Mengenal Kupu-Kupu Daun Mati Sebagai Penyamar yang Handal

Gambar 1. Kupu-Kupu Daun Mati
Gambar 1. Kupu-Kupu Daun Mati

Apakah ada yang mengetahui binatang yang satu ini? Yup, ini adalah salah satu serangga dengan keindahan sayapnya yaitu kupu-kupu. Kupu-kupu dikenal sebagai salah satu serangga penyerbuk tanaman, yang dapat membantu bunga berkembang menjadi buah. Untuk hal itu, kupu-kupu sangat membantu para petani buah dalam proses panennya. 

Ads

Kupu-kupu merupakan serangga yang tersebar di seluruh penjuru dunia, terdapat lebih dari 2.500 jenis kupu-kupu yang berada di Indonesia. Salah satu jenis kupu-kupu yang sudah sangat jarang terlihat adalah kupu-kupu daun mati. Kenapa disebut kupu-kupu daun mati? Untuk lebih jelasnya simak penjelasanya di bawah ini.

Fakta Kupu-Kupu Daun Mati

Gambar 2. Kupu-Kupu Daun Mati
Gambar 2. Kupu-Kupu Daun Mati
  1. Sayap 

    Bagian atas sayap kupu-kupu ini menampilkan beberapa warna, yaitu ada warna biru, coklat tua, putih dan oranye, terdapat garis diagonal di dalam sayap depan. Penampilan kupu-kupu ini membuat ia mudah dikenali oleh burung-burung saat terbang. Namun, Ketika sayap ini tertutup, memiliki tampilan yang sangat berbeda jauh. Warna coklat muda dan bentuk sayap terlipat menyerupai daun mati. Urat sayap lebih terlihat seperti daun kering asli. 

    Kondisi sayap serangga ini memudahkanya untuk berkamuflase saat merasa merasa terancam dengan predator. Serangga ini tidak memerlukan banyak usaha untuk mengelabui musuhnya, hanya perlu hinggap di kumpulan daun kering ataupun batang pohon. 

  2. Kupu-kupu daun mati tidak terlalu sering terbang

    Tidak banyak yang mengetahui bahwa, kupu-kupu jenis ini tidak terlalu banyak terbang di udara. Saat ia sudah menemukan sumber makanan yang enak, dia akan menetap disana dan biasanya tidak akan pergi kecuali merasa terancam oleh musuh atau untuk mencari makanan lebih banyak lagi. 

    Kupu-kupu ini bukanlah sosok yang ahli terbang, ia akan terbang maju mundur dalam pola yang tidak menentu alih-alih terbang lurus. Ini merupakan taktik yang dilakukan untuk mencegah burung memprediksi atau melacak pergerakanya dan membuatnya lebih sulit untuk ditangkap mangsa.

  3. Habitat 

    Kupu-kupu ini hidup di hutan hujan tropis di Asia, banyak ditemukan di negara-negara seperti India, New Guinea, dan China. Hutan hujan menyediakan aliran makanan dan tempat persembunyian yang konstan. Seperti yang diketahui dataran hutan terkadang ditutupi oleh daun-daun yang berjatuhan, dengan mudah kupu-kupu ini dapat berkamuflase hanya dengan menutup sayapnya untuk melakukan penyamaran. 

    Saat kupu-kupu bergelantungan di dahan pohon, ia dapat dengan mudahnya berlindung, dikarenakan seperti daun mati atau daun kering yang sebentar lagi akan gugur dari dahannya. 

  4. Makanan 

    Beberapa jenis kupu-kupu, menjadikan nektar dari bunga sebagai sumber makananya. Untuk kupu-kupu ini sedikit berbeda, karena ia lebih menyukai makanan manis. Untuk sesekali ia suka menghisap nektar bunga, tetapi dia biasanya ia akan mencari di area hutan buah-buah yang sudah jatuh.

    Buah-buah yang berjatuhan ini akan membusuk dan melunak, dan saat itulah buah-buah tersebut menjadi makanan yang mudah dan berlimpah bagi kupu-kupu.

  5. Perilaku kupu-kupu daun mati saat dewasa

    Kupu-kupu jenis ini saat sudah dewasa akan bertengger semalaman di batang kayu dengan posisi kepala menghadap ke bawah, dan saat pagi hari menyapa akan turun dari tempat ia beristirahat semalaman. 

    Saat sinar matahari tidak begitu menyengat, ia akan sering berjemur dengan posisi sayap terlentang sepenuhnya. Tetapi di saat siang hari, proses berjemur akan dilakukan di tumpukan daun-daun kering dengan posisi sayap yang sedikit terbuka.

  6. Kamuflase terbaik

    Seperti yang diketahui, kupu-kupu daun mati terlihat persis seperti daun kering jika tidak dilihat dengan seksama, bahkan kita tidak bisa dengan jelas membedakan daun kering yang asli dengan kupu-kupu yang satu ini. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kok bisa ada kupu-kupu yang sayapnya bisa semirip itu dengan daun kering. 

    Proses penyamaran kupu-kupu ini sudah berada di titik paling tinggi dimulai dari sayapnya yang memiliki pucuk daun runcing di ujung depan, dan seperti memiliki tangkai daun di sisi belakangnya, kemudian memiliki pola vena yang khas, terdapat beberapa corak warna coklat dan oranye, ditambah dengan adanya bintik hitam atau air mata kecil yang melengkapi kesempurnaan dengan begitu rinci. Ini merupakan kamuflase terbaik dan sempurna. 

    Kupu-kupu daun mati atau Kalima inachus, juga memiliki keunikan yang lain yaitu, memiliki karakter yang berbeda tergantung musim yang sedang terjadi di daerah tersebut. Jika saat musim kemarau, mereka akan cenderung pasif, dan corak dari sayap nya akan terlihat dengan sempurna sehingga memiliki kekuatan untuk melindungi diri dari serangan predator walaupun dalam keadaan diam.

    Saat musim hujan, serangga cantik dan unik ini akan menampilkan pola bintik mata yang sangat sempurna sehingga para pemangsa seperti burung, semut, laba-laba dan tawon tidak menyerang. 

Ancaman Populasi Kupu-Kupu Daun Mati

Gambar 3. Pola sayap kupu-kupu daun mati
Gambar 3. Pola sayap kupu-kupu daun mati

Kupu-kupu daun mati merupakan salah satu dari beberapa jenis kupu-kupu yang berada di Indonesia terancam mengalami kepunahan. Hal ini dapat terjadi diakibatkan adanya pengaruh kondisi alam Indonesia yang sudah tidak baik untuk kehidupan kupu-kupu. Habitat yang rusak akibat maraknya penebangan hutan yang menjadi tempat tinggal kupu-kupu ini hilang. 

Tidak hanya karna kehilangan tempat tinggal, dikarenakan kupu-kupu jenis ini memiliki keunikan sayap yang tidak biasa, ada beberapa masyarakat yang menangkap dan memburu kupu-kupu ini untuk kepentingan pribadi, hanya untuk dipelihara dan dirawat sendiri ataupun dijual untuk memenuhi kepentingan ekonomi. 

Penulis: Vebriani A’rofatus Sholihah

 

Referensi Literatur

Amanda, Felix. (2018, April 14). Kupu-kupu apa saja, ya di Indonesia yang terncam punah dan langka?. Retrieved Frebruari 19, 2021, from https://bobo.grid.id/read/08682221/kupu-kupu-apa-saja-ya-di-indonesia-yang-terancam-punah-dan-langka-?page=all

Crew, Bec. (2019,September 10). This dead leaf butterfly has a dazzling secret. Retrieved Frebruari 19, 2021, from https://www.australiangeographic.com.au/blogs/creatura-blog/2018/09/this-dead-leaf-butterfly-has-a-dazzling-secret/

Harris, Rob. Facts about the Indian leaf butterfly. Retrieved Frebruari 19, 2021, from

https://animals.mom.com/type-shelter-morpho-butterfly-need-11164.html

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Learnaboutbutterlies. Orange Oakleaf. Retrieved Frebruari 19, 2021, from

https://www.learnaboutbutterflies.com/India – Kallima inachus.htm

 

Referensi Gambar:

https://images.app.goo.gl/Mzd9tgEdSvzMpkUn8

https://images.app.goo.gl/mnQsiUXpiy4zETAx7

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fi.pinimg.com%2Foriginals%2F33%2Fd2%2Fe7%2F33d2e79d9b6bda2da2f91dc45370a7f6.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fwww.pinterest.ca%2Fpin%2F758715868455321091%2F&tbnid=D9rlZ1t0durGIM&vet=1&docid=acsSSU5K9tvCEM&w=1330&h=1125&itg=1&hl=en-US&source=sh%2Fx%2Fim

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!