Mengenal General Sherman, Pohon Terbesar di Dunia

Pohon General Sherman: Makhluk Hidup Terbesar di Bumi

Gambar 1 Pohon General Sherman Tampak dari Bawah
Gambar 1 Pohon General Sherman Tampak dari Bawah

General Sheerman merupakan pohon dengan ukuran yang sangat besar layaknya raksasa hingga menempati urutan pertama sebagai pohon terbesar di dunia. Pohon ini terletak di dalam Taman Nasional Sequoia, California, Amerika Serikat. Di taman nasional yang sudah berdiri sejak 1890 ini terdapat banyak jenis pohon sequoia yang dikenal memiliki diameter yang besar, namun tidak ada yang bisa mengalahkan lebar serta berat salah satunya pohon sequoia terbesar yang diberi nama General Sherman (Jenderal Sherman).

Ads
Gambar 2 Ilustrasi dari Diameter, Tinggi, Berat, Hingga Umur Pohon General Sherman
Gambar 2 Ilustrasi dari Diameter, Tinggi, Berat, Hingga Umur Pohon General Sherman

Menurut Profesor Kehutanan dan Genetika, Bill Libby, dari Universitas California menyatakan pohon ini adalah pohon paling masif di dunia dan mungkin merupakan makhluk hidup terbesar di bumi dan salah satu organisme yang tumbuh paling cepat. Pohon General Sherman memiliki diameter kaki pohon mencapai 31 meter, 4,2 meter – 11 meter untuk ukuran lingkar tengah pohon, 2 meter untuk diameter atas pohon, serta tingginya hingga mencapai 83 meter. Jika disamakan dengan tinggi sebuah bangunan, pohon ini bisa mencapai tinggi sebuah bangunan setinggi 27-30 lantai. Ukuran dan tingginya akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Pohon General Sherman Dapat Bertahan Hingga 2000 tahun

Gambar 3 Kemegahan Pohon General Sherman 
Gambar 3 Kemegahan Pohon General Sherman

Nama General Sherman sendiri diberikan oleh James Wolverton pada tahun 1870-an yang diambil dari nama seorang pimpinan Perang Saudara Amerika yang bernama Jenderal William Tecumseh Sherman. Ia memberikan nama tersebut karena pernah bertugas sebagai Letnan dibawah pimpinan Sherman pada peperangan melawan suku indian di Amerika yang dikenal dengan nama Kavaleri Indiana. Pohon General Sherman diperkirakan bisa mencapai umur 2000 sampai 3000 tahun lamanya. Bahkan pada zaman terdahulu bisa bertahan hingga 4000-6000 tahun. Mempertimbangkan ukurannya yang seperti raksasa, mungkin akan mengira ini adalah pohon tertua di dunia, sebenarnya tidak walaupun telah berumur 2.200 tahun. Tapi sequoia raksasa ini hanyalah pohon tertua kedua yang masih hidup. Pohon raksasa ini bukanlah pohon tertinggi dunia, tetapi mendapatkan gelar sebagai pohon terbesar di dunia dilihat dari total volume batangnya. Pohon tertinggi masih dinobatkan Pohon Redwood Mountain Grove dengan tinggi 94,9 meter yang berlokasi di Taman Nasional Kings Canyon.

Gambar 4 Gelondongan Kayu anakan Pohon Redwood Mountain Grove di Taman Nasional Kings Canyon yang ditebang (1891) untuk di dipamerkan di Museum Sejarah Alam di New York.
Gambar 4 Gelondongan Kayu anakan Pohon Redwood Mountain Grove di Taman Nasional Kings Canyon yang ditebang (1891) untuk di dipamerkan di Museum Sejarah Alam di New York.

Dilansir pada web Monumental Trees, Pohon General Sherman dan pohon sequoia lainnya telah bertahan dari perubahan iklim, api dan dapat beradaptasi sampai saat ini. Pohon jenis sequoia juga pernah ditebang untuk digunakan dalam industri kayu pada tahun 1870, namun kayunya yang rapuh tidak memungkinkan untuk dijadikannya bisnis industri. Alhasil, membawa keuntungan tersendiri untuk terhindar dari kepunahan dan terlindungi habitatnya.

Pohon sequoia berasal dari biji kecil sebesar serpihan oatmeal. Menurut Ronald Lanner, penulis Conifers of California, pohon sequoia pernah bertahan dari panasnya api yang malah menguntungkan untuk perkembangan biji bibit pohon sequoia. Panas dari api membuat biji sequoia terbuka. Panasnya juga membunuh jamur di tanah yang dapat menyerang bibit sequoia dan membersihkan tanah sehingga bibit baru bisa tumbuh. Pohon-pohon sequoia dapat terlindung dari panasnya api disebabkan kulit kayunya yang sangat tebal. Meski begitu, sangat sedikit benih yang dapat benar-benar tumbuh menjadi pohon raksasa. Beberapa biji dimakan oleh burung atau hewan kecil dan kurangnya mendapatkan sinar matahari. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Sedangkan bibit yang bertahan dapat tumbuh tinggi hingga puluhan tahun. kebanyakan pohon sequoia akan berhenti menjadi lebih tinggi sebelum mencapai 90 meter, meskipun pohon ini akan terus bertumbuh besar. William Tweed yang merupakan mantan kepala Taman Nasional Sequoia menyatakan, terkadang pohon sequoia sering tumbang  saat bertumbuh semakin besar, hal ini yang menjelaskan bagaimana pohon sequoia mati. Ia juga menambahkan bagaimana suara yang ditimbulkan saat pohon raksasa ini tumbang. “Itu sangat kencang dan memekakkan telinga sehingga anda akan berhenti memperhatikan hal lain. Rasanya seperti didengung oleh pesawat jet dengan jarak 30 meter”, imbuhnya.

Gambar 5 Jalur para wisatawan untuk mengitari Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat

Tidak mengherankan mengapa pohon General Sherman menarik banyak wisatawan untuk melihat dan berkunjung. Itulah sebabnya  taman ini mengoperasikan bus antar-jemput musim panas gratis ke dua halte terpisah, satu di atas dan satu di bawah pohon yang menakjubkan ini. Banyak pengunjung turun di halte atas dan berjalan satu arah menuruni bukit ke halte bawah, melewati Pohon General Sherman. Selain melihat pohon ini, para pengunjung juga bisa berjalan di jalur Congress Trail yang menawarkan kesempatan untuk melihat satwa liar dan melintasi lusinan sequoia. Terdapat pula Pohon Washington atau Washington Tree yang telah lama dianggap sebagai pohon terbesar kedua di dunia. Dulunya hanya 20 kaki lebih pendek dari General Serman, tetapi setelah api dari petir membakar bagian atasnya pada tahun 2003, dan badai musim dingin menghancurkan hampir setengahnya dan merusak dahan-dahannya pada tahun 2005, menyebabkan tingginya hanya sekitar 35 meter.

 

Penulis : Firas Zakir

 

Referensi Artikel:

General Shermn: Mengenal Organisme Hidup Terbesar di Dunia. 2019. sayaajarkan.com

Accessed April, 14 2021, from https://sayaajarkan.com/info-feed/2019/03/28/general-sherman-pohon-terbesar-di-dunia-91611/

General Sherman, the biggest tree in the world. (n.d). monumentaltrees.com. Accessed April, 14 2021, from https://www.monumentaltrees.com/en/trees/giantsequoia/biggest_tree_in_the_world/

General Sherman: the Incredible Hulk of trees. 2007. csmonitor.com. Accessed April, 14 2021, from https://www.csmonitor.com/2007/1010/p18s02-hfks.html

The General Sherman Tree. (n.d). .visitcalifornia.com. Accessed April, 14 2021, from https://www.visitcalifornia.com/experience/general-sherman-tree/

 

Referensi Gambar:

Gambar 1: https://www.stltoday.com/online/the-worlds-largest-living-tree-by-volume/article_7889d930-27dc-5bc2-b581-d564670a8606.html

Gambar 2: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:NPS_sequoia-general-sherman-tree-infographic.jpg

Gambar 3: https://curlytales.com/this-tall-thousand-year-old-tree-in-the-us-is-the-largest-living-tree-on-the-planet/

Gambar 4: https://www.visitsequoia.com/

Gambar 5: https://www.shorpy.com/node/24530

 

Enable Notifications    Ok No thanks