi Cendrawasih Papua

Bulu Hias Biru Si Cendrawasih Papua  (thebeautyfourcountry.wordpress.com)
Bulu Hias Biru Si Cendrawasih Papua  (thebeautyfourcountry.wordpress.com)

Burung cendrawasih biru merupakan salah satu jenis burung cendrawasih yang memiliki ukuran sedang dan panjang tubuh mencapai 30 cm. Secara morfologi, ciri dari jenis burung cendrawasih biru ini antara lain memiliki warna tubuh yang dominan hitam dan biru, warna paruh cenderung putih kebiru-biruan, memiliki kaki berwarna abu-abu, memiliki 2 buah setengah lingkaran putih di sekitar matanya, iris mata berwarna coklat tua, dan memiliki sayap khas yang berwarna biru terang.

Perbedaan morfologi atau tampak fisik antara burung cendrawasih biru jantan dan betina antara lain sebagai berikut:

  • Burung cendrawasih biru jantan: 
    • Memiliki jumbai bulu hiasan pada sisi dada berwarna biru keungu-unguan (tampak bawah) dan berwarna coklat kemerah-merahan (tampak atas)
    • Memiliki 2 buah tali panjang berwarna hitam dengan ujung berbentuk bulat biru pada ekornya
    • Memiliki lingkaran oval (lonjong) berwarna hitam dengan tepi berwarna merah di bagian dadanya
  • Burung cendrawasih biru betina:
    • Memiliki ukuran yang relatif lebih kecil daripada jantan
    • Tidak memiliki bulu hiasan
    • Bagian bawah tubuhnya tampak berwarna coklat kemerah-merahan

Habitat dan Perkembangbiakan

Habitat tinggal burung cendrawasih pun cenderung istimewa, dimana ia hanya akan ditemukan di wilayah pegunungan. Sedangkan untuk burung cendrawasih biru ini biasanya akan ditemukan di wilayah dengan ketinggian sekitar 1.400 meter hingga 1.800 meter, khususnya di wilayah perbatasan Papua. Burung dengan ciri khas kerahnya yang berwarna biru ini termasuk dalam kelompok fauna poligami spesies yang berkembangbiak secara bertelur. Dikatakan kelompok poligami spesies karena kebiasaan burung jenis ini ketika melakukan perkembangbiakan, di mana burung jantan cenderung tidak setia dan akan meninggalkan burung betinanya setelah melakukan perkawinan. Saat berusaha memikat lawan jenisnya, burung cendrawasih biru jantan akan melakukan sejenis tari-tarian secara individu dengan memamerkan bulu-bulu hiasnya yang indah. Salah satu gerak tarian yang dilakukan para pejantan yang menjadi khas adalah ketika si jantan menggantungkan badannya ke bawah, membuka bulu indahnya sambil berkicau merdu saat berusaha memikat betinanya.

Status Konservasi/Pelestariannya

Mengembangkan Sayap Saat Menarik Betinanya (sains.kompas.com)
Mengembangkan Sayap Saat Menarik Betinanya (sains.kompas.com)

Terus berkurangnya habitat hutan pegunungan yang baik di alam tentunya berdampak terhadap kelestarian atau keberadaan burung cendrawasih biru di dunia. Berdasarkan IUCN (International Union for Conservation of Nature) Red List, spesies burung cendrawasih biru asal Papua ini sudah didaftarkan dalam CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) Appendix serta dilindungi sebagai satwa langka oleh hukum di Papua Nugini. Selain karena faktor alam, keberadaan burung cendrawasih biru juga terancam karena aktivitas perburuan liar yang terus dilakukan baik oleh masyarakat lokal, pemerintah kolonial Belanda, hingga pengusaha busana Kanada, Eropa dan Amerika Serikat. Bagaimana bisa? Tentunya hal ini disebabkan oleh keindahan bulu yang dimiliki oleh burung cendrawasih biru ini. Bulu-bulu indah tersebut sering dimanfaatkan sebagai busana dan aksesoris, seperti halnya menjadi busana adat masyarakat Papua hingga menjadi bahan baku pembuatan topi wanita-wanita berdarah ningrat di Eropa. 

Beberapa upaya pelestarian spesies ini pun telah dilakukan salah satunya dengan upaya penangkaran burung cendrawasih biru oleh Taman Burung dan Rimba Reptil Bali di Gianyar. Nah, sekarang kita sudah tahu jika terdapat spesies burung cendrawasih cantik asal Papua yang khas dengan bulu berwarna birunya. Yuk terus kenali flora serta fauna di Indonesia agar kita semakin sadar akan pentingnya menjaga kelestariannya dengan memahami dan memperlakukan mereka dengan baik.

 

Penulis : Ivena Christie

 

Referensi Literatur

Blogs.uajy.ac.id (n.d.). Si Biru Dari Irian Jaya. Retrieved on February 15, 2021, from https://blogs.uajy.ac.id/delilafaidiban/2014/09/10/si-biru-dari-irian-jaya-iyah-cendrawasih/

Budidayakenari.com (n.d.). Cenderawasih Biru, Keindahan yang Hampir Musnah. Retrieved on February 15, 2021, from https://www.budidayakenari.com/2018/03/cenderawasih-biru.html

Genpi.co (n.d.). Cenderawasih Biru Percantik Indonesia di NATAS 2019. Retrieved on February 15, 2021, from https://www.genpi.co/berita/6696/cenderawasih-biru-percantik-indonesia-di-natas-2019

Id.wikipedia.org (n.d.). Cenderawasih biru. Retrieved on February 16, 2021, from https://id.wikipedia.org/wiki/Cenderawasih_biru.

Mediaronggolawe.id (n.d.). Cendrawasih Biru, Si Biru Yang Nyaris Punah. Retrieved on February 16, 2021, from https://mediaronggolawe.id/cenderawasih-biru-si-biru-yang-nyaris-punah/

Referensi Gambar

[1] https://www.budidayakenari.com/2018/03/cenderawasih-biru.html 

[2] https://thebeautyofourcountry.wordpress.com/fauna-indonesia/burung-cendrawasih/ 

[3] https://sains.kompas.com/read/2018/04/27/170100123/dikira-sama-burung-cenderawasih-spesies-baru-ini-punya-banyak-pembeda 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!