Mengenal Hewan Arboreal, Hewan-Hewan yang Hidup Di Atas Pohon

Gambar 1. Koala sebagai salah satu hewan arboreal
Gambar 1. Koala sebagai salah satu hewan arboreal

Halo, Sobat Alam! Apa kalian pernah mendengar hewan atau fauna arboreal? Istilah ini sama halnya dengan istilah hewan nokturnal atau krepuskular. Singkatnya, hewan arboreal merupakan hewan-hewan yang menghabiskan hidupnya di atas pohon. Untuk informasi lebih lengkapnya, yuk kita baca artikel di bawah ini Sobat Alam!

Ads

Pengertian Arboreal

Fauna memiliki habitat atau tempat tinggalnya masing-masing. Salah satu habitat hewan yang unik adalah pohon. Tidak jarang kita melihat foto-foto fauna yang bergelantungan di atas pohon, berayun dari pohon ke pohon. Fauna-fauna tersebut bisa disebut juga dengan fauna arboreal. Fauna-fauna arboreal menghabiskan sebagian besar waktunya sehari-hari diatas pohon. Hal ini meliputi istirahat, mencari makanan, dan aktivitas lainnya (berinteraksi dengan anggota kelompok lain, berayunan, bergelantungan).

Kita akan menemukan banyak hewan arboreal di daerah hutan hujan tropis. Tinggi pohon di hutan hujan tropis sangat tinggi yaitu sekitar 30 meter. Ranting-ranting pohon yang tinggi tersebut akan menutupi permukaan tanah hutan hujan tropis (forest floor). Penutup yang berasalkan dari dedaunan dan ranting-ranting pohon ini disebut dengan kanopi hutan. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat kehidupan dan kegiatan fauna hutan hujan tropis adalah 70%-90% dilakukan di atas pohon. Oleh karena itu, kita akan sering menjumpai hewan-hewan arboreal di daerah hutan hujan tropis.  

Ciri-Ciri dan Contoh Hewan Arboreal

Gambar 2. Kungkang menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pohon
Gambar 2. Kungkang menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pohon

Fauna arboreal sangatlah beragam, mulai dari mamalia, reptil, hingga serangga. Untuk mamalia terdapat beberapa ciri-ciri yakni sebagai berikut:

Memiliki ekor dan tangan yang panjang

Hal ini sangat berguna untuk fauna arboreal untuk berayun dari pohon ke pohon. Ciri-ciri ini dimiliki oleh beberapa jenis monyet, oposum, dan bunglon. Ekor ini juga berguna untuk menjaga keseimbangan mereka ketika berayun atau bergelantungan. Beberapa primata arboreal lain seperti owa memiliki tangan yang lebih panjang daripada kakinya. Kondisi morfologis ini sangat membantu primata bertangan panjang untuk berayun dari pohon satu ke pohon lainnya.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kaki dan Cakar

Hewan arboreal biasanya memiliki kaki yang fleksibel sehingga mereka bisa mengaitkan cakar atau kuku mereka ke pohon agar tidak terjatuh. Hewan yang memiliki kemampuan seperti ini adalah tupai. Kaki dari hewan arboreal lainnya juga memiliki keunikan masing-masing. Contohnya yaitu monyet yang memiliki kaki yang bentuknya menyerupai tangan mereka. Hal ini sangat berguna bagi mereka untuk mencengkeram dahan pohon. Bunglon memiliki kaki yang mampu ia gunakan untuk mencengkeram ranting pohon.

Memiliki Kemampuan Kamuflase

Ciri-ciri yang satu ini biasanya dimiliki oleh reptil seperti ular, bunglon, dan juga serangga. Untuk ular, mereka memiliki warna kulit yang sama dengan daun-daunan. Contoh ular yang bersifat arboreal adalah ular piton pohon hijau dan boa hijau zamrud. Beberapa serangga juga memiliki warna yang mirip dengan ranting dan juga daun. Kemampuan kamuflase ini sangatlah berguna bagi mereka untuk hidup di atas pohon, baik bertahan dari ancaman predator maupun memburu mangsanya. 

Beberapa contoh hewan arboreal lainnya adalah kungkang, koala, burung rangkong, oposum, kanguru pohon, orangutan, dll. 

Ancaman

Gambar 3. Sarang burung rangkong gading di atas pohon
Gambar 3. Sarang burung rangkong gading di atas pohon

Kebutuhan manusia akan lahan semakin besar hingga menyebabkan penebangan pohon hutan secara besar-besaran. Hal ini berdampak pada keberlangsungan hidup fauna dan flora di hutan-hutan. Fauna arboreal merasakan dampak yang luar biasa dari perilaku manusia ini. Mereka kesulitan untuk mencari makan, berkembang biak, dan pastinya mereka kehilangan tempat tinggal. Hilangnya habitat ini juga berdampak pada perburuan fauna-fauna ini karena mereka tidak memiliki tempat untuk berlindung lagi.

Nah, sekarang sudah mengerti belum tentang fauna arboreal, Sobat Alam? Kehidupan fauna-fauna ini sangat bergantung pada pohon, mulai dari tempat tinggal, aktivitas sehari-hari, hingga mencari makan. Sobat Alam jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian alam ya di mana pun kalian berada!

 

Penulis: Muchammad Rivandi Fatchur Rachman

 

Referensi Literatur

Butler, R. A. (2012). Apakah Kanopi Itu? Dipetik Februari 17, 2021, dari Mongabay: https://www.mongabay.co.id/hutan-hujan/004.html.

Kafe Kepo. (2020, Desember 1). HewanArboreal Apa Saja yang Paling Unik? Dipetik Februari 17, 2021, dari Kafe Kepo: https://www.kafekepo.com/hewan-arboreal-apa-saja-yang-paling-unik/.

Mongabay. (2014, November 4). Hilangnya Ruang Hidup. Dipetik Februari 17, 2021, dari Mongabay: https://www.mongabay.co.id/hilangnya-ruang-hidup/.

Sakti, Z. (2021). Pengertian HewanArboreal, Ciri, dan Contohnya. Dipetik Februari 17, 2021, dari Awalilmu: https://www.awalilmu.com/2019/02/pengertian-hewan-arboreal.html.

 

Referensi Gambar

https://pixabay.com/photos/koalas-animals-wildlife-mammals-61189/ (foto 1)

https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-49570637 (foto 2)

https://pontianakpost.co.id/nasib-enggang-gading-maskot-kalbar-yang-terus-diburu/ (foto 3)

 

LindungiHutan.com merupakan Platfrom Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

 Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!