Mengenal LindungiHutan: Platform Crowdplanting

Coba lihat di sekitar kita untuk sesaat. Banyak masalah lingkungan dan kerusakan yang timbul dari bencana dan aktivitas manusia, seperti banjir, penebangan liar, tanah longsor, dan lain-lain. Tentunya, semua ini akan berakibat ke kehidupan kita. Banyak orang yang kehilangan rumah, pekerjaan, orang-orang terkasih, dan nyawa karena masalah lingkungan yang ada. Tapi, apa yang bisa kita lakukan? Inilah yang menjadi alasan terbesar yang mendorong Miftachur Robani dan Chashif Syadzali mendirikan LindungiHutan pada akhir tahun 2016. LindungiHutan sendiri merupakan platform Crowplanting yang melakukan penggalangan dana dan tenaga online untuk konservasi lingkungan dan hutan. Tapi, apa sebenarnya LindungiHutan itu? Apa gunanya? Bagaimana cara kerjanya. Karena itu, artikel kali ini akan menjawab tiga pertanyaan tersebut.

Ads

Apa Itu LindungiHutan?

 

Logo LindungiHutan
Logo LindungiHutan

Sebelum mengenal apa itu LindungiHutan, mari mengenal bagaimana platform ini berdiri. Ide LindungiHutan muncul setelah kedua pendiri berinteraksi dengan petani lokal di utara Kota Semarang yang hidup memprihatinkan karena akibat banjir rob yang terjadi selama bertahun-tahun. Melihat kondisi ini, mereka memutuskan untuk mengumpulkan dana yang berfokus pada penanaman bibit di pesisir. Hal ini dilakukan untuk memulihkan kondisi pesisir dan membantu para petani menjual bibit mereka. Selama mengerjakan penggalangan dana tersebut, terlintas suatu pertanyaan di kepala mereka. Bukankah masih banyak daerah di Indonesia yang mengalami hal yang sama? Bukankah banyak orang yang kesulitan mengumpulkan dana? Bukankah masih banyak masalah lingkungan di luar sana? Kenapa harus berhenti di sini? Pertanyaan-pertanyaan ini membuka mata mereka akan kebutuhan masyarakat akan suatu platform penggalangan dana dan edukasi. Akhirnya, mereka memutuskan untuk membangun platform penggalangan dana, tenaga online, dan edukasi lingkungan yang kemudian diberi nama Lindungi Hutan.

Walaupun merupakan platform penggalangan dana, LindungiHutan melakukan berbagai kegiatan lain untuk kelestarian alam dan kesejahteraan manusia, seperti  campaign, penanaman pohon, pemantauan hutan, edukasi dan sosialisasi, wadah komunitas relawan, serta pemberdayaan petani. Melalui campaign, LindungiHutan menyebarkan informasi dan mengajak partisipasi masyarakat untuk menjadi solusi bagi masalah lingkungan di daerah. Hal ini sering kali diikuti oleh penggalangan dana untuk pengadaan bibit, penanaman, perawatan, dan pemantauan. Akan tetapi, platform ini tidak bisa melakukannya sendiri dan banyak orang enggan atau kesulitan melakukan 4 kegiatan tersebut. Oleh karena itu, LindungiHutan juga menjadi wadah bagi komunitas relawan dan petani di daerah untuk tidak hanya melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, tapi juga menjangkau masyarakat dan memantau masalah lingkungan lainnya. Untuk pengadaan bibit, LindungiHutan bekerjasama dengan petani di daerah. Hal ini dilakukan guna menolong perekonomian para petani dan memberikan kesempatan untuk memberdayakan hutan. Selain seluruh kegiatan lingkungan ini, LindungiHutan juga memberikan sosialisasi dan edukasi melalui website Wanasawara, website LindungiHutan, twitter @LindungiHutan dan Instagram @lindungihutan

Apakah Membawa Perubahan?

Penanaman di Tambak Rejo
Penanaman di Tambak Rejo

Tentu saja, LindungiHutan membawa banyak perubahan bagi kelestarian alam Indonesia. Sejak berdiri, ia telah berhasil menjalankan 610 kampanye dan mengumpulkan donasi sebesar 1,940 milyar. Dari seluruh kegiatan LindungiHutan, ia berhasil menanam lebih dari 141.800 pohon di seluruh Indonesia. Akan tetapi, LindungiHutan tidak ingin berhenti disini. Ia memiliki target untuk menanam pohon sejumlah dengan jumlah penduduk Indonesia, atau dengan kata lain menanam 268.583.016 pohon. Perjalanan LindungiHutan masih panjang dilihat dari jumlah ini.

Selain kelestarian alam, LindungiHutan juga telah berhasilkan meningkatkan kontribusi dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup melalui sosialisasi dan edukasi. Melalui website dan Instagram, LindungiHutan berhasil menjaring 5.273 relawan penanaman dan lebih dari 29.7 ribu Sahabat Alam (donatur dan campaigner) dari seluruh pelosok Indonesia. Semua ini merupakan hasil usaha LindungiHutan dalam memberikan dan menyebarkan informasi melalui jaringan sosial media yang ia miliki. Pada saat yang sama, hal ini menunjukan adanya peningkatan kepedulian dan kesadaran lingkungan di masyarakat Indonesia.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Bagaimana Cara Kerja LindungiHutan?

Siklus Kerja LindungiHutan
Siklus Kerja LindungiHutan

LindungiHutan berkerja dengan menjembatani berbagai pihak (penggalang, penggerak, dan pendukung) untuk melakukan aksi nyata melalui campaign, donasi, penanaman, dan pemantauan. LindungiHutan memberikan wadah bagi para penggalang atau aktivis (pribadi, kelompok, atau instansi) untuk mengumpulkan dana melalui campaign yang kemudian akan disebarkan melalui jaringan sosial LindungiHutan. Donasi yang terkumpul dapat berupa uang atau pohon untuk penghijauan, perawatan, atau penyelamatan satwa. Setelah itu, donasi yang dikumpulkan akan diberikan kepada para penggerak (pribadi, komunitas, atau instansi yang mengelola kawasan konservasi) untuk melakukan penanaman maupun perawatan di lokasi. Pada saat yang sama, para pendukung dapat berdonasi, menjadi relawan, dan relawan di berbagai campaign yang ada. LindungiHutan akan melakukan pemantauan terhadap setiap kegiatan yang telah dilakukan untuk memantau jumlah pohon yang hidup, kondisi daerah, dan menghitung pengurangan emisi karbon. Setiap tiga bulan, ia akan memberikan hasil laporan secara periodik kepada para pendukung untuk menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan tidak sia-sia.

Pada saat yang sama, LindungiHutan juga memberikan berbagai informasi dan berita mengenai lingkungan di sosial media dan website untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan menjaring Sahabat Alam. Informasi yang dimaksud dapat berupa kondisi lingkungan, tips dan trik, campaign yang berlangsung, flora dan fauna, produk go green, serta rangkaian kegiatan yang berlangsung. Informasi ini diberikan setiap harinya di website dan akun sosial media yang dimiliki. Semua ini dilakukan bukan hanya untuk meningkatkan kepedulian, tapi juga menjaring campaigner yang resah akan masalah lingkungan di daerah mereka dan membutuhkan donasi.

Walaupun LindungiHutan mampu melindungi dan melestarikan alam Indonesia, ini tidak dapat terjadi tanpa adanya partisipasi dan kepedulian masyarakat untuk ikut serta. Karena, satu atau dua orang saja tidak dapat membawa perubahan yang signifikan. Dibutuhkan seluruh bagian dari masyarakat untuk bertindak dan membawa perubahan. Inilah alasan terbesar LindungiHutan untuk terus menggandeng berbagai pihak (individu, komunitas, dan instansi) untuk melakukan aksi nyata melestarikan alam untuk masa depan kita semua. Jadi, tunggu apa lagi?

 

Penulis: Jeannette Sharon 

 

Referensi Literatur:

Apa Yang Kami Lakukan? (n.d.). LindungiHutan. Retrieved February 9, 2021, from https://lindungihutan.com/aktifitaskami

Cara Kerja. (n.d.). LindungiHutan. Retrieved February 9, 2021, from https://lindungihutan.com/carakerja

Dampak. (n.d.). LindungiHutan. Retrieved February 9, 2021, from https://lindungihutan.com/dampak

FAQ. (n.d.). LindungiHutan. Retrieved February 9, 2021, from https://lindungihutan.com/faq

Profil. (n.d.). LindungiHutan. Retrieved February 9, 2021, from https://lindungihutan.com/profil

 

Referensi Gambar:

LindungiHutan. (n.d.). [Ilustration]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/carakerja

LindungiHutan. (2021, February 7). [Photograph]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/ayobantutambakrejo

[Logo]. (n.d.). Twitter. https://twitter.com/lindungihutan?lang=en

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!